Brilio.net - Al Malik adalah salah satu dari 99 Asmaul Husna nama-nama Allah SWT yang indah. Tatkala saat seorang muslim berdoa dan meminta ampunan kepada Allah, dianjurkan untuk menyebutkan kalimat Asmaul Husna. Selain akan mendapatkan pahala dan ampunan, juga menjadi salah satu pertolongan untuk mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat.

Hal ini juga telah disebutkan dalam Alquran, bahwa seseorang yang hafal Asmaul Husna akan dijamin masuk surga. Bahkan Allah akan memberikan balasan yang baik bagi tiap manusia yang menyertakan nama-nama Allah dalam setiap doanya. Bahkan Allah telah bersabda dalam surat Al A'raf ayat 180, yang artinya;

"Allah mempunyai asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan". (QS. Al A'raf: 180).

Lebih lanjut, berikut penjelasan lengkap mengenai arti Al Malik dan contohnya dalam Alquran, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (6/7).

Arti Al Malik.

Arti Al Malik beserta penjelasan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Al Malik secara bahasa berarti raja atau penguasa. Al Malik mengandung pengertian penguasaan terhadap sesuatu karena kekuatan pengendalian. Allah Al Malik artinya Allah Maha Raja, Dialah Raja alam semesta.

Dalam buku berjudul Al-Aqaid Al-Islamiyah yang ditulis oleh Sayyid Sabiq, asmaul husna Al Malik artinya Maha Merajai, mengatur kerajaanNya sesuai dengan kehendak-Nya sendiri. Asmaul husna Al Malik adalah sifat pemimpin yang mempunyai kekuasaan atau otoritas tertinggi untuk mengendalikan segala sesuatu.

Diterangkan dalam buku berjudul Akidah Akhlak yang ditulis oleh Subkhiatin Noor, mengimani asmaul husna Al Malik artinya Maha Merajai adalah sebagai seorang hamba, manusia harus bersikap rendah hati, tidak sombong, tidak semena-mena, tidak angkuh dengan kekuasaan yang bersifat semu dan sementara.

Setiap segala perbuatan yang dilakukan oleh manusia nantinya wajib dipertanggungjawabkan di hadapan Al Malik yang Maha Merajai pada hari perhitungan dan pembalasan amal manusia. Maka dari itu, manusia alangkah baiknya bersikap mawas diri dan bertakwa kepada Allah SWT.

Dengan meneladani sifat Al Malik menjadikan manusia sebagai hamba yang taat, takwa, dan selalu memperbaiki kehidupannya. Selain itu, bagi setiap muslim yang berdzikir dengan mengucap Asmaul Husna Al Malik akan dikaruniai kekuatan dan mendapatkan berkah dari setiap aktivitas yang dilaksanakan.