Namun di awal, Merina hanya memiliki modal Rp 70 juta saja. Dia pun meminta bantuan membuat desain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) menggunakan jasa arsitek yang dibayar sekitar Rp 3,5 jutaan.

teras jadi ruang tamu © TikTok

foto: TikTok/@menameyna

Setelah RAB dari arsitek itu keluar, Merina nggak menyangka kalau anggaran untuk renovasi rumah bobrok tersebut cukup mahal yakni sekitar Rp 410 juta. Namun, karena sudah menyewa jasa arsitek, dia merasa sayang kalau harus mundur di tengah-tengah.

Merina akhirnya memutuskan untuk memanggil jasa tukang harian dan mengawasi proyek renovasi ini secara mandiri alias tanpa jasa kontraktor. Budget awal Rp 70 juta itu dipakai untuk membeli material rumah. Sementara gaji tukang dibayar dari penghasilan Merina dan suami tiap bulannya.

teras jadi ruang tamu © TikTok

foto: TikTok/@menameyna

Total budget yang dihabiskan untuk renovasi rumah bobrok menjadi mewah itu mencapai Rp 350 juta. Akan tetapi, kerja keras suami istri ini dalam mencapai target akhirnya nggak sia-sia. Rumah nyaman, aman, bagus, serta layak huni berhasil mereka wujudkan dengan usaha pagi hingga malam.

Rumah bobrok yang dari luar terlihat sudah lapuk itu berubah menjadi hunian modern minimalis yang keren dan berkelas. Interior rumahnya tampak ciamik dan well prepared. Perabotan yang dipakai canggih dan bagus.

teras jadi ruang tamu © TikTok

foto: TikTok/@menameyna

Dari video yang diunggah pada 24 Februari 2023 lalu itu, beragam tanggapan disampaikan oleh warganet di kolom komentar. Banyak yang memuji proses Merina hingga bisa memiliki rumah impian hasil kerja keras.

"metode ini persis dengan yg sedang saya gunain buat bangun rumah kak pake arsitek tp tukangnya harian," kata Thieya_Kirana.

"MasyaAllah tabarakallah rumah nya bagus,, semoga Allah mampu kan aku memiliki rumah seperti punya mba nya... aamiin allohuma aamiin," ujar dewianisasugiarti.

"tukangnya amanah nih. susah nyarinya. apalagi fee tkg harian. kl yg ga amanah sk ada aja sengaja kerja dilama2in. harus diawasin terus jdnya. keren ka," ungkap hanifah.

"Bismilah 70jt,, dulu,dan Alhamdulillah 400jt bs terwujud ," timpal nunamaya.

@menameyna Arsiteknya dari (ig) gumanti.properti lunas ya hutangq bunda bundaa #fyp #foryou #rumahimpian suara asli - 99.9% - gafan.id