Brilio.net - Erupsi Gunung Semeru membuat banyak rumah di Lumajang, Jawa Timur hancur tersapu awan panas dan debu vulkanik. Di dusun Kebondeli Utara, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, dilaporkan 43 rumah warga telah porak poranda.

Namun ternyata ada satu rumah yang tampak masih utuh di tengah bangunan runtuh. Pemandangan aneh nan ajaib itu membuat publik keheranan. Selain kondisi rumahnya yang utuh, di dalam rumah tersebut terdapat sepasang burung lovebird yang masih hidup.

Padahal puluhan hewan ternak milik warga ditemukan mati, bahkan sapi milik warga ada yang terlihat sudah terpanggang akibat awan panas Semeru.

"Ini yang hidup, hewan ternaknya hanya sepasang burung lovebird. Untuk hewan lainnya mati. Rumah ini juga masih tegak berdiri meski yang lainnya sudah rusak dan tertimbun luapan lahar dan ini (burung) saya selamatkan juga," kata Muhammad Arief, dilansir brilio.net dari Dream.co.id pada Kamis (9/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

rumah utuh usai erupsi Semeru © 2021 brilio.net

foto: YouTube/Gallery evadh collection

Rumah tersebut diketahui merupakan milik Pak Roh, warga asal Madura. Dari foto yang beredar, terlihat rumah tersebut bercat warna kuning. Atapnya sudah penuh dengan debu tipis, namun memang tidak setebal rumah-rumah lainnya.

Bagian dalam rumahnya juga dinilai masih bersih, begitu pula dengan perabotan yang ada. Tak jauh dari rumah itu, tampak dua truk bermuatan pasir yang terjebak lumpur bekas luncuran awan panas Semeru. Kemudian terdapat kolam ikan yang kondisinya juga masih baik dan tidak mengalami banyak kerusakan.

(brl/lin)

(brl/lin)