Brilio.net - Kata-kata mutiara kehidupan mungkin bisa jadi salah satu jalan menambah motivasi diri sendiri. Karena setiap manusia pasti punya masalah dalam hidup. Sekian lama menghadapi dan berjalan dengan aktivitas yang padat, timbul rasa jenuh atau bosan. Di saat kamu sedang terpuruk dan bersedih hati, tapi nggak tahu harus bagaimana. Di saat orang terdekat tak mengetahui perasaanmu, suntikan motivasi itu lah yang kamu butuhkan.

Kamu bisa bangkit dan bersemangat lagi dengan membaca arti dari kata-kata mutiara. Apalagi beberapa kata-kata mutiara sering diperoleh dari orangtua yang telah memiliki banyak pengalaman. Pilihlah kata-kata mutiara yang sesuai dengan perasaan dan masalahmu. Supaya hati akan lebih mudah untuk memahaminya.

Kata-kata mutiara ini juga bisa jadi referensi untuk mencapai kesuksesan lagi. Cerminan buat kamu supaya bisa selalu bersyukur. Dengan rasa syukur tersebut, tentunya membuat hati jadi nyaman dan hidup lebih tenang lagi. Jangan lupa, bagikan kepada orang yang membutuhkan, rekan, saudara, teman, dan orang lain. Bisa melalui pesan langsung atau unggah di media sosial.

Nggak perlu menunggu lama, yuk simak kata-kata mutiara terlengkap, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/1).


Kata-kata mutiara terbaik tentang hidup.

foto: Instagram/@kode.ig



Jangan merasa kalau kamu adalah orang yang paling sengsara. Sebab masih banyak orang di bawah sana yang punya nasib lebih sedih daripada kamu.

1. "Lakukan sesuatu. Memimpin, menjadi pengikut, atau menyingkir."
2. "Jalani setiap hari seakan itu adalah hari terakhirmu. Kerjakan setiap pekerjaan seakan kamu adalah bosnya. Perlakukan semua orang seakan mereka adalah dirimu.”
3. "Kita selalu lupa atau jarang mengingat apa yang kita miliki, tetapi kita seringkali ingat apa yang ada pada orang lain.”
4. "Jika kamu berpikir kamu terlalu kecil untuk membuat sebuah perubahan, cobalah tidur di ruangan dengan seekor nyamuk." (Dalai Lama)
5. "Hitunglah umurmu dengan teman, bukan tahun. Hitunglah hidupmu dengan senyum, bukan air mata." (John Lennon)
6. "Kamu tidak perlu menjadi luar biasa untuk memulai, tapi kamu harus memulai untuk menjadi luar biasa." (Zig Ziglar)
7. "Untuk berenang menentang arus, diperlukan ikan yang kuat. Kalau cuma mengapung, ikan mati pun bisa.” (John Crowe)
8. "Siapa yang tidak bisa memimpin dirinya sendiri, tidak akan bisa memimpin orang lain.” (Plato)
9. "Anda tidak dapat merencanakan masa depan yang akan datang berdasarkan masa lalu.” (Edmund Burke)
10. "Suatu hal yang sia – sia jika menyesali masa lalu, sebaiknya sesalilah apa yang tak aka mampu kamu lakukan di masa depan."
11. "Kadangkala seseorang memutuskan untuk menjauh bukan karena ia membencinya, tapi karena ia sedang melindungi dirinya dari luka."
12. "Perbaikilah dirimu sebelum orang lain memberikanmu maaf."
13. "Jangan membenci masa lalumu, karena ia berada di belakang dan engkau sudah melaluinya."
14. "Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari pengalaman, loyalitas, dan kegigihan." (Colin Powell)
15. "Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan." (Buya Hamka)

Loading...
2 dari 4 halaman



Kata-kata mutiara singkat untuk cinta.

foto: Instagram/@katakukatamu50



Cinta mampu bersemi di mana dan kapan saja. Cinta jugalah yang bisa membuatmu bahagia. Namun tak bisa dipungkiri, kalau cinta bisa membuat hatimu hancur berkeping-keping.

16. "Perjuangan dalam membangun dan menjaga esensi dari cinta, karena cinta bukan ditemukan melainkan ditentukan lewat kehendak untuk membangun."
17. "Tanda kedewasaan adalah ketika seseorang menyakitimu dan kamu mencoba memahami situasi mereka daripada balik menyakiti mereka."
18. "Putus asa saat cinta tak terbalas sama saja menyakiti diri sendiri,bersabarlah kamu dan buka lah asa baru untuk cinta yang lebih indah."
19. "Cinta mungkin terkadang membuatmu rapuh, tetapi berterima kasihlah kepadanya, karena cinta darinya bisa membuatmu lebih kuat dari sebelumnya."
20. "Seberapa besar pengorbanan yang ia lakukan, maka dari situlah kita akan tahu betapa besar cintanya kepadamu."
21. "Cinta ialah sebuah pupuk yang dapat menyuburkan segala rasa tandus pada hati."
22. "Cinta sejati tidak harus berarti menyatu, terkadang cinta sejati itu terpisah namun tak ada yang berubah."
23. "Kau membuatku bahagia lewat cara yang orang lain tak bisa."
24. "Cinta sejati tak selalu berjalan mulus." (William Shakespeare)
25. "Jika harus memilih, antara nafas dan cinta. Maka aku memilih nafas terakhir untuk mengatakan, "Aku cinta padamu."
26. "Selama dia bahagia, aku juga akan bahagia. Sesederhana itu."
27. "Memang akan sulit bagiku untuk melupakanmu, namun biarlah waktu yang nanti akan mengurusnya."
28. "Denganmu, hatiku telah menemukan ritmenya."
29. "Kita adalah dua insan yang saling berbeda pandangan, yang pada akhirnya Allah izinkan untuk dipersatukan."
30. "Cinta itu saling menyukai, bukan saling melukai." (Sujiwo Tejo)

