Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ambisius adalah berkeinginan keras mencapai sesuatu tujuan, harapan, atau cita-cita. Sikap ambisius bisa juga berarti melakukan sesuatu dengan penuh ambisi. Sementara ambisi sendiri diartikan sebagai keinginan (hasrat atau nafsu) yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (seperti pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu.

Istilah ambisi sebenarnya merupakan suatu bentuk emosi yang berwujud pada keinginan keras seseorang untuk mencapai atau melakukan sesuatu. Seseorang yang punya ambisi memiliki kemauan keras untuk mencapai apa yang diinginkan atau ditargetkan. Oleh karenanya ambisi berperan penting dalam kehidupan, pasalnya dapat menentukan keberhasilan dan kesuksesan seseorang.

Terkadang ambisius memiliki sudut pandang yang positif maupun negatif, tergantung pada konteksnya. Pasalnya, sikap ambisius ini menjadi pendorong orang untuk mencapai hal-hal besar. Tanpa adanya ambisi, maka hal hebat tidak akan pernah bisa terwujud. Kendati demikian, dalam beberapa kasus, sikap ambisius yang berlebihan tatkala membuat kecewa. Alangkah baiknya, sikap ini perlu dilakukan dalam batas wajar saja.

Namun, di sisi lain, orang yang tak punya ambisi juga tidak memiliki mimpi dan visi, bisa saja tidak memiliki arah atau niat yang jelas. Ambisius adalah dorongan atau keinginan keras yang sejatinya dimiliki oleh setiap orang. Namun sayangnya, terkadang seseorang lupa cara memanfaatkan sikap ambisius tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simak mengenai ciri-ciri, kelebihan, dan kekurangan ambisius. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/8).