Brilio.net - Sebuah jalan di Demak berdiri pada lokasi yang tak biasa. Alih-alih di pekarangan kosong. Tampak jalan umum itu menembus bangunan rumah. Penampakan jalan umum yang konsepnya membingungkan ini bisa dilihat lewat video Instagram yang diposting oleh akun @fitrii_nofia.

Diketahui, bahwa lokasi rumah tersebut berada di Jalan Karangrejo - Kalikondang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Rumah ini tampak berdinding batu bata berdiri di tengah jalan. Desainnya pun unik karena bagian tengah rumah itu seperti sengaja dibolongi agar orang bisa berlalu lalang.

Sehingga ketika dilewati, bagian dalam rumah tampak hanya menyisakan satu kamar. Orang yang lewat tak ubahnya sedang melintasi sebuah terowongan. Suasana sedikit gelap karena atapnya justru tidak turut dirobohkan.

Ada tulisan HM di bagian depan maupun belakang rumah. Hal itu menandakan bahwa ini adalah rumah hak milik. Namun, belum diketahui entah bagaimana kesepakatan antara yang punya rumah dan otoritas terkait. Sehingga pemilik rumah merelakan sebagian rumahnya untuk akses jalan umum. Makanya meski desainnya membingungkan, justru bikin netizen angkat topi untuk si empu rumah.

"Kalau memang rumahnya dibongkar untuk jalan. Amalnya pasti mengalir terus," kata akun @ajibk_14

"Ini salah satu contoh teladan orang yang supeer bijak dan baik," tulis akun @putukirana59

"Nggak kebayang seberapa besar pahala jariyah ketika orang/kendaraan sedang melewatinya," ujar akun @riaan_dermawan

"Amal jariyah nggak bakal habis nyampe kiamat," komentar akun @guning_

Penasaran dengan penampakannya? Berikut 7 potret jalan umum tembus rumah warga yang dihimpun oleh brilio.net dari Instagram @fitrii_nofia pada Senin (15/4).

1. Memang bukan jalan raya. Namun, jalanannya sangat bermanfaat. 

rumah tembus jalanan umum © Instagram

foto: Instagram/@fitrii_nofia