3 dari 4 halaman



Kata-kata mutiara terindah untuk orangtua.

foto: Instagram/@assepp_1212



Orang yang akan setia berada di sisimu adalah orangtua. Maka dari itu, jangan pernah melupakan jasa orangtua.
31. "Nak, kamu adalah kado paling istimewa buat Ayah Ibumu."
32. "Ayah bisa membuatmu percaya diri. karena ia percaya padamu."
33. "Cinta seorang ibu itu menenangkan, dan cinta seorang ayah itu menguatkan."
34. "Sebaik-baiknya motivasi adalah doa orang tua."
35. "Disetiap doa ku, tak lupa pula aku memberikan doa terhadap kedua orang tua ku."
36. "Aura cinta seorang ibu dapat menghadirkan kedamaian. Aura cinta seorang ayah akan memberimu kekuatan."
37. "Meski bukan malaikat, ayahku adalah yang terkuat dan terhebat."
38. "Berat badanku tak seberat bebanmu, mulus kulitku, tak semulus jalanmu. I Love You, Daddy!."
39. "Uang bisa kamu cari, ilmu bisa kamu pelajari, akan tetapi kesempatan untuk membahagiakan orang tuamu jangan sampai kau lupakan."
40. "Jangan pernah kamu banggakan semua pemberian orang tuamu, tapi banggalah dengan apa yang sudah kamu berikan kepada mereka."
41. "Seburuk apa pun hari yang kau lalui, ibu akan selalu menjadi ‘rumah’ bagimu."
42. "Jangan pernah patah semangat, karena pecundang adalah mereka yang berhenti berusaha."
43. "Aku tidak akan pernah pergi dan memilih tetap disini, agar aku bisa melihat kalian tertawa, melihat kalian tua, dan akan siap jika nanti kalian membutuhkan."
44. "Orang tua rela untuk  menunda merasakan nikmat hari ini untuk melihat anaknya melihat nikmat dimasa depan."
45. "Orang tua mencintai anak-anak mereka tanpa memerlukan sedikitpun  alasan. Sedangkan anak memerlukan sejumlah  alasan untuk mencintai orang tua mereka."

4 dari 4 halaman



Kata-kata mutiara Bahasa Jawa paling keren.

foto: Instagram/@kode.ig

Ada banyak kata-kata bahasa Jawa dari para orangtua tua zaman dulu jadi bahan renungan diri. Ambil pelajaran penting dari setiap untaian kalimat yang ada.

46. "Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)
47. "Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa." (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa)
48. "Arek lanang iku kuoso milih, arek wadon kuoso nolak." (Anak laki-laku bebas memilih, anak perempuan bebas menolak)
49. "Jarene wes ikhlas de'e karo sing liyo, kok iseh ngomong 'Nek Tuhan ra bakal mbales, karma sing mbales.' Mbok wes meneng wae luwih apik." ((Katanya sudah ikhlas dia dengan yang lain, kok masih bilang 'Kalau Tuhan nggak akan membalas, karma yang balas.' Udah diam aja lebih baik)
50. "Nek pancen tresno kui kudu dijogo, ora malah keno godo karo wong liyo." (Kalau memang cinta harus dijaga, bukan malah termakan godaan orang lain)
51. "Ngapusi kui hakmu. Kewajibanku mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi." (Berbohong itu hakmu. Kewajibanku hanya pura-pura tidak tahu kalau kamu berbohong)
52. "Nek Wis Niat Kerjo IKu,Ojo Golek Perkoro, Nek wes diniati golek rejeki iku Ora Usah Golek Rai." (Kalu sudah mendaptan pekerjan itu jangan cari perkara, kalau sudah diniati cari rejeki tu tidak usah cari muka)
53. "Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan." (sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi)
54. "Urip iku koyo kopi, yen ndak iso nikmati rasane panggah pait." (Hidup itu bagaikan secangkir kopi, Jika kalian tidak bisa menikmatinya yang dirasan hanyalah pait)
55. "Ra sah ngaku konco kenthel nek pas awor aku atimu isih grundel." (Tidak usah mengaku teman kalau ketika bertemu hatimu masih mengganjal)
56. "Gak usah macak sok polos ndek ngarepku. Lek kenyataane sikapmu koyok asu." (Tidak perlu pura-pura polos di depanku. Kalau kenyataannya sikapmu seperti anjing)
57. "Ampun mbedakakekn marang lintune." (Jangan membeda-bedakan sesama, hargai perbedaan)
58. "Guyon ora popo, sing penting ojo jotos-jotosan, yo!" (Bercanda tidak apa-apa, yang penting jangan hantam-hantaman, ya!)
59. "Pusaka ingkang paling sekti iku dudu tombak,pedang lan keris,pusaka kang paling sekti yaiku dumunung ing jati diri." (Pusaka yang paling sakti bukanlah tombak, pedang ataupun keris tapi terletak dalam diri sendiri)
60. "Gusti paring mergi kangge tyang ingkang purun teng merginipun." (Tuhan akan memeberikan jalan, bagi mereka yang mengikuti jalan kebenaran)