×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Cara menabung meski gaji pas-pasan, dijamin berhasil

View Image

0

BRILIO » Wow

6 Cara menabung meski gaji pas-pasan, dijamin berhasil

Meski terkesan susah, tapi semuanya tergantung niat kamu sedari awal. Menabung memang itu perlu.

(brl/gib)

03 / 04 / 2019 07:27

Brilio.net - Memiliki gaji kecil dan pas-pasan tidak jarang menjadi alasan seseorang kenapa tidak menyisihkan uang untuk ditabung. Memang tidak dapat dibenarkan atau disalahkan sepenuhnya, biasanya gaji yang pas-pasan sudah habis untuk pengeluaran keperluan sehari-hari.

Di sisi lain, menyisihkan uang untuk ditabung menuntut untuk dilakukan sebagai bekal finansial di hari tua. Kamu merasa berada di kondisi seperti itu nggak?

Nah, tapi ternyata selalu ada trik yang bisa kamu lakukan untuk menabung meski gajimu pas-pasan. Apa saja? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (3/4),berikut 6 cara menabung meski gaji atau pendapatanmu sekarang masih pas-pasan.

1. Siapkan minimal dua rekening.

Cara menabung meski gaji pas-pasan © 2019 brilio.net

Loading...

foto: merdeka.com

Rekening yang berbeda berguna untuk membagi dua keperluan finansial yang berbeda, yakni keperluan bulanan dan tentunya keperluan uang tabungan. Bisa saja kamu membuat lebih dari dua rekening apabila dirasa butuh menyisihkan uang untuk keperluan lain selain tabungan.

Triknya jangan buat ATM, mobile banking, atau semacamnya untuk rekening yang diperuntukkan untuk tabungan. Hal itu agar dapat menahan kamu mengeluarkan uang dari rekening tabungan. Selain itu, pilih rekening yang tidak memiliki potongan administrasi.

2. Pikir-pikir dulu kalau mau menggunakan kartu kredit.

Cara menabung meski gaji pas-pasan © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Kartu kredit memang memudahkan kita. Tapi, pikir baik-baik sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kartu kredit. Pikirkan apakah dengan menggunakan kartu kredit menguntungkan atau justru merugikan kondisi keuanganmu. Daripada harus menanggung banyak utang di kemudian hari, alangkah lebih baik jika kamu tidak menggunakannya.

3. Atur anggaran di awal bulan.

Cara menabung meski gaji pas-pasan © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Di awal bulan, atur pembagian gajimu untuk keperluan selama satu bulan ke depan. Tentu sebagian besar gajimu akan tersisih untuk keperluan sehari-hari selama sebulan.

Namun, jangan lupa sisihkan bagian dari gajimu untuk masuk ke tabungan. Mengatur anggaran bulanan sebaiknya dilakukan di awal bulan. Bahkan, lebih baik sebelum gajimu turun, kamu sudah mempunyai perhitungan anggaran apa saja yang bakal kamu butuhkan sebulan ke depan. Tentu saja hindari kebutuhan yang tidak begitu penting.

4. Mulai investasi kecil-kecilan.

Cara menabung meski gaji pas-pasan © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Gaji pas-pasan bukan berarti tidak bisa berinvestasi. Mulailah untuk mencoba investasi kecil-kecilan untuk tabunganmu ke depan. Apalagi, saat ini banyak model investasi yang tidak memerlukan modal besar, baik dengan reksa dana, emas, dan sejenisnya.

5. Catat semua uang yang masuk maupun keluar.

Cara menabung meski gaji pas-pasan © 2019 brilio.net

foto: finansialku.com

Mencatat keuangan pribadi akan sangat membantu kondisi sebenarnya untuk apakah uangmu keluar dan dari mana masuknya. Memang diperlukan kekonsistenan untuk melakukan hal ini. Triknya, langsung catat setiap transaksi yang kamu lakukan sesegera mungkin. Sebab, kalau tidak segera dicatat tentu kita akan lupa untuk apa saja kita membelanjakan uang.

Kamu bisa mencatat keuangan di buku catatan khusus, atau di handphone. Apalagi sekarang sudah banyak dikembangkan aplikasi di handphone yang dapat membantu mencatat keuangan.

6. Konsisten dan tegas dengan diri sendiri.

Cara menabung meski gaji pas-pasan © 2019 brilio.net

foto: istimewa

Inilah trik terakhir yang mungkin bagi sebagian orang paling berat dan sulit. Setelah mangatur anggaran di awal bulan dan melakukan trik-trik di atas, konsisten terhadap apa yang sudah menjadi tujuan di awal untuk menabung harus kamu ingat baik-baik.

Selain itu, tegas dengan diri sendiri perihal keuangan akan menahan kamu untuk mengeluarkan pengeluaran yang tidak perlu. Jadi gimana, kamu sudah siap untuk menabung, kan? Selamat mencoba!







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more