Brilio.net - Setiap orang yang menjalin sebuah hubungan pastinya membutuhkan sebuah komitmen. Sebab, jika tidak adanya komitmen, maka sebuah hubungan tidak akan bisa berjalan dengan harmonis, sebab setiap manusia memiliki sudut pandang yang berbeda. Dalam menjalin komitmen tidak hanya pada hubungan percintaan saja, namun komitmen juga dibutuhkan dalam hubungan kerja, organisasi, dan lain sebagainya.

Secara umum, komitmen adalah suatu cara atau keadaan dimana seseorang menjalin keterikatan pada diri sendiri dan orang lain. Dalam sebuah hubungan, komitmen adalah bentuk dedikasi waktu, tenaga, cinta untuk pasangan. Dalam setiap hubungan komitmen sangat penting dilakukan sebab dapat menjadi salah satu pondasi dan kekuatan untuk bertahan dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.

Ketika seseorang telah bertekad untuk berkomitmen dalam menjalin sebuah hubungan, maka kamu dan pasangan harus siap menerima keadaan dan situasi apa pun, baik dalam keadaan senang maupun sulit. Jika dalam suatu hubungan saling bertekad untuk komitmen, maka ini menjadi tanda bahwa hubungan yang kamu jalani bersama pasangan memiliki masa depan dan tujuan yang jelas.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (7/7), arti komitmen dalam hubungan serta ketahui manfaat dan tips menjaganya.

Arti komitmen.

Arti komitmen dalam hubungan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Komitmen berasal dari bahasa Latin yaitu "commiter" yang artinya menyatukan, mengerjakan, menggabungkan, dan mempercayai. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komitmen adalah tindakan untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, komitmen merupakan bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu.

Dengan arti lain, komitmen merupakan sesuatu hal yang dapat menimbulkan suatu efek berupa hubungan keterikatan dan rasa tanggung jawab pada sesuatu. Maka tak heran jika kemudian komitmen sering dikaitkan dengan sesuatu hal yang bersifat mengikat, seperti hubungan pernikahan maupun janji.