Brilio.net - Merantau memang memiliki potensi besar untuk mengubah nasib seseorang. ketika memilih untuk meninggalkan tempat asalnya dan menjelajahi kehidupan di tempat baru, tandanya ia telah membuka diri untuk peluang-peluang yang baru pula. Intinya, harus berani mengambil keputusan dan keluar dari zona nyaman.

Hal itu juga yang dilakukan oleh pria bernama Abdul, TKI asal Padang. Abdul membagikan bagaimana kondisinya sebelum dan sesudah merantau. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @abdulparis04.

Lewat unggahannya, Abdul mengaku dulunya hanya tinggal di rumah papan layaknya kandang kambing. Ia pun dulunya cuma tukang cukur. Karena itu ia pun memilih untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan berangkat ke Jepang. Di negara yang beribukota di Tokyo ini, Abdul kerja menjadi kuli. 

7 Tahun Abdul bekerja di sana akhirnya pulang membawa hasil yang memuaskan. Pria asal Sumatera Barat itu mengatakan kini telah menjadi seorang pengusaha muda. Padahal dulunya ia hanya tukang pangkas rambut. Ia pun berharap kepada teman sesama perjuangan agar bisa memperoleh hasil serupa.

"Semoga semua yang kerja di Jepang bisa jadi pengusaha muda Amiin," sebutnya.

Netizen pada salut dengan perjuangan Abdul saat di rantau hingga pulang. Tandanya, Abdul sangat memikirkan kesejahteraan keluarga maupun masa depannya. Perjalanannya menginspirasi banyak orang.

"Perjuangannya ta semudah yang tinggal membaca dan melihat hasilnya," kata akun @laura_larass

"Berarti abangnya emang beneran fokus kerja dan pandai mengelola uang," tulis akun @hsn_yzz

Telah banyak usaha yang dia kembangkan hingga saat ini. Abdul membagikannya lewat sebuah postingan TikTok. Penasaran dengan penampakannya? Intip 7 potret hasil jerih payah Abdul, semuanya dihimpun oleh brilio.net pada Selasa (23/4).

1. Sebelum berangkat ke Jepang, Abdul tinggal di rumah sederhana. Dindingnya terbuat dari kayu.

kerja di jepang jadi sukses © TikTok

foto: TikTok/@abdulparis04

2. Setelah 7 tahun bekerja di sana, akhirnya ia mampu mempunyai rumah gedong. Terlihat hunian gedong dengan cat berwarna hijau.

kerja di jepang jadi sukses © TikTok

foto: TikTok/@abdulparis04