Brilio.net - Naif adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh manusia, meskipun tidak semua manusia memiliki sifat naif tersebut. Arti kata naif merupakan sifat polos, lugu, atau kekanak-kanakan. Akan tetapi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), naif adalah tidak banyak tingkah, sangat bersahaja, lugu (karena muda dan kurang berpengalaman), sederhana, celaka, bodoh, dan tidak masuk akal.

Pada dasarnya, sifat naif ini memang sangat baik, namun apabila terlalu berlebihan maka akan merugikan diri sendiri. Hal ini disebabkan karena tingkah laku yang polos akan membuat dirimu semakin bodoh atau celaka. Karena, orang dengan sifat ini menganggap bahwa kehidupan di dunia ini hanya berwarna putih, lurus tanpa belokan, hingga semua orang dinilai baik.

Naif dapat menjadi salah satu sifat yang positif atau negatif dalam kehidupanmu, tergantung bagaimana penerapannya. Memang naif adalah sesuatu hal yang positif, ketika kamu menghindarkan diri dari prasangka buruk terhadap orang lain atau membenci. Namun, naif bisa saja bersifat negatif, apabila kamu menutup diri dan hanya memandang lurus satu garis tanpa mempedulikan bahwa ada banyak garis yang bisa saja berbelok.

Sifat naif bisa saja dihilangkan apabila kamu menanamkan rasa optimis, menambah banyak wawasan, dan mencoba berbagai pengalaman. Dengan demikian, kamu tidak mudah untuk diremehkan dan dimanfaatkan tingkah polosmu oleh orang lain.

Supaya dapat lebih memahami arti naif, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (20/7), inilah ciri-ciri dari sifat naif.