Brilio.net - Berbicara mengenai mata pelajaran bahasa Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Ada saja materi yang harus dipahami, termasuk tentang teks tanggapan. Teks tanggapan juga biasa disebut sebagai teks tanggapan kritis.

Teks tanggapan merupakan teks yang berisikan kritik tajam terhadap suatu hal atau persoalan mengenai kesalahan dan biasanya terjadi saat ada perdebatan. Permasalahan yang dibahas pada teks tanggapan biasanya berupa kritikan pedas terkait kesalahan atau isu-isu yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Secara umum, teks ini bertujuan untuk mengutarakan pendapat melalui sudut pandang pribadi. Untuk memperkuat pendapat atau kritikan, teks tanggapan disertai fakta dari sumber terpercaya. Sehingga informasi yang terkandung dalam teks ini pun dapat menjadi saran yang membangun.

Seorang ahli, Mulyadi, mengemukakan bahwa teks tanggapan adalah teks yang berisi tanggapan, berupa dukungan atau penolakan, terhadap sebuah hal atau peristiwa yang didukung oleh data pendukung tanggapan. Tak heran jika dalam teks tanggapan berisi pernyataan baik mendukung atau menolak, yang disertai argumen objektif, sopan, logis, dan jelas.

Nah, untuk mempelajari lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum 9 contoh teks tanggapan lengkap dengan ciri-ciri dan strukturnya. Dihimpun dari berbagai sumber pada Minggu (09/01).

Ciri-ciri teks tanggapan.

Terdapat beberapa ciri-ciri teks tanggapan yang membedakannya dengan jenis teks lain. Adapun ciri-ciri teksnya sebagai berikut.

a. Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan.
b. Mempunyai tiga struktur teks, yaitu evaluasi, ddeskripsi teks, dan penegasan ulang.
c. Mengandung kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan yang dimiliki teks tanggapan kritis.
d. Mengandung kata rujukan atau referensi untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas.

Struktur teks tanggapan.

Selain ciri-ciri, teks tanggapan juga memiliki struktur teks. Berikut struktur teks tanggapan yang perlu dipahami saat hendak menyusunnya.

a. Evaluasi, pada bagian evaluasi berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan oleh penulis dalam teks.
b. Deskripsi teks, bagian deskripsi teks ini berisikan informasi mengenai data dan pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan.
c. Penegasan ulang, pada bagian terakhir teks memuat penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.

Contoh teks tanggapan berbagai topik.

1. Contoh teks tanggapan tentang pergaulan bebas.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: freepik.com

- Evaluasi

Zaman sekarang banyak remaja yang terjebak pergaulan bebas. Di mana pergaulan bebas merupakan bentuk perilaku yang menyimpang, di mana kata "bebas" berarti melewati batas, tidak seperti norma orang-orang timur.

- Deskripsi teks

Pergaulan bebas mempunyai dampak sangat negatif, misalnya melakukan hal yang melanggar hukum (mabuk dan semacamnya).

Selain itu, ada pula dampak positifnya yaitu mempunyai banyak teman, belajar cara berkomunikasi, menghormati, mengendalikan diri di tengah masyarakat.

Orang Indonesia sering meniru hal kurang baik dari orang barat, seperti berciuman yang dianggap orang barat suatu hal yang wajar.

Pergaulan bebas timbul karena rasa gengsi, nafsu, penasaran, broken home, hidup sendiri, faktor keluarga, kurang iman, dan lainnya.

Selain itu, teknologi berpengaruh besar terhadap pergaulan bebas, akses internet dan televisi yang kurang diawasi memicu remaja untuk melakukan hal yang tidak baik.

- Penegasan ulang

Ketika kita sudah mengetahui hal penyebab pergaulan bebas, alangkah baiknya orang tua harus lebih mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Dengan memilih tontonan yang baik dan pemanfaatan internet sebaik mungkin.

