Brilio.net - Bencana alam terjadi di Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12). Gunung yang terkenal dan kerap dikunjungi para pencinta alam, Gunung Semeru meletus. Keadaan ini terjadi begitu tiba-tiba dan mencekam bagi warga setempat dan sekitarnya.

Sejumlah video tersebar luas di media sosial, di mana sejumlah masyarakat tampak begitu ketakutan dan berlarian menghindari amukan Gunung Semeru tersebut. Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Minggu (5/12), kejadian itu pun sudah dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

"Iya benar, kondisi Gunung Semeru seperti yang ada di dalam video di media sosial," ujarnya.

Menurut laporan yang diterima, bencana tersebut terjadi sekitar pukul 14.49 WIB. Akibat peristiwa itu, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya informasi getaran banjir Pukul 14:47 WIB, mengarah ke Curah Kobokan.

"Pukul 14.54 wib, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya Awan Panas Guguran (APG) yang turun mengarah Curah Kobokan," sambung Gatot.

Pasca erupsi, kondisi di sekitar Gunung Semeru masih dalam keadaan porak poranda. Masyarakat setempat dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Sejauh ini dari pantauan brilio.net lewat media sosial, sejumlah video yang diunggah warganet memperlihatkan bagaimana kondisi wilayah sekitar usai meletusnya Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Berikut penampakannya, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (5/12).

1. Menurut informasi dari video yang diunggah akun TikTok @mas_0od, warga mulai kekurangan air bersih pasca meletusnya Gunung Semeru. Harapan mereka saat ini adalah adanya bantuan air bersih untuk keperluan sehari-hari dan terutama untuk minum. Tidak bisa dipungkiri, letusan begitu besar memang berdampak pada beberapa fasilitas penting.

@mas_0od

semangat abah suud ##savelumajang

suara asli - _pangeran_flores_ - Pangeran_Flores__

2. Masyarakat setempat saat ini tampak mengungsi di sebuah masjid. Dari video ini terlihat jumlah mereka cukup ramai. Harapan penduduk setempat mereka bisa segera mendapatkan bantuan untuk tempat tinggal yang bersih dan layak selama proses pembersihan dari dampak Gunung Semeru.

@mas_0od

##erupsisemeru ##prayforlumajang ##savelumajang

Sholawat Sedih - Instrumental - Asraf Studio

3. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan bahwa saat ini Pemkab membutuhkan bantuan tenaga sukarelawan untuk mengevakuasi warga di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Para relawan itu dibutuhkan untuk melakukan evakuasi warga pada Minggu (5/12).

@mas_0od

##prayforlumajang ##prayforsemeru ##savelumajang

bunyi asal - kedings96

4. Video ini memperlihatkan seorang ibu yang sudah penuh dengan abu, bahkan hingga wajahnya. Namun dia tetap mengendarai motor untuk bisa menyelamatkan diri dan juga anaknya.

@sandymirza430

perjuangan seorang ibu terhadap anaknya##prayforsemeru##erupsi##lumajang##jatim

suara asli - Sandy Mirza430

5. Akibat dari meletusnya Gunung Semeru, Jembatan Gladak Perak terputus karena banjir lahar. Jembatan ini adalah jalan alternatif penghubung Lumajang-Malang di Kecamatan Candipuro.

@sandymirza430

Pray for semeru##lumajang##malang

suara asli - Sandy Mirza430

6. Video ini memperlihatkan bagaimana kondisi rumah warga yang sudah hancur. Dalam video itu seorang mengatakan bahwa rumahnya sudah tidak bisa dihuni lagi dan kini kondisinya sangat menyedihkan karena sudah tidak punya apa-apa lagi. Namun dia bersyukur karena sekeluarga selamat dari amukan Gunung Semeru.

(brl/tin)

(brl/tin)