Kamu bisa menambalnya dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Seperti halnya yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube RIYADI family. Dilansir brilio.net pada Kamis (7/12), ia tampak mengunggah sebuah video yang berisi trik mudah untuk menambal gayung yang jebol.

 trik menambal gayung yang jebol © berbagai sumber

foto: YouTube/RIYADI family

Bukan dengan perabotan atau barang berat lainnya, pemilik akun tersebut juga justru menggunakan satu bahan dapur, yakni baking soda. Selain itu, ada juga bahan tambahan seperti lem korea atau lem G, kawat, dan solasi. Cukup sederhana bukan bahan-bahan yang digunakan?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah potong kawat sesuai dengan lebar gayung yang pecah atau jebol. Dalam video tersebut, sang pemilik akun memotong kawat menjadi persegi kecil untuk menambal bagian bawah gayung yang pecah.

 trik menambal gayung yang jebol © berbagai sumber

foto: YouTube/RIYADI family

Ia juga menggunakan solasi untuk menutup lubang gayung yang pecah. Pasang solasi dari bagian dalam gayung. Setelah itu, taburkan baking soda di atas kawat. Tetesi baking soda dengan lem korea agar merekat. Baking soda diketahui memiliki pH yang tinggi sehingga dapat membantu membuat lem semakin merekat dan keras.

 trik menambal gayung yang jebol © berbagai sumber

foto: YouTube/RIYADI family

Kamu bisa ulangi langkah yang sama hingga tambalan tersebut mengeras. Hasilnya, campuran baking soda, lem, dan kawat menyatu dengan sempurna dan menutup bagian bawah gayung yang pecah. Kamu juga bisa menambahkan kawat di bagian dalam gayung agar tambalan tersebut lebih kokoh.