Brilio.net - Baby blues adalah kondisi gangguan suasana hati yang dialami oleh sebagian besar ibu yang baru melahirkan. Hal ini disebabkan karena ibu yang baru melahirkan cenderung memiliki waktu tidur yang berantakan, kurang tidur, dan kurangnya waktu untuk diri sendiri, maka tidak mengherankan jika kebanyakan ibu yang baru melahirkan mengalami depresi ringan dan perubahan suasana hati.

Biasanya, usai melahirkan kadar hormon akan turun, sehingga dapat mempengaruhi suasana hati. Selain itu, sebagian besar ibu akan khawatir saat merawat bayi, sehingga terkadang membuat rasa sedih dan kelelahan mengurus bayi yang belum pernah ditangani sebelumnya.

Baby blues dapat terjadi sejak minggu pertama usai melahirkan dan umumnya bertahan hingga 2 minggu. Tak jarang, keluhan memang tidak terus-menerus dirasakan, melainkan hilang dan timbul. Meski demikian, keluhan tersebut tidak boleh dianggap sepele, maka perlu diatasi supaya tidak berkembang menjadi depresi pasca melahirkan (postpartum depression).

Lebih lanjut, berikut ini brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (6/7), arti baby blues serta kenali ciri-ciri, penyebab, dan cara mengatasinya.