Brilio.net - Tak kunjung mendapatkan pekerjaan memang sering kali membuat seseorang menjadi stres bahkan dilanda depresi. Persaingan kerja yang ketat tak dipungkiri menjadi beban pikiran tersendiri.

Selain itu, jumlah pengangguran yang relatif banyak dan lowongan pekerjaan yang terbatas jadi permasalahan utama. Sulitnya mendapat pekerjaan tentunya dirasakan oleh setiap kalangan. Dalam kondisi sulitnya seperti ini, kita sebagai umat muslim hanya bisa bersabar dan terus berikhtiar agar dapat melalui segala cobaan.

Meskipun hidup tidak melulu soal rezeki atau uang, tak dapat dipungkiri bahwa agar bisa bertahan hidup kita juga membutuhkan uang untuk membeli bahan sandang dan pangan serta mencukupi segala kebutuhan sehari-hari.

Namun bukan karena sulitnya mendapatkan pekerjaan, kita menjadi orang yang malas dan selalu mengambil jalan pintas untuk mencari uang seperti dengan mengemis atau bahkan mencuri.

Dirangkum brilio.net dari beragai sumber pada Jumat (15/5), Allah mengingatkan kita sebagai manusia untuk bekerja demi bekal hidup di dunia, serta beribadah untuk mencukupi bekal di akhirat. Seperti firman Allah dalam Alquran surat Al Qashash ayat 77.

Loading...

Doa mendapatkan pekerjaan beserta amalannya © 2020 brilio.net

"Wabtagi fiimaa aataakallaahud-daaral-aakhirata wa laa tansa nasiibaka minad-dun-yaa wa ahsing kamaa ahsanallaahu ilaika wa laa tabgil-fasaada fil-ard, innallaaha laa yuhibbul-mufsidiin."

Artinya:

"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan."

Ayat tersebut mendorong manusia untuk bekerja demi bekal hidupnya di dunia. Allah mengingatkan bahwa visi akhirat yang utama, namun tidak lupa pula dengan bekal hidup di dunia. Hidup dengan seimbang. Tidak seperti Qarun, tokoh serakah yang diceritakan dalam Al Quran karena terlalu sibuk mengejar harta dan kesenangan dunia. Sehingga ia lupa akan kehidupan akhirat yang lebih kekal dan lebih baik dari segala apa yang ada di dunia ini.

- Doa agar mendapatkan pekerjaan.

Dalam mencari pekerjaan, kita harus menyiapkan beberapa hal seperti bekal ilmu dan keterampilan yang biasanya kita tulis dalam curriculum vitae, serta di iringi dengan berdoa.

Doa mendapatkan pekerjaan beserta amalannya © 2020 brilio.net

Allahumma 'irghfir dzanbi wawassi' khuluqi wa thayyib li kasabi wa qanni'ni bima razaqtani wala tadzhab qalbi ila sya'in sharraftahu 'anni."

Artinya:

"Ya Allah ampunilah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, barilah untukku pekerjaan yang baik, jadikan aku puas merasa apapun yang engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah engkau palingkan dariku."

Doa mendapatkan pekerjaan beserta amalannya © 2020 brilio.net

"Allahumma inni as aluka ilman naa fi'an warizqan toyyiban wa amalan mutaqabbal."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima." (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

Doa mendapatkan pekerjaan beserta amalannya © 2020 brilio.net

"Allahummaghfirlii ndanbii, wawassi' liifii khuluqii, watoyyib likasbii, waqonni'nii bimaa qosamtalii, wa laa tadhub binafsii ila say 'in qodshoroftahu ana."

Artinya:

"Ya Allah, ampunillah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku. (HR. Ibnu An-Najjar)."

Doa mendapatkan pekerjaan beserta amalannya © 2020 brilio.net

"Allahumma laa sahla illamaa ja'altahu sahlan wa anta taj'alu hazna inaa si'ta syahlan."

Artinya:

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225).

Doa mendapatkan pekerjaan beserta amalannya © 2020 brilio.net

"Allahummaftahlana abwabal khaira wa abwabil barakati wa abwabin ni'mati wa abwabil quwati wa abwabishihati wa abwabissalaamati wa abwabil jannati."

Artinya:

"Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah."

Doa mendapatkan pekerjaan beserta amalannya © 2020 brilio.net

"Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khairin faqr."

Artinya:

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan."

- Amalan-amalan agar mendapat pekerjaan.

Selain berdoa, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan agas segera mendapatkan pekerjaan yaitu sebagai berikut:

1. Mengerjakan sholat sunnah hajat.

Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dapat dikerjakan ketika kita memiliki sebuah hajat. Dengan mengerjakan sholat sunnah hajat, seseorang dapat mengungkapkan kepada Allah beberapa hajat yang ingin dicapai seperti membutuhkan pekerjaan atau sedang mencari kerja.

2. Berdzikir setelah sholat.

Setelah menunaikan ibadah sholat, baik fardhu maupun sunnah jangan lupa untuk berdzikir. Dengan berdzikir kita dapat mendekatkan diri kepada Allah dan memperbesar peluang kita untuk segera dikabulkan doanya.

3. Bertawakal kepada Allah.

Setelah kita berusaha untuk kesana kemari mencari pekerjaan, jangan lupa untuk bertawakal kepada Allah. Bertawakal, bersabar dengan tetap khusnudzan kepada Allah.

4. Jangan bersikap malas.

Ketika kita ingin mendapatkan pekerjaan, kita dilarang untuk bermalas-malasan. Apabila hal yang diinginkan itu masih belum tercapai, maka jangan berhenti untuk terus berjuang mendapatkannya. Karena menuju sebuah kesuksesan itu tidaklah instan dan terkadang membutuhkan waktu yang lama.

5. Meminta doa dan memohon restu kepada orangtua.

Meskipun orangtua selalu mendoakan agar anaknya mendapatkan apa pun yang terbaik dalam hidupnya. Namun, tidak ada salahnya jika kita secara khusus meminta doa keduanya agar dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan dan mendiskusikan dengan orangtua pekerjaan seperti apa yang harus dicari.