Brilio.net - Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah, mulai dari berolahraga, mengatur pola makan, mengontrol diri untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi kalori dan lemak, serta masih banyak lainnya. Meski begitu, bukan berarti menurunkan berat badan merupakan hal yang mustahil. Jika dijalankan dengan tekad yang kuat, maka proses penurunan berat badan pasti berhasil.

Salah satunya seperti kisah seorang pria asal Malaysia, Muhammad Nazri. Bagaimana tidak, di tengah persepsi orang menurunkan berat badan itu tidak mudah, dia justru berhasil bertransformasi menjadi lebih kurus. Sebelumnya berat badannya di angka 163 kg, kini menjadi 92 kg.

Tidak ingin menyimpannya sendiri, Muhammad Nazri dengan suka rela memberikan tips bagaimana dia bisa menurunkan berat badannya hingga 71 kg. Dia pun membagikan tips diet ala dirinya itu di grup Facebook.

Dilansir dari siakapkeli.my, pemuda berusia 26 tahun itu mengaku bahwa dia sudah beberapa kali mencoba untuk diet, namun tidak juga berhasil. Terlebih kala itu dia tidak begitu bersemangat, hanya beberapa kali saja melakukannya, setelah itu dia berhenti.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Muhammad Nazri mengatakan, dia tidak mengonsumsi suplemen yang banyak ditawarkan di pasaran. Dia hanya mengatur pola makannya dan melakukan diet yang wajar.

"Saya mempelajari mengenai kalori dan gula. Saya mengamalkan mengenai kekurangan kalori dengan berpuasa," ujarnya.

Akhirnya niat Nazri untuk diet semakin besar di awal 2020. Dia mulai menyesuaikan kalori harian, dan benar-benar menjalani program diet dengan baik.

"Untuk pria, kami menghilangkan 2000 kalori sehari, untuk wanita 1600 kalori. Jika mereka bisa menyesuaikannya maka berat badan akan turun," sambungnya.

Muhammad Nazri juga menambahkan bahwa dia tidak mengonsumsi minuman manis selama satu tahun. Dia memilih olahraga seperti senam, jogging 3 km hingga 7 km per hari. Dalam sebulan, Nazri hanya mengambil dua hari libur untuk tidak joging.

Pria Malaysia turunkan berat badan hingga 71 kg Berbagai sumber

foto: siakapkeli.my

"Saya selalu mendapat pertanyaan seperti ini "Apakah lutut terasa sakit karena kamu terlalu gemuk?" Jawabannya tidak, pada awalnya saya menggunakan teknik jogging lambat yang saya pelajari di YouTube. Itu sangat membantu untuk pemula. Push up, sit up and squat, badminton, hiking dan skipping adalah latihan sampingan yang saya lakukan selain daripada berjoging," ujarnya.

Tak hanya itu saja, Nazri juga yakin bahwa dirinya bisa menjadi lebih tinggi jika kurus nanti. Benar saja, postur badannya yang ramping membuatnya menjadi lebih tinggi.

"Sepanjang proses menjadi kurus, saya berpegang pada kata-kata ini "batas langit". Sekiranya saya dapat melakukan sesuatu yang dipikirkan orang itu adalah hal mustahil yaitu kehilangan berat badan hingga 71 kg, jadi apa alasan Anda?" pungkasnya.

(brl/guf)

(brl/guf)