Bukan cuma itu, kayu ulin tahan akan perubahan kelembapan dan suhu, serta tahan pula terhadap air laut. Itu sebabnya ketika daerah ini sempat diterjang banjir, rumah ini tetap utuh dan berdiri tegak.

rumah berusia 1 abad © TikTok

foto: TikTok/@petanihiuanggur

Di dalam rumah tersebut juga masih ditemukan pigura yang berisi foto. Diperkirakan, foto tersebut diambil sejak Belanda masih ada di Indonesia. Selain itu, banyak atribut yang berbau budaya Cina, seperti tulisan, pajangan, dan sebagainya.

Nggak mengherankan, sebab Kampung Gedong Lumut merupakan perkampungan pecinaan paling awal di Bangka. Penduduk yang menghuni di kampung ini merupakan keturunan dari orang Cina daratan yang pertama kali datang ke Bangka.

rumah berusia 1 abad © TikTok

foto: TikTok/@petanihiuanggur

Video yang diunggah oleh akun TikTok @petanihiuanggur ini sukses menuai perhatian warganet. Hingga berita ini dimuat, sudah lebih dari 73 ribu orang yang telah menonton video tersebut.

"woww,,, ini bangunannya kayu ulin semua kah?? kayu ulin salah satu ras kayu terkuat di muka bumi,, bener2 tajub/kagum deh dg bangunan tempo dulu," komentar @Vell29.

"rumah org kaya pada jamannya," ujar @yenti.

"senang dan bangga ...orang2 bangka masih tetap menjaga dan melestarikan peninggalan leluhur," kata @ntar5980.

"masuk kerumah ni berasa kembali ke masa dlu.. inget akung apho," ujar @rain-and-tears.

"kayu Ulin lebih tahan dari besi.daerah saya zaman Belanda bikin dam air dr kayu Ulin sampai skr masih bagus," ungkap @rimindrimind.

@petanihiuanggur #rumahbersejarah#unik#babel suara asli - Susantoacai - Susanto Acai