Brilio.net - Pernikahan adalah momen bahagia sekaligus sakral bagi sepasang insan. Bisa dikatakan, pernikahan adalah tingkat tertinggi dalam sebuah hubungan antara dua manusia yang saling mencintai. Tiap daerah tentu memiliki ciri khasnya dalam pernikahan. Yang jelas, hampir semua pernikahan biasanya terdapat mahar.

Belakangan ini, dunia maya digemparkan dengan adanya beberapa pernikahan dengan mahar yang sangat sederhana. Bagi mayoritas masyarakat, mahar biasanya identik dengan emas ataupun barang bernilai lain. Namun beberapa pasangan yang menikah ini justru menggunakan mahar sederhana. Hal tersebut pun seketika viral.

Sebagian orang merasa haru dengan ketulusan sang perempuan lantaran menerima pemberian mahar yang sederhana tersebut. Namun tidak jarang warganet yang getir ataupun menganggap bahwa pernikahan tersebut rekayasa.

Nah, kira-kira seperti apa saja, ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/7).

1. Menikah dengan mahar menggunakan sandal jepit dan air putih.

Loading...

foto: Facebook/ Sasaq Channel

foto: YouTube/ Lombok Milenial

Baru-baru ini, pasangan asal Lombok viral lantaran menikah dengan mahar sandal jepit. Lelaki yang bernama Yudi tersebut resmi mempersunting perempuan bernama Helmi. Keduanya melangsungkan akad nikah pada Jumat (3/7).

2. Menggunakan es cendol sebagai mahar.

foto: Facebook/ Tempat Kumpulnya Pahlawan Devisa Diseluruh Dunia

Cinta memang tidak memandang harta. Pasangan asal Lampung Timur bernama Cicih Jayanti dan Muhamad Rohman telah menikah pada 30 Januari 2019 lalu. Yang membuat viral, sang lelaki meminang kekasihnya dengan mahar berupa es cendol.

3. Mahar uang Rp 16 ribu dan tiga butir telur ayam kampung.

foto: Facebook/ FAKTA

Pasangan asal Lombok NTB lainnya bernama Agus Riadi dan Rosiana juga sempat viral. Pernikahannya yang diadakan pada bulan Juni 2019 lalu viral lantaran hanya menggunakan uang Rp 16 ribu dan tiga butir telur ayam kampung sebagai mahar.

4. Pisang goreng, teh hangat, dan uang sebesar Rp 25 ribu sebagai mahar.

foto: Facebook/ Hadis Shahih

Rizki Ramadhan selaku mempelai pria asal Kendari, Sulawesi Tenggara, menikahi kekasih tercintanya dengan mahar Rp 25 ribu dan pisang goreng, serta teh hangat. Pernikahan mereka pun sempat menghebohkan publik lantaran kesederhanaan mahar.

2 dari 2 halaman

5. Mengikat janji suci dengan mahar segelas air putih.

foto: Facebook/ Al Furqon

Pernikahan mahar sederhana juga terjadi di Aceh. Seorang pegawai honorer di KUA Singkohor, Aceh, menikahi kekasihnya hanya dengan mahar segelas air putih. Keduanya melakukan proses pernikahan di Kampung Pea Jambu pada Maret 2016 silam.

6. Tidak mahal, mahar hanya 500 perak alias Rp 500.

foto: Facebook/ Arya Saun Jaya

foto: Facebook/ Arya Saun Jaya

Seorang pengguna Facebook bernama Arya Saun Jaya mengunggah momen pernikahan dirinya dengan sang kekasih. Diketahui, pasangan tersebut menikah di Bekasi. Ia menulis bahwa mahar untuk menikah sebenarnya tidak perlu mewah agar tidak memberatkan calon suami.