Brilio.net - Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Kamu tidak dapat hidup sendiri, butuh kehadiran seseorang di sampingmu. Baik keluarga, teman, sahabat, rekan kerja, kekasih, atau pun orang lainnya. Namun hidup bersandingan dengan orang itu tidak bisa seenaknya sendiri. Kamu harus menjadi orang yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Bermanfaat itu bisa berarti bisa jadi sosok yang dibutuhkan orang lain. Saling membantu, memberi, dan menebar kebaikan bersama. Sebab, ungkapan kasih sayang yang paling indah adalah ketika mampu berbagi kepada sesama. Tak melulu masalah uang, tapi bisa dengan ilmu dan perhatian atau kasih sayang.

Rasa pedulimu itu juga bisa diberikan kepada siapapun. Kepada orang tua, keluarga, saudara, hingga ke orang lain. Kamu tidak akan pernah tahu kapan 'bahagia' itu akan datang. Untuk itu, ketika senang itu sedang datang, jangan lupa untuk bersyukur dan berbagi. Apa sih artinya hidup di dunia yang luas ini jika hanya dinikmati sendirian?

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berbagi, salah satunya dengan menunaikan zakatmu. Dari kewajibanmu, bisa jadi manfaat juga berkah untuk sesama. Karena dalam harta yang kita miliki atau peroleh, ada hak-hak orang lain.

Zakat juga memiliki banyak manfaat untuk umat Islam. Zakat berguna untuk membersihkan harta kita, menenangkan hati, menyempurnakan iman, dan banyak lainnya. Bila kamu sudah mengeluarkan zakat, maka Allah akan mempercayakan harta lain kepada kita kembali.

Nah, bagi kamu yang berniat menunaikan zakat mal dan zakat fitrah, bisa menyalurkannya melalui donasi Dompet Dhuafa. Selain aman, Dompet Dhuafa memberikan kemudahan untuk menebar kebaikan dan berbagi dengan sesama.

 

Dompet Dhuafa_foto istimewa

foto: Instagram/@dompetdhuafaorg

Nantinya dana zakat kamu akan disalurkan melalui 130 lebih program Berdayakan Umat di Dompet Dhuafa, yang terbagi lewat berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosial budaya hingga dakwah. Yuk, tunaikan kewajiban zakat sekarang, dengan klik di sini.

Untuk menumbuhkan rasa berbagi kepada sesama, kamu juga bisa membaca  kata-kata biijak indahnya berbagi. Berikut kumpulan kata-kata bijak indahnya berbagai, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (28/4).

Kata-kata bijak indahnya berbagi kepada sesama, menghilangkan sikap cuek.

Dompet Dhuafa_foto istimewa

foto: Instagram/@dompetdhuafaorg

Jangan menunggu kaya dulu untuk rela berbagi kepada orang. Memberikan kebahagiaan kepada orang lain, rasa bahagia itu akan kembali pada kamu nantinya.

1. "Sedekah tidak akan mengurangi kekayaanmu."

2. "Ingat bahwa orang yang paling bahagia bukan orang yang mendapatkan lebih banyak, tetapi mereka yang memberi lebih."

3. "Mengucapkan kata-kata yang baik juga termasuk sedekah."

4. "Hidup tidak selalu tentang ‘memiliki’, tapi juga ‘berbagi’."

5. "Sukses tidak melulu soal harta dan tahta, tapi tentang menebar cinta, bahagia dan berbagi ilmu untuk membantu sesama."

6. "Jika kamu berinfak kepada seseorang, berterima kasihlah kepada mereka. Kamu mungkin sudah membantu memperbaiki urusan dunia mereka, tapi mereka juga memperbaiki urusan akhiratmu."

7. "Kebahagiaan tidak akan habis hanya karena anda membaginya. Ketahuilah, kebahagiaan bertambah ketika anda bersedia untuk berbagi."

8. "Satu sedekah yang tulus sama dengan seribu langkah menuju surga."

9. "Tetaplah berbagi meskipun kau merasa tak punya apa-apa. Karena kau bisa berbagi perhatian, kasih sayang, juga cinta.Tuluslah ketika berbagi."

10. "Hal yang paling berharga adalah memiliki keluarga untuk berbagi segala kebahagiaan dan kesusahan tanpa harus merasa sungkan."

11. "Berikanlah sedekah. Karena sedekah itu ibarat sungai yang mengalir. Kamu hanya akan terus memperoleh manfaat dari air bersihnya."

12. "Hidup itu indah. Seindah saat kamu bisa berbagi."

13. "Sedekah terbaik adalah sedekah yang diberikan oleh orang yang hanya memiliki sedikit."

