Video berdurasi 40 detik tersebut menunjukkan sekelompok santriwati yang berjalan bersama-sama menuju panggung. Mereka bersiap untuk mempersembahkan hadrah dalam acara pentas seni. Hal yang membuat mereka lebih menarik, para santri perempuan tersebut memiliki ide yang nggak ada lawan dengan memakai mukena sambil menggunakan riasan wajah yang menyerupai hantu pocong atau hantu lokal Indonesia yang ada.

Saat melihat para santriwati yang akan tampil dengan kostum yang unik, yaitu mukena dan riasan wajah seperti hantu, santri yang berada di tempat duduk penonton segera menaruh perhatian pada mereka. Para penonton juga merasa senang dengan penampilan tersebut dan merasa terhibur. Ketika beraksi di atas panggung, ternyata warna mukena yang mereka pakai menjadi penanda peran masing-masing.

momen santri pentas pakai makeup pocong © TikTok

foto: TikTok/@erni2783

Para penari yang berdiri mengenakan mukena putih, sementara yang duduk menabuh alat musik menggunakan mukena merah. Di sisi lain, yang berada di tengah-tengah sambil bernyanyi mengenakan mukena hitam. Video yang menampilkan para santri menggunakan mukena dan riasan wajah hantu telah disaksikan oleh 5,3 juta pengguna TikTok dan disukai sebanyak 459,1 kali saat artikel ini ditulis. Para pengguna internet pun memberikan beragam komentar setelah melihat tingkah laku unik dari para santri tersebut.

"ini pda ngapain," ujar akun @_eedhan

"ini harus masuk ramadhan core," kata akun @dhna2512

"ini santri bada ngapain sih kelakuannya ada ada aja," tanggapan akun @divaandina2

"bkalan kluar dri hp ga ini tkut bgttt," tulis akun @lalipouww

"sejauh ini...ini yg paling jauh pakai mukena," komentar akun @nunungermanew

@erni2783 fyp jam berapa? #pocongimriti #kreasisenisantri #anakpondok #santriwati suara asli - sahabat religi18 - sahabat Hafiz