Brilio.net - Akhir-akhir ini, konflik antar negara bisa dibilang semakin memanas. Nggak hanya konflik abadi di Timur Tengah, di Eropa, Asia  bahkan Afrika banyak terjadi konflik yang bisa saja mengakibatkan perang. Di Asia misalnya ada konflik berkepanjangan di semenanjung Korea antara Korea Utara dengan Korea Selatan. Yang masih hangat tentu perebutan hegemoni di Laut China Selatan yang bisa memicu perang regional.

Dengan ancaman perang yang semakin nyata, nggak heran banyak negara meningkatkan anggaran militernya. Tujuannya tentu selain memperbarui alutsista juga belanja militer untuk memperkuat armadanya.

Brilio.net melansir 10 negara yang punya anggaran militer terbesar di dunia dari washingtonpost yang bersumber dari badan riset militer terpercaya Stockholm International Peace Research Institute (Sipri).

1. Amerika Serikat.

Loading...

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Negara super power yang punya pengaruh militer kuat ini punya anggaran paling besar di antara negara-negara lain di dunia. Negeri yang dipimpin Presiden Barrack Obama itu punya USD 596 miliar (sekitar Rp 7.846 triliun ) untuk dihabiskan militernya.

2. China.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Negara yang lagi senang cari gara-gara di Laut China Selatan ini punya anggaran militer terbesar di Asia yaitu  USD 215 miliar (Rp 2.830 triliun) untuk dihabiskan.

3. Arab Saudi.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Nggak ada yang nyangka kalau negara sekutu Amerika Serikat ini bisa mengambil alih posisi Rusia di posisi 3. Negeri kaya ini punya anggaran sebesar USD 87,2 miliar (Rp 1.148 triliun). Anggaran militer yang naik salah satunya karena memanasnya hubungan dengan Iran.

4. Rusia.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Seteru abadi Amerika Serikat ini punya anggaran militer sebesar USD 66,4 miliar (Rp 874 triliun). Rusia adalah sekutu kuat Presiden Suriah Bashar Al Assad yang sedang dimusuhi ISIS dan para pemberontak di negaranya.

5. Inggris Raya.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Inggris punya catatan sejarah sebagai negara yang punya militer yang kuat terutama angkatan lautnya. Dengan catatan mentereng itu, tentu Inggris nggak main-main dengan anggaran militernya. Tahun 2015 ada dana USD 55,5 miliar ( Rp 730 triliun) untuk dihabiskan militernya.

6. India.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

India punya sejarah konflik yang panjang dengan tetangganya Pakistan. Keduanya punya senjata nuklir untuk menyerang satu sama lain bila diperlukan. Anggaran militer India sebesar USD 51,3 miliar (Rp 675 triliun).

7. Prancis.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Prancis, negara yang beberapa bulan lalu terkena teror bom menganggarkan USD 50,9 miliar (Rp 670 triliun) untuk militernya

8. Jepang.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Jepang yang merupakan sekutu Amerika Serikat sering terganggu oleh provokasi militer China. Kedua negara bahkan sering saling kecam terkait perbatasan wilayah kedua negara. Untuk berjaga-jaga bila terjadi perang, USD 40,9 miliar (Rp 538 triliun) disediakan untuk belanja Militernya

9. Jerman.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Jerman sebagai salah satu negara maju nggak mau kalah untuk menyediakan dana besar untuk militernya. Meski tak terlibat konflik langsung dengan negara lain, sebanyak USD 39,4 miliar (Rp 518 triliun) dihabiskan untuk militernya.

10. Korea Selatan.

Militer Huhu © 2016 brilio.net

Ancaman dari saudara satu rumpun yang dipimpin Kim Jong Un, Korea Utara, membuat Korea Selatan harus siaga sepanjang masa. USD 36,4 miliar (Rp 479 triliun) siap dihabiskan oleh militernya.