Brilio.net - Hubungan antarmanusia itu memang rumit. Terkadang membawa kebahagiaan dan bisa saling membantu. Namun tak jarang juga jalinan itu membuat kamu merasakan kesedihan. Adanya salah paham, permasalahan, sikap ego, amarah, membuat hubunganmu dengan orang lain bisa renggang.

Jika kamu tak ingin hubungan semakin buruk. Baik dia atau kamu harus ada yang minta maaf. Kata 'maaf' memang mudah untuk diucapkan, tapi sulit dilakukan. Tak semudah membalikkan tangan.

Acap kali terselip rasa gengsi yang membuat kata itu tidak bisa sampai. Begitu pula dengan kata 'memaafkan'. Kata memaafkan juga bukan perkara gampang lho. Apalagi mengingat perbuatannya yang telah melukai hatimu.

Namun kembali lagi pada kepentingan diri sendiri. Apa fungsinya menyimpan amarah kepada orang lain. Jika sifat itu bakal membuatmu lebih menderita. Rasa benci, amarah, dan dendam hanya akan melukai diri sendiri. Sebab itu, pergunakan ketulusan hatimu untuk memaafkan dia.

Bantulah hatimu untuk memaafkan, meski ia belum meminta maaf sekalipun. Sebab memaafkan orang lain akan terasa berat apabila tidak berasal dari hati.

Yuk simak kata-kata bijak tentang memaafkan kesalahan seseorang, supaya hati kamu lebih sabar dan berjiwa besar. Berikut rangkuman kata-kata bijak memaafkan, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (8/7).


Kata-kata bijak memaafkan kesalahan orang lain.

bijak memaafkan seseorang instagram

foto: Instagram/@tereliyewrite


Setiap orang itu akan melalui proses belajar. Salah satunya adalah belajar memaafkan kesalahan orang.

1. "Kemarahan membuatmu lebih kecil, sementara memaafkan memaksamu untuk berkembang melampaui dirimu sebelumnya."

2. "Memaafkan orang yang sudah mendzalimi dan menyakiti kita ialah menolong diri kita sendiri biar kita bisa melepaskan diri dari rasa marah, kecewa, benci, dan dendam."

3. "Tak perlu bersusah payah untuk membalas dendam, cukup maafkan setiap kesalahan. Karena memaafkan adalah pembalasan yang terbaik."

4. "Memaafkan, kadang-kadang bukan karena kita terlalu baik tetapi kerana hati tak mampu lagi diisi dengan kebencian. Hidup terlalu singkat untuk diisi dengan benci dan buruk sangka sesama kita."

5. "Ketika kamu memaafkan seseorang, Tuhan akan membuatmu melupakan kesalahan orang tersebut."

6. "Memaafkan adalah kemenangan terbaik."

7. "Jangan sesekali mencari ilmu melupakan. Cobalah ganti dengan memaafkan; bonusnya biasanya lupa begitu saja tanpa direncanakan."

8. "Lisan saja tidak cukup untuk memberi maaf. Perlu hati juga untuk memaafkan. Sehingga tulus adanya."

9. "Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat jelek biarlah ia yang menanggungnya." -(HR Abu Daud)

10. "Agar hatimu tenang, mulailah memaafkan dan menyadari bahwa terkadang seseorang bisa saja melakukan kesalahan."

11. "Sebab perempuan banyak memaafkan meski tak bersalah, alasannya ialah ia ingin bersama bukan berpisah."

12. "Untuk mencintai, kamu harus memiliki kekuatan. Kekuatan melawan amarah dengan kesabaran dan kekuatan memaafkan dengan ketulusan."

13. "Dua orang tidak bisa berteman lama jika mereka tidak bisa saling memaafkan satu sama lain."

14. "Memaafkan adalah proses membangun kekuatan. Maafkanlah orang yang telah melukaimu, jadilah kepribadian yang kuat dan penyayang."

15. "Saat kau memaafkan orang lain, berarti kau telah memulihkan hati dua orang sekaligus. Hati dia yang berbuat salah, dan hatimu yang ikhlas menerima."

16. "Memaafkan itu harus tapi tidak melupakan agar jadi pelajaran dan tidak terulang."

17. "Pengampunan mengatakan bahwa kamu diberikan kesempatan lain untuk membuat awal yang baru."

18. "Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan. memaafkan adalah sifat orang perkasa."

19. "Orang yang berani dan mau memaafkan menandakan dirinya memiliki pribadi yang berkualitas serta berhati teduh."

20. "Memaafkan belum tentu membuat kita lebih baik atau bahkan merasa lebih baik tetapi yang jelas membuka jalan kebaikan."


Kata-kata bijak memaafkan kesalahan orang yang telah menyakiti hati, penuh makna.

bijak memaafkan seseorang instagram

foto: Instagram/@ruangekspresi12

Meskipun tak serta merta amarah akan hilang, tapi kamu tidak akan bahagia jika masih menaruh dendam. Renungi apa yang akan terjadi jika kamu terus memegang teguh egomu.

21. "Memaafkan adalah kunci untuk memutuskan rantai kebencian."

22. "Memaafkan memang tidak gampang, namun kalau tidak dilakoni hidup niscaya menjadi susah."

23. "Memaafkan bukan melupakan.  Memaafkan itu melepaskan rasa sakit."

24. "Akan selalu ada orang yang meminta maaf, bukan karena dia salah tapi karena dia tak mau memperpanjang masalah."

25. "Ketika kita memaafkan orang lain, sebenarnya kita telah membiarkan luka hati kita sembuh dengan lebih cepat."

