Brilio.net - Indonesia punya banyak bangunan-bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri sampai saat ini. Bukan cuma di Kota Tua Jakarta, bangunan bersejarah menyebar di seluruh wilayah, salah satunya ada di Bangka Belitung.

Tahukah kamu bahwa di sana terdapat sebuah bangunan lawas yang sudah berdiri selama ratusan tahun? Bangunan itu berdiri tegak di sebuah kampung yang sepi penduduk di Kampung Gedong Lumut, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung. Mengapa sepi penduduk? Karena di desa tersebut memang dijadikan tempat wisata bersejarah yang bisa dikunjungi kapan saja.

Bangunan yang memancarkan aura masa lalu ini menceritakan kisah-kisah yang tertanam dalam dindingnya dan menyimpan jejak sejarah yang tak ternilai harganya. Melalui arsitektur yang megah namun kusam, rumah tua ini membawa kepada perjalanan melintasi waktu, mengingatkan akan kekayaan budaya dan warisan nenek moyang.

rumah berusia 1 abad © TikTok

foto: TikTok/@petanihiuanggur

Brilio.net melansir dari akun TikTok @petanihiuanggur pada Kamis (22/6), sebuah video memperlihatkan rumah yang terbuat dari kayu ulin dengan arsitektur zaman dulu.

Menurut informasi yang dibagikan @petanihiuanggur, rumah ini sudah berusia lebih dari 100 tahun atau 1 abad. Nggak heran ya, dari tampilannya bangunan tersebut tampak sudah pudar dimakan oleh zaman.

rumah berusia 1 abad © TikTok

foto: TikTok/@petanihiuanggur

Kendati demikian, bangunan rumah ini masih berdiri dengan kokoh meski dibuat dari kayu dan tanpa paku. Hal ini karena material yang dipilih adalah kayu ulin yang dikenal tahan akan serangan rayap dan serangga penggerek batang.