2. Contoh teks tanggapan tentang kebakaran hutan.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: freepik.com

- Evaluasi

Kebun kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan negara (pemasukan devisa) di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Tetapi, apakah efek yang diberikan sebanding dengan Indonesia dan lingkungan? Diperlukan peraturan khusus agar terciptanya keuntungan dua pihak.

- Deskripsi teks

Kebakaran hutan menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai ke negara lain. Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi.

Di sisi lain, perluasan perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan makin luas. Tetapi, keduanya tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan dua pihak.

Penyelidikan mengenai satu di antara faktor kebakaran hutan adalah membakar lahan secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit dengan tujuan pembukaan lahan baru.

Peran pemerintah pun dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia internasional, mengenai kebijakan pemerintah kepada usaha perkebunan sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia.

- Penegasan ulang

Diperlukannya peran dari pemerintah untuk membuat kebijakan yang bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak serta tidak menyebabkan kerugian bagi penduduk dan alam.

Sikap tegas dan kebijakan yang sesuai terhadap pelaku kejahatan dan kerusakan hutan serta pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas terhadap pengusaha perkebunan sawit sehingga semua bisa berjalan secara seimbang dan berkesinambungan.

3. Contoh teks tanggapan tentang ujian nasional.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: freepik.com

- Evaluasi

Wacana ujian nasional online sudah diberikan ke masyarakat sejak awal tahun 2014, tetapi kepastian akan hal tersebut masih belum jelas. Pemerintah telah mencanangkan ujian nasional online. Tetapi, pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian dan menuntut kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.

- Deskripsi teks

Disampaikan bahwa proses ujian nasional online akan diselenggarakan di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Sekolah yang terpilih akan mendapatkan kesempatan uji coba ujian nasional online pada 2015.

Satu di antara tujuan ujian nasional online diadakan yaitu mengatasi pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal.

Sisi positifnya yaitu komputer bisa mengetahui nilai dengan cepat dan siswa tidak bisa menyontek pekerjaan orang lain. Sisi negatifnya yaitu jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus sewaktu-waktu.

- Penegasan Ulang

Apa yang bisa diperoleh dari isu di atas bahwa ujian nasional bisa memicu dampak positif maupun negatif. Ujian online itu perlu karena melihat dari sisi positifnya yang cukup menguntungkan, tetapi harus adanya fasilitas yang mendukung.

4. Contoh teks tanggapan tentang keselamatan berkendara.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: freepik.com

- Evaluasi

Adanya berita kecelakaan lalu lintas saat ini sudah menjadi hal yang cukup sering kita temui, baik di berita, maupun di media sosial. Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini. Hal yang dianggap sepele namun sangat mengkhawatirkan.

- Deskripsi teks

Berdasarkan data dari kominfo, dalam setiap jam rata-rata ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, dan sebesar 61% kecelakaan lalu lintas terjadi akibat faktor manusia yaitu kemampuan dan juga karakter dalam mengemudi. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran akan keselamatan dalam berkendara di masyarakat masih sangat rendah saat ini, mengingat lebih dari setengahnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat kemampuan dan juga karakter mengemudi manusia.

- Penegasan ulang

Oleh karena itu, peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara sangat perlu ditingkatkan, dan perlu dimulai dari diri kita sendiri. Patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku karena peraturan tersebut dibuat demi keselamatan bersama, termasuk diri kita sendiri. Orang tua sebaiknya juga dengan bijaksana bisa mendidik anak-anaknya untuk belajar berkendara ketika memang sudah cukup umur dan dianggap sudah memiliki tanggung jawab atas setiap perbuatannya. Jangan baru menyesal kemudian ketika hal-hal ini terjadi pada diri kita sendiri atau orang-orang terdekat kita, ingat bahwa setiap nyawa sama berharganya.

