Diungkapkan, pria tersebut mempunyai anak laki-laki bernama Farel yang sudah remaja. Pria ini mengaku kalau anaknya yang sudah mengenyam bangku SMK itu meminta motor kepadanya.

Namun, bukannya langsung dibelikan, sang ayah hanya menyuruh si anak membersihkan motor miliknya yang terparkir di garasi. Terlihat dalam video, anak lelaki tersebut sedang mengelap motor yang direkam oleh sang ayah diiringi cerita tentang latar belakangnya.

pesan sang ayah saat anaknya minta motor TikTok

foto: TikTok/@wafarel98

"Nggak gua kasih motor. Gua bilang kalau lu mau motor, lu jualan cendol, jualan gorengan, jualan peyek!" ujar sang ayah.

Rupanya, pria dalam video tersebut sedang mengajarkan kemandirian pada anak sulungnya. Dirinya tidak serta merta memberikan uang dan membelikan motor dengan cuma-cuma kepada anaknya.

Melainkan, ia ingin menguji seberapa keras usaha sang anak ketika ingin mendapatkan barang yang diinginkan.

"Jualan! hasilnya dikupulin gua pengen lihat. Lu ada uang nanti gua tambahin," katanya tegas.

Pria ini pun mengungkapkan pentingnya usaha keras untuk menghadapi kehidupan. Anak sulungnya ini memang dididik menjadi pribadi yang mandiri dan pekerja keras agar kelak mampu menghadapi sulitnya hidup.

pesan sang ayah saat anaknya minta motor TikTok

foto: TikTok/@wafarel98

"Hidup itu keras. Sekolahmu sekarang itu akan lebih lembut. Lebih keras nanti sekolah kehidupan. Ketika kamu berjuang dan bersaing dengan orang-orang (lain)," tegasnya mengakhir pesannya kepada sang anak.

Video viral yang telah ditonton lebih dari 3,8 juta kali ini pun menuai banyak respons positif dari warganet. Banyak pula yang mengapresiasi sekaligus memuji sikap sang ayah kepada anaknya. Bahkan, metode pendidikan pria ini terkesan keras namun tetap keren.

"Gila, keren banget punya bapak kayak gini asli. Makasih om jadi motivasi buat gua pas jadi bapak besok," tulis pemilik akun @andreyoung02.

"Bener banget. Setuju om!" kata akun @shaquile.industrie.

"The real ayah!" kata akun @buana_76.

"Bukan karena tega, tapi semuanya demi masa depan anak kita agar bisa lebih tegar dan nggak cengeng. Keras tapi keren," tulis akun @hjrauhun

 

@wafarel98

 

Epic Inspiration - DM Production