Brilio.net - Semeru merupakan salah satu gunung yang masuk wishlist pendaki di Indonesia. Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) bahkan tercatat sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Semeru juga menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci yang mencapai 3.805 mdpl dan Rinjani 3.726 mdpl.

Saking ramainya peminat orang untuk bisa mendaki Gunung Semeru, tentunya sejumlah aturan ketat juga diberlakukan agar kondisi alam sekitar tetap terjaga keindahannya. Mau tidak mau dan suka tidak suka, menjaga kelestarian menjadi tonggak utama bagi siapa pun yang hendak mendaki gunung.

Di balik keramahan Gunung Semeru, tentunya menyimpan kengerian yang entah dan bagaimana akan meluapkan semua isinya. Sebelumnya memang tidak ada yang tahu, namun pada Sabtu (4/12) Gunung yang super gagah ini mengeluarkan semburan awan panas dan semua isinya sehingga memporak-porandakan wilayah sekitar. Yap, hari Sabtu kemarin menjadi hari yang mencekam bagi warga Lumajang, Jawa Timur dan sekitarnya.

Menurut informasi yang diperoleh brilio.net, Minggu (5/12), bencana tersebut terjadi sekitar pukul 14.49 WIB. Akibat peristiwa itu, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya informasi getaran banjir Pukul 14:47 WIB, mengarah ke Curah Kobokan.

Sebelum bencana alam mengerikan ini terjadi, Gunung Semeru masih memperlihatkan keindahannya yang menakjubkan. Bahkan beberapa orang yang sempat mengabadikan momen itu tak menyangka bahwa itu menjadi detik-detik Gunung Semeru akan meluapkan amukannya yang dahsyat.

Berikut ini beberapa potret keindahan Gunung Semeru sebelum meletus, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (5/12).

1. Sebuah video yang diunggah akun TikTok @syaifularieef, mengungkapkan bahwa pagi hari dia masih menikmati keindahan Gunung Semeru. Namun tak disangka, menjelang sore, pada Sabtu (4/12), gunung itu meletus. Dari video itu terlihat, Gunung Semeru menyapa dengan sangat ramah, begitu indah dengan hari yang cukup cerah pula.

Potret keindahan Gunung Semeru sebelum meletus Berbagai sumber

foto: TikTok/@syaifularieef

2. Semeru masih terlihat sangat indah, meski dikatakan bahwa Gunung ini sedang "batuk" dengan mengeluarkan awan panas. Sekilas terlihat biasa saja, namun setelah itu barulah semburan maha dahsyat membanjiri wilayah Lumajang dan sekitarnya.

Potret keindahan Gunung Semeru sebelum meletus Berbagai sumber

foto: TikTok/@syaifularieef

3. Sebelum meletus, kondisi Gunung Semeru juga terlihat begitu indah dari atas. Kondisi begitu cerah sehingga Gunung Semeru terlihat sangat indah.

@yufarichannel

keindahan gunung semeru dan bromo daru langit ##gunungsemerumeletus ##gunungsemeru ##gunungbromo ##fyp ##fyp

suara asli - Yufari Channel

4. Sebuah video singkat yang diunggah akun TikTok @sopir_carteransdasby, memperlihatkan indahnya kondisi alam sekitar dengan Gunung Semeru yang terlihat begitu jelas. Menurut penuturan dari video tersebut Semeru baru aktif. Dia pun begitu takjub melihat keindahan Semeru. Video ini diunggah sekitar beberapa jam lalu. Namun tidak diketahui kapan pastinya video tersebut diambil.

Potret keindahan Gunung Semeru sebelum meletus Berbagai sumber

foto: TikTok/@sopir_carteransdasby

5. Menurut dari unggahan TikTok @syaifularieef, Semeru sudah mulai mengeluarkan awan panas. terlihat jelas dari sela-sela gunung asap tebal mulai dikeluarkan secara perlahan.

Potret keindahan Gunung Semeru sebelum meletus Berbagai sumber

foto: TikTok/@syaifularieef

6. Gunung Semeru menjadi dambaan bagi pendaki gunung untuk bisa menikmati alam. Di sana terdapat Ranu Kumbolo yang menawarkan keindahan luar biasa dan menjadi tempat para pendaki mengabadikan momen mereka. Keindahan ini tentu tidak akan dilupakan oleh banyak orang. Sama halnya dengan bencana yang terjadi kemarin, akan menjadi memori kelam dari amukan gunung tersebut.

Potret keindahan Gunung Semeru sebelum meletus Berbagai sumber

foto: TikTok/@syaifularieef

7. Video ini memperlihatkan sekilas Gunung Semeru yang begitu indah.

@syaifularieef

jalur lava semeru, bukan tempat wisata ##semeru ##viewsemeru ##viral ##fyp ##visitpronojiwo ##lumajang ##lavasemeru ##gunungsemeru ##videofyp

original sound - Nc05

(brl/tin)

(brl/tin)