5. Contoh teks tanggapan tentang hukuman mati di Indonesia.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: freepik.com

- Evaluasi

Adanya beberapa negara yang menerapkan adanya hukuman mati pada kasus-kasus tertentu, membuat Indonesia juga memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkan nya pada beberapa kasus, salah satunya terorisme. Tentu perbuatan mereka yang melakukan terorisme juga merupakan tindakan yang keji, namun eksekusi mati bagi saya bukan lah solusi terbaik.

- Deskripsi teks

Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati atau hukuman mati termasuk Indonesia, sebagai pencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati selama 6 tahun terakhir yaitu sebanyak 96 vonis per oktober 2020. Dimana vonis hukuman mati di Indonesia justru mengalami lonjakan setiap tahunnya, khususnya terjadinya lonjakan hampir 2 kali lipat pada tahun 2019 dari pada 2018. Hal ini saya rasa dapat menjadi bahan pertimbangan, untuk menemukan cara efektif lainnya, karena adanya hukuman eksekusi mati justru tidak membuat orang-orang jadi takut.

- Penegasan ulang

Bagaimanapun sebagai negara yang menerapkan pancasila, dimana sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”, dimana semua warga negara Indonesia diwajibkan memiliki kepercayaan agama, dan setiap agama tentunya tidak membenarkan adanya eksekusi mati, karena kita semua tidak berhak atas hidup seseorang dan setiap orang memiliki hak dasarnya yaitu hak untuk hidup.

6. Contoh teks tanggapan tentang Covid-19.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: freepik.com

- Evaluasi

Pandemi Covid-19 tengah melanda seluruh penjuru negeri, bahkan dunia pun. Bahaya mengerikan dari virus ini adalah penyebarannya yang sangat cepat dan berlipat ganda. Namun di balik itu, tampaknya ada dampak yang jauh lebih buruk. Covid-19 mengoyak-ngoyak persatuan bangsa.

- Deskripsi teks

Tak dapat dipungkiri, rasanya kebijakan pemerintah pusat dan daerah sangat sulit untuk menemukan titik tengah yang dapat disepakati untuk menangani pandemi ini secara efisien. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, mengapa banyak pihak yang justru saling menyalahkan? Contohnya, bagaimana ketika sebagian kecil menteri mengkritik kebijakan gubernur Jakarta untuk mengadakan lagi PSBB ketat di DKI Jakarta.

Padahal, saya kira pertimbagnan beliau masuk akal dengan perhitungan berdasarkan sisa kapasitas rumah sakit yang tersedia untuk menangani pasien. Apabila tidak dilakukan PSBB ketat, maka kapasitas tersebut akan habis dalam kurun waktu tiga bulan saja. Di samping itu, sebagian kecil menteri tersebut mengatakan bahwa kita masih memiliki kapasitas rumah sakit yang memadai.

- Penegasan ulang

Pada akhirnya, jika tetap terus-terusan menyalahkan satu pihak, maka semua akan menjadi salah. Inti tanggapan saya mengenai hal kondisi ini adalah hal tersebut. D tengah pandemi yang tak kunjung usai ini, sebaiknya kita berhenti saling menyalahkan dan bergotong-royong mengatasinya.

7. Contoh teks tanggapan tentang kemacetan.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: pixabay.com

- Evaluasi

Dari dulu saya selalu menganggap bahwa jakarta itu lebih identik sebagai kota yang macetnya dimana-mana, meskipun sekarang juga pasti masih ada aja kadang kemacetan yang kita temui di jalan. Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, tentunya keberadaan Transjakarta dan juga MRT sudah sangat memudahkan kami yang mengandalkan transportasi umum untuk pergi kemana-mana. Namun, jika adanya MRT dan Transjakarta tetap tidak mengurangi kemacetan, tentunya membuat saya tidak nyaman, karena akan menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan, sehingga hal ini dapat menyebabkan makin banyak orang-orang yang beralih ke kendaraan pribadi agar bisa menggunakan tol.

