Brilio.net - Penyebutan istilah implementasi pasti sudah nggak asing lagi. Sebab, implementasi merupakan hal penting untuk mewujudkan suatu gagasan. Setiap manusia perlu mengimplementasikan gagasan untuk mencapai tujuannya.

Implementasi merupakan proses yang dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pendidikan, sosial, politik, teknologi, informasi, kesehatan, dan lain sebagainya tanpa batasan apapun. Supaya dapat mengimplementasikan suatu gagasan, maka diperlukan sebuah proses atau strategi.

Pada dasarnya, implementasi memiliki pengertian yang cukup luas dalam berbagai bidang. Untuk mencapai suatu tujuan, diperlukan hal-hal yang mendasar seperti strategi. Sebab, hal tersebut menjadikan gambaran mengenai seseorang dalam bersikap terhadap tujuan.

Nah, untuk dapat mengetahui lebih jelas, tentang arti implementasi, tujuan, dan contohnya, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (9/8).

Arti implementasi.

Arti implementasi © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), implementasi adalah bentuk dari pelaksanaan atau penerapan suatu tujuan. Sedangkan, pengertian umum dari implementasi adalah suatu tindakan atau pelaksana rencana yang telah disusun secara cermat dan rinci (matang).

Kata implementasi berasa dari bahasa Inggris "to implement" yang artinya mengimplementasikan. Tak hanya sekadar aktivitas, implementasi adalah suatu kegiatan yang direncanakan serta dilaksanakan dengan serius dan mengacu pada norma-norma tertentu guna mencapai tujuan kegiatan.

Selain itu, implementasi juga dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau bentuk aksi nyata dalam melaksanakan rencana yang telah dirancang dengan matang. Dengan kata lain, implementasi hanya dapat dilakukan jika sudah ada perencanaan dan bukan hanya sekadar tindakan semata.