×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Selain menabung, ini alasan kenapa anak muda harus paham investasi

View Image

0

BRILIO » Ekonomi

Selain menabung, ini alasan kenapa anak muda harus paham investasi

foto: shutterstock.com

OJK bersama Bank BRI mencoba memasyarakatkan berbagai produk keuangan, terutama untuk kalangan anak muda.

29 / 10 / 2018 14:27

Brilio.net - Pepatah 'menabung pangkal kaya' memang benar adanya bagi anak muda. Tak hanya menabung, anak muda juga harus pandai berinvestasi. Tapi sayangnya, dunia investasi jarang bisa dijangkau oleh anak muda karena saking rumitnya.

Banyaknya produk investasi juga membuat anak muda kebingungan memilih. Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan bersama Bank BRI merayakan Bulan Inklusi Keuangan yang jatuh pada bulan Oktober setiap tahunnya. Acara ini bertujuan agar masyarakat bisa mengakses berbagai produk perbankan seperti investasi dengan lebih mudah lagi.

Mengusung tema 'Semua Inklusi, Perlindungan Pasti', acara dengan nama FinEXPO & SunDown Run 2018 digelar pada Sabtu (27/10) lalu. Tak cuma acara keuangan, ada juga fun run yang bisa diikuti masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan sarana yang baik untuk memasyarakatkan berbagai produk keuangan perbankan kepada masyarakat luas," ucap Direktur Konsumer Bank BRI Handayani.

Nggak perlu takut lagi, kamu sekarang bisa memahami berbagai produk perbankan terbaru dari Bank BRI.

Loading...

"Perlindungan bagi nasabah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya meningkatkan inklusi keuangan agar masyarakat merasa aman dan nyaman serta yakin dalam memanfaatkan berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang Bank BRI tawarkan," ujar Handayani.

Dengan adanya perlindungan nasabah dan banyaknya keuntungan, anak muda bisa lebih leluasa lagi mengatur keuangan dan masa depan. Banyak juga yang sudah memulai, lho.

Berdasarkan hasil survei nasional literasi dan inklusi keuangan pada tahun 2016 tercatat indeks literasi keuangan meningkat menjadi 29,7% dari angka 21,8% pada tahun 2013. Begitu pula dengan indeks inklusi keuangan dari sisi tingkat penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan tahun 2016 yang meningkat menjadi 67,8% dari angka 59,7% pada tahun 2013.

Dalam event ini, OJK dan BRI meluncurkan empat program inklusi keuangan dan perlindungan konsumen yang cocok untuk anak muda. Seperti apa sih program tersebut? Yuk, kita simak, Sobat Brilio.

1. Simpanan Pelajar (SimPel dan SimPel iB) Goes to School.

BRI FinEXPO & SunDown Run 2018 © 2018 brilio.net

foto: shutterstock.com

Tabungan ini khusus ditujukan kepada pelajar dengan setoran awal hanya sebesar Rp 5.000. Tabungan seperti ini tentu cocok bagi pelajar yang ingin belajar bagaimana caranya mengelola keuangan sejak dini.

2. Simpanan Mahasiswa dan Pemuda.

BRI FinEXPO & SunDown Run 2018 © 2018 brilio.net

foto: shutterstock.com

Simpanan jenis ini bisa dimiliki oleh mahasiswa dan pemuda dengan mudah lho. Setoran awalnya hanya Rp 50 ribu saja. Khusus bagi produk tabungan SiMuda, Bank BRI menyediakan berbagai program hadiah dan lucky Dip menarik bagi para pengunjung yang hadir ke Booth Bank BRI. Hadiah langsung yang ditawarkan berupa Goodie Bag bagi nasabah yang membuka rekening SiMuda dan berkesempatan mengikuti Lucky Dip dengan pilihan hadiah menarik, seperti Apple Watch dan Kamera Digital.

3. Reksa Dana Syariahku (SAKU).

BRI FinEXPO & SunDown Run 2018 © 2018 brilio.net

foto: shutterstock.com

Program investasi syariah ini khusus ditujukan untuk pelajar dan mahasiswa. Syaratnya juga mudah dan sederhana sehingga tidak menyulitkan anak muda.

4. Reksa Dana Mini Mart.

BRI FinEXPO & SunDown Run 2018 © 2018 brilio.net

foto: shutterstock.com

Program ini cocok untuk anak muda karena bisa membayar reksadana dengan berbagai pilihan lho. Kamu bisa menggunakan transfer bank, tunai, atau e-money, atau kartu debit di seluruh jaringan minimarket.

Per bulan September 2018, Bank BRI sendiri sudah mempunyai lebih dari 18,7 juta rekening program SimPel. Angka ini menunjukan bahwa anak muda sudah melek berbagai produk keuangan khususnya yang ditujukan pada pelajar dan mahasiswa.

Dalam acara ini, BRI juga menghadirkan 15 anak sekolah dasar yang berasal dari seluruh Jabodetabek. Ada berbagai program edukasi menarik seperti aktivitas menggambar dan menonton video edukasi keuangan. Ada juga kuis sederhana yang berhadiah voucher pembelian buku di Gramedia. Sebagai anak muda, kamu harus memulai merencanakan investasi sejak dini. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman berikut ini.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more