Brilio.net - Seringkali umat muslim mendengar dan membaca bacaan Asmaul Husna saat sedang pengajian atau dalam acara keagamaan lainnya. Asmaul Husna biasanya dilantunkan dengan lagu sehingga terdengar indah di telinga.

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang terdapat dalam Alquran. Nama-nama ini merupakan gambaran dari kekuasaan dan keagungan Allah yang tidak ada tandingannya. Ada 99 Asmaul Husna yang menggambarkan kekuasaan Allah.

Asmaul Husna sendiri sebenarnya memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri. Banyak rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (25/6) Syekh Shâlih al-Ja'fari mengatakan, "Orang yang berdoa dengan Asmaul Husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut ar-Rahman ar-Rahim, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut al-Lathif maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya." (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwash Asma' ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 16).

Dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 41, Allah berfirman untuk umat muslim agar memperbanyak dzikir. Ayat tersebut berbunyi sebagai berikut:

Loading...

Manfaat membaca  Asmaul Husna  © 2020 brilio.net

Yaa ayyuhallaziina aamanuzkurullaaha zikrang kasiiraa

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya."

Dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa mengingat Allah dengan menyebut asma-Nya adalah perintah yang dianjurkan oleh Allah.

Manfaat membaca Asmaul Husna

1. Lebih mengenal Allah

Dengan membaca bacaan Asmaul Husna setiap hari, seorang muslim akan lebih mengenal Allah melalui sifat-sifat dan nama-nama Allah yang terdapat dalam bacaan Asmaul Husna.

2. Hidup akan terkondisikan untuk beribadah

Dengan membaca Asmaul Husna setiap hari, seseorang menjadi selalu ingat atas kekuasaan Allah. Dalam Alquran surat Thaha ayat 14, Allah berfirman:

Manfaat membaca  Asmaul Husna  © 2020 brilio.net

Innanii anallaahu laa ilaaha illaa ana fa'budnii wa aqimis-salaata lizikrii

Artinya:

"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku."

Dari ayat tersebut Allah memperingatkan umatnya untuk senantiasa mengingat dan menyembah-Nya. Seorang muslim yang benar-benar mengikuti perintah Allah, maka hidupnya akan terkondisikan dengan selalu beribadah dan mencari keridhoan Allah.

3. Menjadi takut kepada Allah.

Dengan mengenal Allah melalui Asmaul Husna, membuat seseorang menjadi lebih tahu segala kuasa Allah. Karena hal tersebutlah, membuat seorang muslim menjadi takut kepada Allah terutama apabila melanggar perintah Allah.

Siksaan Allah adalah siksaan yang sangat pedih bagi hamba-hambaNya yang senantiasa melanggar aturan dan tidak pernah taat kepada Allah. Hal ini disampaikan Allah melalui firman-Nya dalam surat Ali Imran ayat 191:

Manfaat membaca  Asmaul Husna  © 2020 brilio.net

Allaziina yazkurunallaaha qiyaamaw wa qu'udaw wa 'alaa junubihim wa yatafakkaruna fii khalqis-samaawaati wal-ard, rabbanaa maa khalaqta haazaa baatilaa, sub-haanaka fa qinaa 'azaaban-naar

Artinya:

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."

4. Menenangkan hati.

Dalam surat Ar Rad ayat 28, Allah berfirman:

Manfaat membaca  Asmaul Husna  © 2020 brilio.net

Allaziina aamanu wa tatma'innu qulubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tatma'innul-qulub

Artinya:

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Dari ayat tersebut disebutkan bahwa orang-orang yang mengingat Allah atau melalukan dzikir menyebut asma Allah, maka akan mendapatkan ketenangan hati.

5. Dijauhkan dari kekafiran.

Kekafiran tentunya adalah hal yang harus dijauhi oleh umat muslim. Sebagai orang yang beriman, tentu tidak ingin ke luar dari Islam dan menjaga terus keimanan yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan membaca Asmaul Husna.

Membaca Asmaul Husna membuat seorang muslim tersadar bahwa tidak ada yang bisa membuat hidupnya senantiasa aman dan terlindungi selain Allah.

6. Menambah keimanan.

Membaca Asmaul Husna secara berulang-ulang membuat seorang muslim selalu berpikir tentang kebesaran Allah. Hal ini akan menambah keimanan seseorang sebagai manusia kepada Allah.

7. Termotivasi untuk mencari pahala.

Dengan membaca Asmaul Husna, seorang muslim dapat mengingat bahwa Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang. Allah pun senantiasa memberikan pahala yang besar bagi hamba-Nya yang bertakwa.

Untuk itu, membaca Asmaul Husna dapat membuat seseorang terus termotivasi mencari pahala, karena tidak ada yang bisa memberikan keselamatan di dunia dan akhirat selain Allah.

8. Senantiasa mensyukuri nikmat Allah.

Dengan membaca Asmaul Husna seorang muslim juga akan senantiasa bersyukur. Dirinya akan mengingat bahwa tidak ada kenikmatan dan keselamatan yang diberikan dalam hidup kita selain dari Allah.

9. Dijauhkan dari keraguan.

Seorang muslim yang senantiasa membaca dan mengamalkan Asmaul Husna maka akan meyakini keberadaan atau eksistensi dan kekuasaan Allah.

10. Menambah ilmu pengetahuan.

Mengetahui dan mengenal sifat-sifat dan nama Allah melalui Asmaul Husna dapat menambah ilmu pengetahuan seseorang. Sebab, di dalam Asmaul Husna terdapat tentang ilmu pengetahuan mengenai alam semesta beserta isinya dan apa yang telah Allah ciptakan.