Brilio.net - Perkembangan zaman beriringan dengan semakin dinamis mobilitas masyarakat. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus turut mendukung perubahan yang terjadi di masyarakat. Salah satu perubahan yang mencolok, khususnya di daerah perkotaan ditandai dengan masifnya gedung pencakar langit.

Gedung dengan belasan hingga puluhan lantai berjajar di kota-kota besar. Seiring dengan kemunculan gedung pencakar langit, tentu keamanan dan akses penggunaan tak luput jadi perhatian. Untuk memudahkan mobilitas dalam gedung pencakar langit, eskalator atau elevator hadir untuk membantu perpindahan antarlantai.

Bicara soal lift atau elevator, beberapa gedung pencakar langit memiliki kecepatan yang nggak biasa. Lift yang dimiliki gedung ini diklaim tercepat di dunia. Gedung mana saja yang memiliki lift tercepat? Dilansir brilio.net Selasa (10/4) dari berbagai sumber, inilah enam gedung tinggi dengan lift tercepat di dunia.

1. Taipei 101

Lift tercepat di dunia © 2019 brilio.net

foto: taipei-101.com.tw

Tinggi Gedung Taipe 101 mencapai 509 meter. Gedung yang terletak di Distrik Xinyi, Taipei memiliki 101 lantai dengan jumlah lima rubanah. Untuk memudahkan akses orang yang beraktivitas di gedung tersebut, penyedia gedung melengkapi dengan lift yang memiliki kecepatan tinggi.

Lift yang berada di Taipei 101 ini diklaim memiliki kecepatan nomor satu di dunia. Kecepatan lift tersebut, dalam satu menit dapat bergerak hingga 1.010 meter.

2. Yokohama Landmark Tower

Lift tercepat di dunia © 2019 brilio.net

foto: yokohamajapan.com

Gedung Yokohama Landmark Tower merupakan gedung tertinggi kedua di Jepang. Gedung ini mempunyai 70 lantai dengan tinggi lebih dari 290 meter. Elevator atau lift yang digunakan di Yokohama Landmark ini memiliki kecepatan 45 km/jam yang setara dengan 750 meter per menit.

3. Burj Khalifa

Lift tercepat di dunia © 2019 brilio.net

foto: burjkhalifa.ae

Salah satu gedung pencakar langit yang mempunyai lift tercepat adalah Burj Khalifa. Gedung ini berada di Uni Emirat Arab yang sebelumnya bernama Burj Dubai. Burj Khalifa diresmikan pada tahun 2010 dilengkapi dengan fasilitas canggih.

Salah satu fasilitas Burj Khalifa adalah elevator atau lift dengan kecepatan tinggi. Waktu yang ditempuh untuk melakukan perpindahan dari tanah ke atap sekitar satu menit 22 detik. Kecepatan yang dimiliki lift tersebut sekitar 600 meter per menit.
 
4. Shanghai World Financial Center

Lift tercepat di dunia © 2019 brilio.net

foto: swfc-shanghai.com

Gedung yang merupakan pusat dari segala aktivitas masyarakat Shanghai ini terdiri dari kantor, hotel, ruangan konferensi, dek pengamatan dan mal. Dalam bangunan Shanghai World Financial Center ini dilengkapi elevator atau lift dengan kecepatan 599 meter per menit. Sementara jumlah lantai dalam gedung tersebut sebanyak 101 lantai.
 
5. John Hancock Center

Lift tercepat di dunia © 2019 brilio.net

foto: archdaily.com

John Hancock Center berada di Streeterville, Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Gedung setinggi 344 meter ini mempunyai lift yang diproduksi oleh Otis. Dengan lift tersebut, cuma butuh waktu sekitar 38 detik dari lantai dasar menuju ke atap.
 
6. Jin Mao Tower

Lift tercepat di dunia © 2019 brilio.net

foto: som.com

Gedung Jin Mao Tower berdiri di tanah seluas 24 ribu meter persegi. Lokasinya dekat dengan stasiun metro Lujiazui. Gedung Jin Mao Tower ini terletak di area Lujiazui di distrik Pudong di Shanghai, China. Ketinggiannya mencapai 421 meter dan dilengkapi dengan lift yang mampu memindahkan orang dari lantai dasar hingga atap selama 46 detik saja.