Brilio.net - Indonesia punya hubungan yang cukup erat dengan Belanda, meski dulunya sempat dijajah selama kurang lebih 350 tahun. Menurut data dari Kemlu.go.id, tercatat pada tahun 2021 diaspora Indonesia di Belanda sendiri sudah mencapai 10 (sekitar 395 ribu jiwa) persen total populasi Belanda yang kurang lebih 1,7 juta jiwa. Hal ini membuat Belanda menjadi salah satu negara dengan diaspora Indonesia terbanyak.

Salah satunya adalah wanita bernama Veronica atau biasa disapa Icha yang kini menetap di Belanda bersama suami. Nggak hanya tinggal di Negeri Kincir Angin, Icha juga bekerja di sebuah tempat panti jompo di tempat tinggalnya. Pekerjaan Icha memang tidak mentereng, tapi di tempat itu dia menceritakan bagaimana beruntungnya dia bekerja sebagai tukang bersih-bersih.

Brilio.net melansir dari akun TikTok @vejudea pada Selasa (26/9), sebuah postingan foto yang diunggah Icha mengisahkan secuil keuntungan yang didapatkan selama bekerja sebagai petugas kebersihan di Domus Magnus (panti jompo) di daerah Hilversum, Belanda.

kerja di belanda © TikTok

foto: TikTok/@vejudea

Ada satu culture shock atau gegar budaya yang dirasakan olehnya ketika bekerja sebagai petugas kebersihan di panti jompo, di mana semua orang di sana sangat menghargainya tanpa memandang status dan jabatan.

"Culture shock krn disini sangat MEMANUSIAKAN MANUSIA," ungkapnya di salah satu caption.

Lebih lanjut, Icha memberitahu bahwa pekerjaannya sehari-hari adalah membersihkan rumah panti jompo yang diisi oleh orang-orang elit. Tugasnya antara lain membersihkan tempat tidur yang terkadang sudah tampak rapi.

kerja di belanda © TikTok

foto: TikTok/@vejudea