Brilio.net - Latar belakang pendidikan menentukan karier kita di masa depan, walaupun memang prakteknya tidak selalu seperti itu. Namun pendidikan sangat penting untuk didapatkan atau diberikan kepada setiap orang. Setiap orang memiliki hak untuk menerima pendidikan yang layak.

Berbicara mengenai pendidikan, ada banyak jurusan yang sudah ditawarkan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Sistem pendidikan di negara kita pun sudah mengarahkan kita sejak dini untuk ke jurusan yang menjadi keinginan kita. 

Jurusan kuliah yang sangat umum diketahui kita meliputi Ilmu Ekonomi seperti Akuntansi dan Manajemen, Ilmu Komunikasi, Teknik Industri, Teknik Sipil, dan lain-lain. Namun apa jadinya jika jurusan-jurusan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Indonesia tidak ada yang sesuai dengan keinginan kita? Nah siapa sangka di beberapa kampus di dunia memiliki jurusan yang sangat unik dan kamu tertarik, berikut 10 jurusan paling unik ada di dunia yang sudah brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Selasa (9/4).

1. Edukasi Petualangan

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Jika kamu suka mendaki gunung dan suka berpetualang di alam, mungkin jurusan ini cocok untuk kamu. Jurusan ini ditawarkan oleh Plymouth State University. Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai dasar-dasar kegiatan outdoor, bahkan kamu juga belajar bagaimana menemukan jati diri dan pengembangan pribadimu di jurusan ini.


2. Pelelangan

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Hal ini berkaitan dengan uang dan berbagai sistemnya. Kamu akan belajar bagaimana membuka lelang dari awal. Tentu saja pekerjaan yang akan didapat setelah lulus dari jurusan ini adalah pelelang. Jurusan pelelangan ini ditawarkan oleh Harrisburg Area Community College di Amerika Serikat.

3. Manajemen dan Teknologi Industri Bowling

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Kamu suka olahraga bowling ? Jika iya, maka jurusan ini cocok buat kamu. Kamu akan mempelajari dasar-dasar bowling, bagaimana mengelola industri bowling, perawatan alat-alat, dan masih banyak lagi. Universitas yang menawarkan jurusan ini adalah Universitas Vincennes yang ada di Indiana, Amerika Serikat.

4. Manajemen Merangkai Bunga

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Jurusan yang satu ini ada di Mississippi State University, Amerika Serikat. Kamu akan mempelajari dari sourcing, memilih bunga yang tepat, distribusi, marketing, desain dan juga penjualan produk rangkaian bunga. kamu bisa jadi desainer dan menjadi bagian dari manajemen taman untuk hotel atau kasino dan lain sebagainya.

5. Pandai Besi

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Program studi atau jurusan ini akan menjelaskan bagaimana mengembangkan kemampuan tangan, meningkatkan nilai estetika, meningkatkan kemampuan dialog dan berpikir secara kritis, dan juga melatih keterampilan teknis. kamu bisa menemui jurusan ini di Southern Illinois University, Amerika Serikat.

Sedangkan prospek pekerjaan dari jurusan ini adalah menjadi akademisi yang bekerja di museum maupun menjadi seniman independen.

6. Ilmu Mengasuh

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Dari jurusan ini kamu akan mendapatkan berbagai ilmu mengenai pelatihan dan pengembangan anak, cara menyiapkan nutrisi yang tepat pada makanan dan minuman anak, komunikasi antara orangtua dan anak, dan juga kamu akan mendapat sertifikat pertolongan pertama pada anak. Jika kamu berminat, kamu bisa mendaftar di Sullivan University, Amerika Serikat untuk menjadi pengasuh anak profesional.

7. Industri Lintasan Balap Kuda

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Buat kamu yang suka balapan kuda, kamu bisa memasuki jurusan ini. Kamu akan mempelajari segala aspek mengenai lintasan balap kuda, manajemen lintasan, regulasi-regulasi lintasan, hingga pengembangbiakan hewan khususnya kuda. Jika kamu berminat pada jurusan ini, datanglah ke University of Arizona, Amerika Serikat.

8. Ilmu dan Teknologi Selancar

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Kamu akan belajar berselancar! bukankah itu keren ? Selain kamu belajar bagaimana berselancar, kamu juga akan mempelajari sejarah dan budaya selancar hingga bisnis selancar. Kalau kamu ingin bisa berselancar dan mendapatkan pekerjaan karena berselancar, datanglah ke Cornwall College, Inggris untuk mengambil jurusan ini.

Potensi karier yang menanti setelah lulus dari jurusan ini adalah segala pekerjaan yang memiliki hubungan dengan selancar, bisnis selancar, maupun instruktur selancar.

9. Perusahaan Keluarga

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Stetson University yang terletak di Amerika Serikat menyediakan sebuah jurusan bagi kamu yang ingin mempelajari sistem perusahaan keluarga. Dengan masuk ke jurusan ini kamu bisa membangun bisnis keluarga ataupun membantumu menjalankan bisnis keluargamu yang sudah ada. Kamu juga bisa jadi penasihat bagi pebisnis keluarga lainnya.

10. Beatles, Musik Populer, dan Masyarakat

jurusan unik © 2019 brilio.net

foto: pexels.com

Siapa yang tak mengenal The Beatles? Band legendaris ini dianggap sebagai band atau pemusik tersukses secara komersial. Namun siapa sangka bahwa ada jurusan yang mempelajari The Beatles ? Ya, memang ada. Liverpool Hope University yang terletak di kota asal band The Beatles Liverpool, Inggris ini menawarkan sebuah jurusan yang mempelajari The Beatles dan musik populer lainnya.

Kamu bisa menjadi spesialis studi musik populer ataupun sejarawan The Beatles setelah lulus dari jurusan ini.

mgg/aldorino mahendra