Adapun bahan yang disiapkan hanya cairan pembersih lantai yang tersedia di warung maupun supermarket terdekat. Untuk cairan pembersih dengan berat 780 ml harganya sekitar Rp 14.000 - Rp 15.000 saja.

cara bersihkan kerak mesin cuci © YouTube

foto: YouTube/MUVIK TEKNIK

Tuangkan cairan pembersih lantai tadi ke dalam wadah apa saja, kemudian siapkan juga kuas untuk mengaplikasikan cairan tersebut ke body mesin cuci. Oles body mesin cuci dengan cairan tersebut hingga merata. Lakukan sampai kerak pada mesin cuci hilang dan menunjukkan warna aslinya.

"Kalian gosok-gosok terus, ulang-ulang sampai keraknya hilang," katanya.

cara bersihkan kerak mesin cuci © YouTube

foto: YouTube/MUVIK TEKNIK

Jika sudah disikat sampai bersih, bilas dengan air bersih sampai buih sabun dan kotoran menghilang. Dan, seperti inilah hasilnya. Sangat tampak sekali perbedaan sebelum dan sesudah dibersihkan. Semua kerak ikut terangkat berkat cairan pembersih yang dipakai.

Meski sekilas tampak bersih, bagian luar mesin cuci sebenarnya gampang berkerak. Oleh karena itu, penting untuk rutin mengecek kondisi dan membersihkan mesin cuci. Video yang diunggah ini sudah ditonton sebanyak 125 kali dengan ratusan komentar dari warganet.

cara bersihkan kerak mesin cuci © YouTube

foto: YouTube/MUVIK TEKNIK

"Mantaabs tutorial cara membersihkan kerak mesin cuci nya ... Sangat bermanfaat," komentar @mellinads3697.

"Sangat membantu sekali video nya.. Kebetulan mw bersihin mesin cuci dh kotor bgt kekuatan jorok... Terimakasih videonya..." kata @clarissaaisyah1744.

"Wih mantap kaya baru lagi terimakasih kawan sangat bermanfaat langsung saya coba," ujar @NGGAANGGER.