Brilio.net - Semua orang pasti pernah melakukan salah, tapi kayaknya cuma sedikit sih yang berani mengaku dan meminta maaf. Apalagi cowok, gengsinya itu lho! Buat kamu mungkin sepele, tapi sebenarnya cewek yang menerima permintaan maafmu bisa memperpanjang usianya lho. Serius?

Yap! Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Massachussetts Medical School di Worcester, Amerika Serikat, seperti dikutip brilio.net dari Telegraph, Rabu (29/4).

Menurut para peneliti, perempuan yang mengalami perlakuan kasar atau menyakitkan dari orang lain bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah yang bisa memicu risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Tapi ketika perempuan menengar kata 'maaf', ternyata bisa menurunkan tekanan darahnya, bahkan bisa kembali normal 20 persen lebih cepat. Sebaliknya tekanan darah laki-laki akan 20 persen lebih lambat untuk pulih setelah mendengar permintaan maaf setelah mendapat perlakuan tak nyaman.

Penelitian yang melibatkan 29 orang laki-laki dan 59 orang perempuan ini dilakukan dengan mengukur tekanan diastolik mereka. Para responden dibagi ke dalam kelompok dan secara indvidu mengerjakan beberapa tes dengan beberapa kali juga dilakukan interupsi sambil marah dan memaksa untuk segera diselesaikan.

Tekanan darah diastolik sendiri adalah tekanan dalam darah antara detak jantung atau tekanan dalam arteri-arteri karena jantung istirahat setelah kontraksi. Jika terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan kemungkinan stroke atau serangan jantung. Serem ya? Makanya perempuan itu kudu disayangi, jangan dijahatin!

Loading...