14. "Sesungguhnya bagian terindah dalam hidup ini adalah saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain."

15. "Hidup ini bukan saling menyakiti, tetapi saling berbagi ke sesama kita."

16. "Berbagi adalah bentuk lain dari rasa bersyukur, berbagilah dengan sesama tanpa mengharapkan apapun."

17. "Berbagi rezeki dengan tulus, berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada sesama,
mengubah duka menjadi bahagia dan menambah usia."

18. "Dengan berbagi, kamu tak akan pernah kekurangan. Dan saat yang tepat untuk berbagi adalah disaat kamu dalam kekurangan."

19. "Senyum kepada saudaramu adalah sedekah."

20. "Punya harta dan ilmu jika hanya dinikmati sendiri, tidak banyak berarti. Berbagi adalah cara bersyukur tertinggi atas nikmat yang diberi-NYA."

21. "Kebahagiaan adalah ketika kau memanfaatkan hidupmu untuk berbagi dan menolong sesama."

22. "Bersedekahlah maka seribu kebaikan akan datang kepadamu."

23. "Berbagi kesedihan akan membuatnya berkurang, berbagi kebahagian akan membuatnya berlipat ganda."

24. "Sedekah adalah amal yang tidak akan putus hingga mati."

25. "Dalam hidup ini, berbagi kepada sesama memberi jiwa rasa damai. Berbagi dengan tulus tanpa pamrih memberikan perasaan suka cita."


Kata-kata bijak indahnya berbagi, jadi motivasi terus berbuat baik.

Dompet Dhuafa_foto istimewa

foto: Shutterstock.com

Berbagi hal positif kepada orang itu sangatlah sederhana. Cukup dengan memperlihatkan senyuman indah dari bibirmu, itu sudah hal yang menyenangkan.

26. "Tidak pernah ada orang yang jatuh miskin karena sedekah."

27. "Tak perlu mengharap imbalan ketika hendak berbagi. Imbalan sudah pasti kamu dapatkan, kebahagiaan, dan ketentraman hati."

28. "Cinta adalah dua hati yang saling memberi dan berbagi."

29. "Sedekah membersihkan dosa, seperti air memadamkan api."

30. "Berbagi setiap kebaikan yang dimiliki adalah cara termudah untuk disayangi, oleh sesama manusia maupun oleh Tuhan."

31. "Perjalanan hidup yang indah adalah ketika kita mampu berbagi, bukan menikmatinya sendiri."

32. "Sebaik-baiknya sedekah adalah di bulan Ramadhan."

33. "Berbagi sebuah ilmu tidak akan mengurangi kepandaianmu, bahkan menambah kewibawaanmu."

34. "Jika kita ikhlas berbagi, tanpa mengharap imbalan apapun, maka Tuhan akan menyiapkan balasan yang tidak pernah kita duga sebelumnya."

35. "Keluarga adalah tempat pertama dan terakhir untuk kita berbagi."

36. "Uang tak hanya untuk mengembangkan aset yang anda miliki, tapi juga sarana untuk berbagi
kasih."

37. "Berbagi bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri."

38. "Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan memperoleh kesempatan untuk berbagi kepada sesama."

39. "Seseorang yang berarti yaitu ketika dia tak hanya hebat untuk dirinya sendiri, tetapi juga peduli dan berbagi."

40. "Carilah kebahagiaan dan ketenangan dengan berbagi harta, pikiran, dan tenaga, juga berbagi maaf dari hatimu."

41. "Rahasia dari kebahagiaan adalah dengan banyak berbagi."

42. "Jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur. Dan berbagi adalah salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat-Nya."

43. "Berapa pun penghasilan kita hari ini, sisihkan untuk bersedekah. Bahkan, paksa diri untuk mampu berbagi setiap hari. Tak harus selalu dengan materi, bisa juga dengan jasa yang kita miliki."

44. "Berbagi kegembiraan adalah menambah rasa kebahagiaan. Berbagi kesedihan adalah mengurangi beban penderitaan."

45. "Nilai suatu hal tidak akan ada artinya, jika tidak ada ketulusan dalam memberi. Tuluslah ketika berbagi."

46. "Sangatlah berarti hidup ini ketika kita bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain, terutama dengan orang-orang yang kita sayangi."

47. "Jangan pernah merasa malu ketika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah, karena selalu ada kebaikan dalam berbagi, tidak peduli seberapa kecil yang kamu berikan." –Ali bin Abi
Thalib

48. "Hidup bukan tentang bagaimana menikmati, melainkan juga berbagi."

49. "Berbagi kesuksesan diri sendiri bukan berarti sombong, tapi agar memacu dan menginspirasi orang lain."

50. "Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah kita dapatkan."