Brilio.net - Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan, manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia akan selalu membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan sesuatu. Meskipun kamu menjadi orang yang mandiri, selalu ada peran orang lain yang bisa memperlancar kegiatanmu.

Keberadaan orang lain juga bisa memberikan pengaruh besar untuk keberhasilanmu. Jadi jangan sampai kamu lupa dengan peran orang-orang yang sudah ikut membuatmu menjadi sukses.

Sukses nggak hanya soal pekerjaan ataupun pendidikan. Keberhasilan ini bisa dalam berbagai bentuk, dari sederhana hingga yang rumit. Mulai dari orangtua sampai rekan kerjamu akan memiliki peran tersendiri dalam mendukung kesuksesanmu.

Sebagai umat muslim salah satu cara untuk menghargai bantuan orang lain adalah dengan cara bersilaturahmi. Mengingat apa yang sudah diberikan orang lain, dengan cara menjaga hubungan agar tetap baik.

Sesuai dengan pengertiannya, silaturahmi berasal dari kata shilah yang artinya hubungan dan rahim artinya kerabat. Rahim sendiri juga bersal dari Ar Rahmah yang berarti kasih sayang. Sehingga sering disebut dengan berkasih sayang atau menjalin kekerabatan pada istilah silaturahmi. Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda,

Loading...

“Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi”. (HR Bukhari).

Silaturahmi bisa dilakukan kapan saja. Namun menjalankan silaturahmi di momen Lebaran, sekaligus menjalankan salah satu keistimewaan dari bulan Syawal. Nah maka akan ada banyak kenikmatan yang bisa kamu rasakan dengan menjalankan silaturahmi.

Manfaat yang bisa kamu peroleh dari silaturahmi nggak cuma untuk di dunia, tapi hingga di akhirat kelak. Nah sebenarnya apa saja sih manfaat dari Silaturahmi ini? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan brilio.net pada Selasa (19/5) berikut ini.

1. Mendekatkan diri pada Allah SWT.

Manfaat Silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika Lebaran tiba rasanya suasana silaturahmi terasa begitu kental. Apalagi salah satu tradisi masyarakat Indonesia setelah menjalankan sholat Idul Fitri adalah melakukan silaturahmi dengan keluarga atau tetangga. Berkunjung ke rumah satu sama lain, dilakukan untuk meminta maaf atas perbuatan yang sudah dilakukan. Dengan begitu, diharapkan kedua belah pihak bisa saling membersihkan hati masing-masing dari rasa dendam.

Dengan melakukan silaturahmi sebenarnya kamu juga sekaligus mendekatkan diri pada Allah. Menjaga hubungan baik ini juga jadi salah satu bentuk ketakwaan seorang hamba kepada sang pencipta. Dalam hadits riwayat Ahmad yang berbunyi, Sabda Rasulullah,

“Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (Hadis Riwayat Ahmad).

2. Menjadi kunci naik surga.

Manfaat Silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Dalam hadits di atas, memberikan penjelasan bahwa Allah menjanjikan pahala bagi siapa yang menjaga dan menjalin silaturrahmi antar sesama hambaNya. Cara ini juga menjadi jalan untukmu dalam meraih surga Allah kelak. Sebagaimana tertuang dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim berikut:

“Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

3. Memperluas rezeki.

Manfaat Silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kamu tahu nggak sih, silaturahmi lebih dari sekadar saling memaafkan. Melakukan silaturahmi dengan sesama memberikan manfaat yang jauh lebih besar dalam kehidupanmu. Dengan menjaga hubungan silaturrahmi dengan kerabat bahkan sanak saudara, Allah akan memperluas rezeki seorang hamba-Nya.

Dengan menjaga tali silaturrahmi juga akan memudahkan kita untuk membantu kerabat yang sedang dalam kesusahan dan membutuhkan bantuan. Karena bagi seorang muslim yang meringankan beban saudaranya akan mendapatkan limpahan rezeki dari Allah SWT. Sebagaimana yang diungkapkan dalam sabda Rasulullah,

“Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Tirmidzi)

4. Memperluas persaudaraan.

Manfaat Silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Menjalankan silaturahmi nggak harus dilaksanakan ketika bulan Syawal saja. Kamu bisa kok melakukannya kapanpun dan dengan siapapun. Menjalin silaturahmi dengan sesama manusia perlu dilakukan untuk memperluas persaudaraan. Saling mengenal satu sama lain, akan membawamu dalam hubungan yang bisa saling membantu.

Islam mempercayai bahwa semua adalah saudara. Nggak memandang agama dan latar belakang untuk menjalin kebaikan dengan sesama. Dengan melakukan silaturahmi akan ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan baik untuk kamu maupun orang lain.

5. Menambah ilmu.

Manfaat Silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Silaturahmi yang bisa dilakukan dengan siapa saja akan mempertemukanmu dengan saudara-saudara baru. Silaturahmi akan memperluas persaudaraan kita dan tentunya menambah teman atau bahkan sahabat yang bisa berbagi informasi dan saling bertukar pikiran.

Dengan luasnya hubungan persaudaraan, dan juga menjaga tali silaturahmi akan menambah ilmu kita tentang dunia bahkan akhirat melalui cerita, pengalaman hidup, bahkan pengetahuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dari pengalaman seseorang inilah kamu bisa menimba ilmu untuk kehidupan yang lebih baik.

6. Menjaga kerukunan.

Manfaat Silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika kamu melakukan silaturahmi dengan rutin, maka akan memperkecil kesalahpahaman di antara kamu dan orang lain. Menjaga hubungan baik ini bisa memberikan dampak untuk meningkatkan kedamaian dan juga kerukunan antarsesama. Ketika hubungan persaudaraan sudah semakin baik, maka akan terasah perasaan saling membutuhkan dan ringan untuk menolong orang lain.

Dengan adanya silaturahmi dapat membantu seseorang untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang memicu pertengkaran. Hidup rukun dan damai juga akan berdampak terhadap psikologis seseorang yang hidup bertetangga dan bermasyarakat. Melakukan silaturahmi nggak cuma bisa dilakukan untuk mereka yang memiliki hubungan baik.

Untuk kamu yang pernah memiliki masalah dan menimbulkan sungkan dengan orang lain, manfaatkan kegiatan silaturahmi. Dengan cara ini kamu bisa mulai untuk mendekati orang tersebut dan menjalin hubungan yang lebih baik.