Brilio.net - Lift (elevator) umumnya dipakai di gedung-gedung bertingkat tinggi, biasanya lebih dari tiga atau empat lantai. Makin banyak lantai yang dimiliki suatu gedung bertingkat, tentu lift jadi angkutan transportasi vertikal yang efisien dan sangat dibutuhkan.

Nah, selain lift yang terdapat di gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan, kamu juga harus melihat lift modern lainnya yang lebih menakjubkan.

Dikutip brilio.net dari Lifebuzz, Jumat (22/7), 10 lift dari seluruh dunia ini dijamin ada yang bikin jantungmu berdegup kencang saat menaikinya.

1. AquaDom, Berlin, Germany.

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

Loading...

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

AquaDom adalah akuarium kaca silinder akrilik yang menampilkan built-in lift transparan. Fasilitas ini terletak di Radisson Blu Hotel di Berlin-Mitte. Dibuka pada tahun 2004, proyek ini menelan biaya sekitar 12,8 juta euro dan memiliki tinggi 25 meter.

Kompleks Dom Aquarée juga berisi sebuah hotel, kantor, restoran, dan akuarium Sea Life Centre. Dibutuhkan sekitar 3-4 penyelam setiap hari untuk memberi makan ikan dan membersihkan tangki.

2. Bailong Elevator, Zhangjiajie, China.

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

Bailong Elevator diakui sebagai salah satu elevator outdoor tertinggi di dunia yang berada di Tebing Wulingyuan di Zhangjiajie, China. Dengan elevator ini, meski bikin deg-degan tapi kamu bisa menikmati sensasi ketinggian tebing dengan segala keindahannya di ketinggian 1.070 kaki (sekitar 300 meter).

Konstruksi dimulai pada bulan Oktober 1999, dan tiga tahun kemudian, masyarakat baru bisa mencobanya. Beberapa orang khawatir tentang dampak lingkungan dari pembangunan lift ini. Mengingat tebing tersebut dijuluki sebagai Situs Warisan Dunia.

3. Hammetschwand Elevator, Ennetbürgen, Switzerland.

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

Lift di luar ruangan tertinggi di Eropa adalah Swiss Hammetschwand Elevator. Lift ini menghubungkan jalur batu spektakuler dengan daerah Hammetschwand yang terletak di dataran tinggi Bürgenstock menghadap Danau Lucerne. Lift dibangun pada tahun 1905 oleh sebuah hotel dan masih utuh meski melalui masa perang dunia.

Buat kamu yang merasa tertantang, kamu harus mencoba alat transportasi dengan ketinggian 1.132 meter di atas permukaan laut ini.

4. SkyView Elevator, Stockholm, Sweden.

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

Jika kamu pernah pergi ke Stockholm, pastikan untuk mengunjungi Ericsson Globe, bangunan bola terbesar di dunia. Untuk sampai ke puncak bangunan yang berbentuk separuh bola Golf ini, kamu harus menaiki lift SkyView. Lift kaca ini menempatkan penumpang pada 425 kaki di atas permukaan laut, dan di dalamnya kamu bisa melihat panorama kota Stockholm.

5. Gateway Arch, St. Louis, Missouri.

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

lift menakjubkan © 2016 brilio.net

Kamu mungkin pernah melihat landmark ini juta kali di foto, tapi kamu harus melihatnya secara langsung. Stainless steel St. Louis Gateway Arch berdiri 530 kaki di atas permukaan laut. Lift ini memegang rekor sebagai lengkungan tertinggi di dunia.

Struktur ini awalnya dirancang oleh arsitek asal Finlandia, Amerika, Eero Saarinen pada tahun 1947. Selesai dibangun pada tahun 1965 dan dibuka untuk eksplorasi umum pada tahun 1967. Untuk bisa sampai puncah Arch dibutuhkan waktu selama empat menit.

Penumpang terbagi dalam kelompok yang terdiri dari sekitar lima orang. Mereka akan masuk ke sebuah  kompartemen berbentuk telur yang memuat lima kursi dan lantai datar.

Gimana, kamu penasaran pengen nyoba naik nggak? Lift-lift berikutnya bakal bikin kamu lebih berdecak kagum kalau menaikinya.. KLIK NEXT