Brilio.net - Istilah spoiler pastinya sudah familiar di dengar dalam suatu karya, baik berupa film, acara TV, anime, novel, dan lain sebagainya. Spoiler sering diartikan sebagai tindakan membocorkan isi cerita hingga seringkali dapat mengurangi kenyamanan seseorang ketika menikmati suatu karya.

Cara seseorang melakukan spoiler tidak hanya sekedar menceritakan secara lisan, namun juga dapat berupa rekaman video dalam tulisan. Pasalnya tindakan tersebut dapat menyebabkan hal buruk bagi seseorang yang belum pernah melihat atau menikmati suatu karya. Sehingga dapat mengurangi rasa kesenangan atau minat pada suatu karya tersebut.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, dengan mendapatkan spoiler maka sama saja seseorang sudah mengetahui jalan ceritanya tanpa harus menonton atau membaca terlebih dahulu. Alhasil esensi dari menonton atau membaca suatu karya akan hilang, dan tidak adanya efek kejutan yang bisa memuaskan rasa penasaran para penonton atau pembaca.

Nah, untuk dapat mengetahui lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, inilah ciri-ciri dan dampak dari spoiler.