Brilio.net - Sebagai umat Muslim, salah satu syarat mendirikan salat adalah berakal. Maka dari itu, anak kecil yang belum akil baligh hingga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tidak dikenai dosa apabila tak mendirikan salat.

Namun, berbeda dengan sebuah video viral yang memperlihatkan aksi seorang pria diduga mengalami gangguan jiwa alias ODGJ yang tengah salat usai mendengarkan azan. Video yang diunggah pemilik akun TikTok @syifnr pada Rabu (5/10) lalu ini sontak mencuri perhatian.

Bagaimana tidak? Pria tersebut melakukan gerakan seperti sedang melaksanakan salat di pinggir jalan tepat di depan sebuah kedai.

ODGJ ini langsung salat usai dengar azan TikTok

foto: TikTok/@syifnr

Dalam unggahan tersebut, si perekam video tersebut menyoroti seorang pria tua ODGJ dengan pakaian yang cukup lusuh dan basah sedang berdiri di tepian jalan. Tiba-tiba saja, pria tersebut langsung melakukan gerakan salat usai mendengar suara azan.

"Bapaknya langsung sholat setelah adzan," tulisnya sebagai keterangan video, seperti dikutip brilio.net, Jumat (7/10).

ODGJ ini langsung salat usai dengar azan TikTok

foto: TikTok/@syifnr

Tak hanya itu, berbagai gerakan salat juga tampak dilakukan pria tersebut, mulai dari gerakan i'tidal hingga sujud. Meski tak terdengar jelas terkait bacaannya, aksi pria tersebut jelas membuat si perekam jadi malu sendiri.

"Malu banget, odgj aja masih sholat," tulis pemilik akun dalam cuplikan video.

(brl/jad)