Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, cinta dapat diartikan dalam berbagai konteks. Setiap insan bisa mengalami perasaan yang berbeda.

Nabi Muhammad sendiri menggambarkan ciri-ciri sebuah cinta adalah ketika seseorang lebih suka berbicara dan berbincang dengan yang dicintainya, lebih suka berkumpul atau dekat dengan yang dicintainya, serta lebih suka mengikuti kemauan atau memberi yang diinginkan oleh yang dicintainya.

Jika kita mencintai seseorang, dan berharap seseorang tersebut juga mencintai kita, maka pastikan dahulu cintamu kepada Allah lebih besar daripada cintamu kepada makhluk-Nya. Jika kita mencintai Allah, kita haruslah mengutamakan Allah di atas segala kepentingan keduniaan.

Cinta yang salah sering kali membuat seseorang jadi buta. Segala cara di tempuh agar orang yang dicintai dapat membalas cinta kita. Bahkan, ada yang sampai berani menyekutukan Allah dengan cara pergi ke dukun.

Perbuatan tersebut sudah pasti tidak akan pernah dirihoi oleh Allah karena musyrik.

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (14/5), larangan mempersekutukan Allah tersebut terdapat dalam Alquran surat Az-Zumar ayat 65.

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

Wa laqad uhiya ilaika wa ilallaziina ming qablik, la'in asyrakta layahbatanna 'amaluka wa latakunanna minal-khaasiriin

Artinya:

"Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi."

- Doa agar seseorang mencintai kita

Dicintai seseorang memang dapat memberikan kepuasan batin tersendiri, namun dalam mewujudkannya bukan menjadi hal yang mudah. Apalagi jika seseorang yang kita cintai tersebut tidak memiliki perasaan serupa dengan kita.

Maka dari itu, kita sebagai umat muslim alangkah baiknya membuat orang jatuh cinta kepada kita lewat kekuatan doa yang selalu dipanjatkan pada Allah SWT, seperti yang sudah dijelaskan dalam surat Ghafir ayat 60.

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

wa qaala rabbukumud'unii astajib lakum, innallaziina yastakbiruna 'an 'ibaadatii sayadkhuluna jahannama daakhiriin

Artinya:

Akan tetapi, Pemelihara kalian berkata, "Mohonlah kepada-Ku, [dan] Aku akan menjawab kalian! Sungguh, orang-orang yang terlalu angkuh untuk menyembah-Ku akan memasuki neraka, (dalam keadaan) sangat hina!"

Ayat tersebut menjelaskan bahwa apa yang kita mohon kepada Allah, akan dijawab dan dikabulkan oleh Allah. Maka, berdoalah agar orang yang kamu cintai juga mencintaimu.

Doa-doa saat jatuh cinta

1. Surat Yusuf ayat 4

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

Iz qaala yusufu li'abiihi yaa abati innii ra'aitu ahada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra'aituhum lii saajidiin

Artinya:

"(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku."

2. Surat Ali Imran ayat 4

Uyyina lin naasi hubbusy syahawaati minan nisaa'i wal baniina wal qanatiiril muqantarati minaz zahabi wal fiddati wal khailil musawwamati wal an'aami wal hars, zaalika mataa'ul hayaatid dun yaa, wallaahu 'indahuu husnul ma'aab

Artinya:

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)."

3. Surat Yasin ayat 36

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

Subhaana alladzii khalaqa al-azwaaja kullahaa mimmaa turbitu al-ardhu wamin anfushim wamimmaa laa ya'lamuuna

Artinya:

"Maha suci Allah yang menciptakan pasangan – pasangan semua, baik apa di tumbuhkan oleh bumi serta dari mereka maupun dari apa tidak mereka ketahui."

4. Surat Al A'raf ayat 154

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

Wa lammaa sakata 'am musal-gadabu akhazal-alwaaha wa fii nuskhatihaa hudaw wa rahmatul lillaziina hum lirabbihim yar-habun

Artinya:

"Sesudah amarah Musa menjadi reda, lalu diambilnya (kembali) luh-luh (Taurat) itu; dan dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat untuk orang-orang yang takut kepada Tuhannya."

5. Surat An Nur ayat 26

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

Al-khabiisaatu lil khabiisiina wal khabiisuna lil khabiisaat, wat-tayyibaatu lit tayyibiina watt tayyibuna lit-tayyibaat ulaa'ika mubarra'una mimmaa yaqulun, lahum magfiratuw wa rizqun karm

Artinya:

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."

6. Surat Al Anbiya ayat 89

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

Wa zakariyyaa iz naadaa rabbahu rabbi laa tazarnii fardaw wa anta khairul-waarisiin

Artinya:

"Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik."

Doa cepat dapat jodoh

1. Diucapkan laki-laki

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibtan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya:

"Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat."

2. Diucapkan perempuan

Doa agar orang lain dapat mencintai kita menurut ajaran Islam © 2020 brilio.net

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban watakuuna shoohiban lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya:

"Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat"

Tips agar dicintai manusia karena Allah

1. Tunjukkan kecintaanmu kepada Allah

Sebelum menunjukkan kecintaan kita kepada sesama manusia, kita harus menunjukkan kecintaan kita kepada Allah terlebih dahulu. Jika kita kepada Allah maka sudah pasti Allah juga akan cinta kepada kita dan memudahkan apa yang kita mau dan kita butuhkan

2. Jadilah orang yang selalu tersenyum

Seperti Rasulullah yang selalu tersenyum saat bertemu dengan para sahabat. Senyumlah karena senyum bagian dari ibadah yang dapat menghibur orang lain ketika melihat senyuman kita.

3. Selalu peduli dan perhatian kepada sesama

Rasulullah SAW tidak pernah memalingkan wajah dan badannya ketika orang lain menyapanya atau mengajaknya berbicara.

Abdullah bin Mas'ud RA, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi." Ada seseorang bertanya, "Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?" Beliau menjawab, "Sesungguhnya Allah itu Indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain." (HR Muslim)

Kita dapat belajar dari Rasulullah yang selalu peduli dan perhatian kepada sesama manusia. Dan dalam hadits di atas juga menjelaskan bahwa orang yang sombong, selain tidak disukai oleh sesama manusia juga tidak disukai oleh Allah.