Brilio.net - Dalam Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB, dikenal operasi menjaga perdamaian atau UN Peacekeeping Operation. Misi ini dijalankan militer dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Biasanya para peacekeeper ini akan diterjunkan ke berbagai negara yang mengalami konflik. Mereka bertugas untuk membuat kondisi negara menajadi lebih kondusif dan mencegah konflik semakin memanas.

Nah, dilansir brilio.net dari un.org, Kamis (30/6) data April 2016 menyebutkan ada lima negara dengan ranking tertinggi sebagai pasukan terhebat. Mana saja ya? Indonesia masuk nggak nih?

1. India.

pasukan perdamaian © 2017 brilio.net

foto: indianexpress.com

Pasukan dari negara ini telah mengikuti setidaknya 43 misi perdamaian di seluruh dunia. Dari jumlah misi yang telah dilakukan, setidaknya India pernah mengirimkan 180.000 pasukan yang sebagian besar terdiri dari prajurit-prajurit bersenjata lengkap.

BACA JUGA: 10 Pengorbanan yang sering dilakukan cowok saat ngejar gebetan

2. Pakistan.

un peacekeeping © 2016 brilio.net

foto: un.neverforget.pk

Sejak tahun 1960, Pakistan terus aktif dalam mengirim banyak sekali pasukan-pasukan penjaga perdamaian. Sebanyak puluhan ribu pasukan telah disebar untuk meredakan daerah-daerah yang mengalami konflik dan juga perang yang mematikan. Terhitung setidaknya dada lebih dari 10.000 pasukan milik Pakistan yang aktif di bawah payung Dewan Keamanan PBB.

3. Nepal.

un peacekeeping © 2016 brilio.net

foto: commons.wikimedia.com

Walaupun negara ini adalah salah satu negara miskin di dunia yang belum lama diguncang gempa bumi. Namun prestasinya dalam misi perdamaian PBB cukup hebat. Pasukan Nepal biasanya ditempatkan di kawasan Afrika seperti Sudan dan juga di Timur Tengah seperti Lebanon dan Irak.

4. China.

un peacekeeping © 2016 brilio.net

foto: chinanews.com

Tidak seperti anggota Dewan Keamanan Tetap lainnya, China dalam beberapa tahun terakhir ini mulai ikut bergabung menerjunkan pasukannya. Presiden Xi Jinping dalam pidatonya berjanji akan mengirimkan lebih banyak lagi dalam misi perdamaian dunia.

5. Indonesia.

un peacekeeping © 2016 brilio.net

foto: un.org

Kita wajib bangga dengan Indonesia, Pasukan Garuda sudah sejak tahun 1957 ikut serta dalam menjaga perdamaian dunia. Puluhan ribu pasukan telah dikirim untuk beberapa misi perdamaian yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari Afrika hingga Timur Tengah, Pasukan Garuda dikenal sebagai pasukan yang sangat dekat dengan penduduk sipil.

(brl/pep)