- Deskripsi teks

Namun, dilansir dari Instagram resmi dari Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2020 akhirnya Jakarta keluar dari urutan 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index dan berada di peringkat ke-31 dari total 416 kota. Sebuah pencapaian yang tentunya bisa kita banggakan, bahwa Jakarta semakin membaik dalam mengatasi kemacetan.

Dimana pada tahun 2019 kemarin, Indonesia masih menduduki peringkat ke-10 sebagai kota termacet di dunia segan tingkat kemacetan sebanyak 53%. Meskipun masih banyak hal yang mungkin perlu diperbaiki dan dioptimalkan.

- Penegasan ulang

Oleh karena itu, saya menanggapi hal ini dengan ingin memberikan pujian bagi pemprov DKI yang sudah mampu menangani kemacetan jakarta menuju ke yang lebih baik, dan berharap terus ditingkatkan. Selain itu, upaya dalam mengajak masyarakat untuk naik transportasi umum saya rasa perlu ditingkatkan lagi seperti dengan memperbanyak kawasan dan wilayah yang terjangkau oleh Transjakarta, MRT dna juga angkutan umum lainnya.

8. Contoh teks tanggapan tentang SEA Games XXI.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: freepik.com

- Evaluasi

Sebuah surat kabar melaporkan bahwa “Perburuan Medali Emas Sea Games XXI Telah Berakhir, tetapi Paceklik Emas Indonesia Tak Juga Berakhir”. Di hari terakhir, harapan Indonesia menambah medali emas pupus. Dari lima emas yang diperebutkan, Pasukan Merah Putih hanya menambah dua perak dan satu perunggu.

- Deskripsi teks

Paceklik medali emas terjadi di Sea Games karena atlet-atlet Indonesia kurang disiplin dan sportif dalam latihan. Di sisi lain, dua petinju Indonesia, Albert Papilaya dan Bonix Saweho, patut diacungi jempol karena telah membawa nama baik Indonesia di Sea Games XXI. Mereka akan menerima bonus menyusul sukses merebut emas.

Terlepas dari kebenaran bahwa Albert Papilaya dan Bonix Saweho patut diacungkan jempol karena telah membawa nama baik Indonesia di bidang olahraga, nampak ada hal yang pantas dijadikan koreksi. Surat kabar itu menyebut kegagalan atlet-atlet Indonesia dalam Sea Games Kuala Lumpur karena mereka kurang disiplin dan sportif dalam latihan. Sebenarnya, kurangnya perolehan medali Indonesia karena negara-negara lain ternyata lebih cepat kemajuan bidang olahraganya sehingga lebih banyak mengumpulkan medali.

- Penegasan ulang

Keberhasilan Albert dan Bonix yang bekerja keras dalam latihan perlu ditiru oleh atlet lain. Semua atlet perlu meningkatkan latihan agar kemajuannya tidak kalah cepat dengan negara lain.

9. Contoh teks tanggapan tentang terorisme.

Contoh teks tanggapan berbagai sumber

foto: freepik.com

- Evaluasi

Terorisme memang dapat dilakukan oleh siapapun tanpa pandang agama. Namun kita tidak bisa tutup mata bahwa ada struktur ideologis aliran agama yang melatarbelakanginya.

- Deskripsi teks

Pada Jumat lalu (27/11/2020), kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) membunuh satu keluarga dan membakar tujuh rumah di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Kemudian muncullah perdebatan di media sosial mengenai agama dan terorisme.

Struktur idelologi berkaitan dengan iman dan praktik sosial dalam masyarakat. Ada pengaruh dogma dan diskriminasi yang menyebabkan penafsiran suatu agama menjadi reaksioner dan ekstrim. Pengaruh tersebut dikuatkan dengan kondisi politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.

- Penegasan ulang

Saya menanggapi soal apakah terorisme beragama atau tidak beragama. Terorisme dapat dilakukan oleh kelompok mana saja, termasuk kelompok agama. Kita perlu tahu apa yang melatarbelakangi tindakan tersebut, agar dapat mencegah lingkar terorisme semakin mengakar.