26. "Meminta maaf bukan berarti kamu salah dan orang lain benar, namun karena hatimu memiliki nilai yang lebih tinggi dari egomu. Dan mengalah bukanlah suatu kekalahan."

27. "Tidak ada cinta tanpa sikap memaafkan, dan tidak ada sikap memaafkan tanpa cinta."

28. "Perempuan itu mudah memaafkan, susah melupakan. Sementara laki-laki mudah minta maaf, mudah mengulangi." -Raditya Dika

29. "Biarlah benci berlalu menjadi maaf. Tak semua salah harus dipendam dalam lubuk hati. Biarkan hatimu lapang oleh rasa memaafkan."

30. "Maafkanlah, ringankan harimu dari beban karena tidak memaafkan. Hati ringan, hidup bahagia."

31. "Kita masih mencintai diri sendiri bahkan setelah kita berbuat begitu banyak kesalahan, lalu apa alasan kita membenci orang lain hanya karena satu atau dua kesalahan yang telah mereka perbuat?" –Mufti Ismail Menk

32. "Mereka yang tidak bisa memaafkan orang lain, menghancurkan jembatan yang akan dilewatinya."

33. "Tidak pernah ada orang yang terlalu benar, dan terlalu salah, karena kita bisa belajar dari semua kejadian, apapun itu."

34. "Untuk setiap orang yang kamu maafkan, kamu berarti telah menyembuhkan setiap lukamu sendiri."

35. "Memaafkan adalah hadiah yang terbaik bagi dirimu sendiri saat engkau disakiti."

36. "Ketika kesalahan masa lalu terus mengganggu, kamu harus memaafkan dirimu dengan menerima kesalahanmu dan kesalahan orang lain terhadapmu."

37. "Jadilah seperti bunga yang memberikan keharuman bahkan kepada tangan yang telah menghancurkan keindahannya." –Ali bin Abi Thalib

38. "Hati akan menemukan kedamaiannya saat kita mampu memaafkan. Jadilah pribadi yang anggun di atas ketulusan."

39. "Sebelum beranjak tidur di setiap malamnya, maafkanlah semua orang, dan tidurlah dengan hati yang bersih."

40. "Kamu memaafkan seseorang bukan karena kamu lemah, tapi karena kamu cukup kuat untuk tahu bahwa tak ada yang sempurna, mereka bisa lakukan salah."


Kata-kata bijak memaafkan kesalahan demi menenangkan hati.

bijak memaafkan seseorang instagram

foto: Instagram/@dapoer.kata


Setelah sabar, memaafkan, lalu ikhlas. Sulit dilakukan, tapi percayalah semua akan lebih indah dengan tiga hal itu.

41. "Orang yang paling sabar di antara kamu ialah orang yang memaafkan kesalahan orang lain padahal dia berkuasa untuk membalasnya." -HR Baihaqi

42. "Saat kita mampu memaafkan dan tersenyum pada orang yang menyakiti kita, saat itulah kita memastikan bahwa kita lebih baik darinya."

43. "Hubungan akan semakin kuat saat kau dan dia mau memahami kesalahan dan tidak gengsian untuk saling memaafkan."

44. "Apabila kamu ingin Allah mengampuni dosa-dosa, maka maafkanlah orang yang berbuat salah kepadamu. Karena balasan itu sesuai dengan jenis amal perbuatan."

45. "Jadilah manusia yang selalu memaafkan kesalahan orang lain dan meminta maaf jika melakukan kesalahan kepada orang lain agar hati selalu tenang."

46. "Kita harus selalu belajar memaafkan, belajar menerima bahwa orang lain bisa gagal dipercaya, sama seperti diri kita juga."

47. "Memaafkan memang tak akan mengubah masa lalu, tapi pasti akan mempermudah masa depan."

48. "Orang yang salah pun berhak punya kesempatan sekali lagi, untuk menutupi kesalahannya."

49. "Jangan membalas dengan keburukan terhadap orang yang telah berbuat buruk kepadamu, akan tetapi balaslah dengan pemberian maaf dan kebaikan."

50. "Belajarlah untuk bisa memaafkan kesalahan orang lain. Hidup terlalu singkat hanya untuk mendendam. Sabar, maafkan, dan lupakan."

51. "Atribut terbaik yang bisa dimiliki seorang mukmin adalah sifat memaafkan." -Hasan Al-Bashri

52. "Memaafkan kesalahan berarti membebaskan hati dari kegelisahan."

53. "Maafkanlah mereka, bahkan jika mereka tidak menyesali perbuatannya."

54. "Mencoba mengawali tidur dengan memaafkan banyak hal yang sudah terjadi. Entah kenapa tiba-tiba semuanya terasa ringan. Tanpa beban."

55. "Jika yakin benar, memandanglah dari sudut pihak yang salah, maka benarmu jenis benar yang tak sampai menyakiti orang lain."

56. "Bersukurlah jika ada yang memberi luka dan air mata, karena dari merekalah kita belajar memaknai arti ketulusan dalam mengampuni dan melupakan."

57. "Kadang lebih mudah memaafkan mereka yang berbuat salah daripada memaafkan mereka yang berkata benar. Kejujuran kadang menyakitkan."

58. "Berapa kali kita harus memaafkan seseorang? Yaitu sebanyak kamu mengharapkan Allah memaafkanmu."

59. "Hanya mereka yang kuat yang mampu mengucapkan kata maaf, namun bagi mereka yang mampu memaafkan adalah orang yang lebih kuat."

60. "Cinta yang besar bisa berubah menjadi kebencian yang besar, butuh kebesaran hati untuk memaafkan, menyadari bahwa hidup harus terus berjalan."