Pertama, siapkan bahan-bahan yang akan dipakai di antaranya ada gula pasir, gelas ukuran sedang, air panas, sabun cuci piring, dan oli motor bekas maupun baru. Langkah awal yakni tuangkan dua sendok makan gula pasir ke dalam gelas. Tuangkan air panas ke dalam gelas untuk melarutkan gula.

“Aduk sampai betul-betul mencair untuk gulanya. Semuanya betul-betul menjadi air, ya. Biar nanti hasilnya halus," ujar Yoga.

bikin ban kinclong © YouTube

foto: YouTube/Yoga Arief

Kemudian masukkan satu sendok makan sabun cuci piring lalu aduk sampai rata.

"ini sudah tidak manis ya. Tujuannya kalau tidak manis, semut-semut tidak datang (mengerubungi ban)," jelasnya.

bikin ban kinclong © YouTube

foto: YouTube/Yoga Arief

Bahan berikutnya yang dimasukkan adalah oli bekas. Tuangkan setengah sendok makan oli bekas ke dalam gelas. Jika ingin larutan semirnya tidak berwarna keruh, kamu bisa mengendapkan terlebih dahulu oli bekasnya sebelum dipakai.

“Nanti kalau kebanyakan susah keringnya. Kalau susah kering nanti debu mudah menempel (ke ban)," katanya.

bikin ban kinclong © YouTube

foto: YouTube/Yoga Arief

Siapkan botol minum yang tutupnya sudah dilubangi. Panaskan tutup botol menggunakan korek api, setelah itu tusuk tutup botol menggunakan kayu atau tusuk sate. Masukkan cairan semir ban ke dalam botol. Jangan lupa potong bagian ujung dari tutup tersebut agar cairan di dalamnya bisa keluar.

bikin ban kinclong © YouTube

foto: YouTube/Yoga Arief

Siapkan spons dan sikat untuk mengaplikasikan cairan semir ke ban mobil. Basahi spons memakai cairan semir yang sudah dibuat, lalu gosokkan ke permukaan luar ban saja. Gosok secara merata untuk mendapatkan hasil maksimal.

"Yang kita percantik yang pinggir saja, untuk tapaknya tidak usah karena ini mengandung oli jadi di pinggir saja. Karena kalau licin ada oli itu bisa mengurangi grip di saat di atas aspal," pungkasnya.

Sikat gigi dipakai untuk mengolesi di bagian kecil pada ban mobil, seperti di sela-sela ban. Jika sudah, tunggu sampai cairan tadi kering, hasilnya baru akan terlihat. Seperti ini potret sebelum dan sesudah diolesi cairan semir buatan sendiri. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba?

bikin ban kinclong © YouTube

foto: YouTube/Yoga Arief

"Mantap pak akan saya coba di sepeda saya biar keren kl gowess," kata @jacktrian.

"Kenapa hasilnya semiranya ko ngga hitam mengkilap ya gan. Jd hasilnya hitam si cuma rada butek gt gan," tanya @ekogio4827.

"Jos gandos tapi hitamnya kurang jreng ya mungkin perlu ditambah bahan lain biar hitamnya seperti arang," timpal @iwannawawi6049.