Brilio.net - Setiap orang tentunya memiliki perjalan karir yang berbeda, mungkin ada beberapa orang yang memiliki pikiran atau keinginan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang saat ini sedang dijalani.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang berhak memutuskan untuk mengundurkan diri. Keputusan resign tentu bukan hal yang mudah, karena membutuhkan waktu yang lama untuk mempertimbangkan hingga akhirnya siap untuk melangkah pergi.

Biasanya dalam setiap perusahaan, alasan resign juga kerap ditanyakan. Untuk itu, seseorang perlu menyampaikan keputusan untuk resign pada atasan dengan cara yang tepat, profesional, dan tetap bertanggung jawab. Sebab, keputusan yang diambil ini tidak bisa asal-asalan, apalagi jika meninggalkan dengan kesan yang buruk. Pasalnya, ini juga akan mempengaruhi karir kamu di tempat kerja yang baru dan nama baik diri kamu.

Namun, apabila resign menjadi salah satu jalan keluar yang ingin kamu lakukan, maka tidak ada salahnya. Asalkan kamu telah menentukan dan memikirkannya dengan matang, supaya hal ini tidak menjadi penyesalan di akhir dan dapat melangkah menuju yang lebih baik. Nah, bagi kamu yang sedang berada dalam kondisi seperti ini, akan lebih baik jika kamu mengetahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan resign.

Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (26/7), arti resign dan langkah mengajukannya.

Arti resign.

Arti resign adalah pengunduran diri © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Resign dalam bahasa Indonesia memiliki arti mengundurkan diri, menyerah, dan berhenti. Biasanya resign dilakukan oleh pekerja atau karyawan yang ingin mengakhiri hubungan kerja pada perusahaan terkait.

Jika seorang pekerja memutuskan untuk resign maka juga akan melepas semua tanggung jawab yang berkaitan dengan pekerjaan. Selain itu juga, kamu akan kehilangan sejumlah tunjangan yang diberikan oleh perusahaan, seperti asuransi kesehatan.

Pada dasarnya, dalam dunia kerja resign adalah hal yang lumrah dilakukan, khususnya bagi orang yang memiliki banyak alasan dan faktor pendukung untuk melakukannya. Tak jarang faktor pendukung seseorang memutuskan untuk resign berasal dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar yang kurang nyaman.

Alasan umum seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat bekerja adalah, merasa tidak nyaman, ingin mengembangkan diri, hingga gaji yang kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sementara itu, yang menjadi faktor lingkungan sekitar, seperti konflik internal dengan sesama rekan kerja atau atasan, larangan menikah dengan rekan kerja, dan lain sebagainya. Meski begitu, kamu tetap perlu mempertimbangkan dengan matang dan yakini bahwa dengan resign menjadi jalan keluar untuk kamu mendapatkan karir atau tempat kerja yang lebih baik.