Brilio.net - Guinness World Record sejak 1965 tak pernah luput merilis rekor dunia setiap tahunnya. Di penghujung tahun 2019 ini, Guinness World Record sudah meluncurkan buku rekor dunia terbaru mereka yang berjudul "Guinness World Records 2020".

Dilansir dari Reader's Digest, pihak Guinness World Record mengatakan kalau ada beberapa rekor lama yang mungkin terkalahkan dengan rekor terbaru.

"Sekiranya ada kemungkinan 10 rekor dunia lama akan terkalahkan (dengan yang terbaru)," ungkap Spencer Cammarano, perwakilan dari Guinness World Records seperti dikutip brilio.net, Rabu (18/12).

Dari sekian banyak rekor dunia yang tercipta di tahun ini, ada setidaknya 7 rekor dunia baru yang berhasil masuk dalam buku Guinness World Records 2020. Apa saja rekor dunia terbaru itu?

Dirangkum brilio.net dari Reader's Digest, Selasa (18/12), berikut 7 daftar rekor dunia tebaru yang masuk buku Guinness World Records 2020.

 

1. Robot humanoid terbesar mirip Transformer.

daftar rekor dunia terbaru 2019 © 2019 rd.com


foto: rd.com

 

Robot yang menyerupai 'Transformer' ini memiliki tinggi 8,46 meter, panjang 4,27 meter dan lebar 4 meter. Robot ini dibuat oleh orang Jepang.

Menurut perwakilan dari Sakakibara Kikai, Masaaki Nagumo, proyek pembuatan robot ini memakan waktu selama enam tahun.

 

2. Hewan darat paling tua di dunia.

daftar rekor dunia terbaru 2019 © 2019 rd.com


foto: rd.com

 

Seekor kura-kura bernama Jonathan diperkirakan lahir tahun dan sepanjang hidup Jonathan, ia sudah melewati banyak peristiwa bersejarah. Hewan inipun dinobatkan sebagai hewan darat tertua. Hingga saat ini kura-kura tertua di dunia ini masih dalam kondisi sehat dan hidup, lho.

 

3. Rekor manusia tertinggi di dunia.

daftar rekor dunia terbaru 2019 © 2019 rd.com


foto: rd.com

 

Umumnya, manusia dewasa memiliki tinggi 1,5-2 meter. Namun, ada tiga pria di dunia yang pernah dinobatkan jadi manusia tertinggi lantaran tingginya melampaui 2 meter.

Adalah Bao Xi Shun dengan tinggi 236 cm yang masuk ke buku rekor dunia selama empat tahun berturut-turut. Neil Fingleton, pria asal Inggris memiliki tinggi 272 cm. Dan, Sultan Kosen asal Turki yang memiliki tinggi 8 kaki.

 

4. Mobil robot tercepat di dunia.

daftar rekor dunia terbaru 2019 © 2019 rd.com


foto: rd.com

 

Perusahaan asal Inggris, Roborace memperkenalkan karya terbaru mereka. Sebuah mobil robot yang mampu menempuh kecepatan hingga 282.42 kilometer per jam.

Mobil robot tanpa awak ini telah diuji coba berulang kali, hingga akhirnya mampu memecahkan rekor baru. Selain cepat, mobil robot ini juga dilengkapi fasilitas canggih seperti kamera dan GPS.

 

5. Sepatu terbesar di dunia.

daftar rekor dunia terbaru 2019 © 2019 rd.com


foto: rd.com

 

Beberapa orang yang memiliki tinggi di atas rata-rata tentunya membutuhkan sepatu berukuran besar. Untuk memenuhi kebutuhan orang dengan ukuran sepatu yang tidak biasa, pria bernama Wessels asal Jerman ini sudah membuat sepatu ukuran besar selama 40 tahun, lho.

Untuk memenuhi kebutuhan orang dengan ukuran sepatu yang tidak biasa, pria bernama Wessels asal Jerman ini sudah membuat sepatu ukuran besar selama 40 tahun, lho.

 

6. Kuku aksesori terpanjang di dunia.

daftar rekor dunia terbaru 2019 © 2019 rd.com


foto: rd.com

 

Pria asal Florida memecahkan rekor dengan membuat kuku aksesori terpanjang di dunia. Ketika diukur, kuku ekstensi ini memiliki panjang 1.21 meter, lho. Tahun 2018 lalu ia juga berhasil memecahkan rekor dengan Topi Terpanjang di Dunia. Pria bernama Odilon Ozare ini memang dikenal dengan karya-karya aksesorinya yang unik.

 

7. Patung paus buatan terbesar di dunia.

daftar rekor dunia terbaru 2019 © 2019 rd.com


foto: rd.com

 

Polusi di laut memang menjadi isu yang paling disoroti dalam beberapa tahun terakhir ini. Menanggapi isu polusi ini, Monterey Bay Aquarium California membuat sebuah patung paus dari bahan plastik daur ulang. Patung ini juga masuk ke dalam Buku Rekor Dunia 2020. Patung plastik ini memiliki panjang 25,89 meter, lebar 8,07 meter dan tingginya 4,2 meter.