Brilio.net - Bawang merah begitu dekat dengan keseharian banyak orang. Yap, bumbu dapur satu ini menjadi yang sangat wajib dimiliki untuk menyedapkan rasa makanan. Ternyata tak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan saja lho, bawang merah juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu. Dengan kata lain, bawang merah bisa menjadi bahan alami untuk kecantikan.

Bawang merah mengandung vitamin, antioksidan, mineral, dan rendah kalori. Tak hanya itu saja, bawang merah mentah juga mengandung senyawa sulfur yang tinggi. Kandungan yang terdapat pada bawang merah ini dipercaya sangat ampuh untuk membuat kulit glowing dan awet muda.

Wah, sepertinya ini akan sangat menguntungkan bagi orang-orang yang ingin menghemat pengeluaran membeli berbagai macam skincare. Yuk, simak beberapa manfaat bawang merah untuk kecantikan, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (27/7).

1. Meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat bawang merah untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: nykaa.com

Loading...

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bawang merah mengandung sulfur yang mampu membantu menjaga kulit agar terlihat lebih muda. Dianjurkan untuk mencuci atau membasuh wajah pada pagi hari dengan air seduhan bawang merah yang dikupas. Manfaatnya ialah dapat membuat kulit lebih sehat.

Tidak hanya itu saja, bawang merah juga bisa menyembuhkan sengatan serangga yang memerah di kulit. Caranya cukup mudah, haluskan bawang merah dan aplikasikan pada area yang terkena sengat.

2. Mengatasi noda hitam.

Manfaat bawang merah untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: naukrinama.com

Jika memiliki flek hitam atau wajah kurang bersih bercahaya, kamu bisa menggunakan masker bawang merah. Caranya, haluskan bawang merah dan kemudian tempelkan di wajah selama 15 menit. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal wajah bebas noda hitam maupun kembali cerah.

3. Mengobati peradangan jerawat.

Manfaat bawang merah untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: australianskinclinics.com.au

Jerawat menjadi musuh banyak orang, baik pria maupun wanita. Nah bagi kamu yang mengalami hal ini, cukup gunakan bawang merah untuk mengobati peradangan jerawat. Pasalnya bawang merah mengandung zat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti peradangan.

4. Mengatasi rambut rontok.

Manfaat bawang merah untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: myhairlosssolutions.com

Tidak hanya untuk kulit wajah dan area tubuh lainnya saja, bawang merah juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk mengatasi kesehatan rambut.

Jika mengalami rambut rontok, kamu cukup mengaplikasikan bawang merah dan beberapa bumbu masak lain. Caranya, cukup siapkan merica, bawang merah, dan garam.

Haluskan semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi seperti pasta. Diamkan campuran ini selama 15 menit dan lakukan dalam empat hingga lima kali dalam seminggu.

5. Mengatasi ketombe.

Manfaat bawang merah untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: wikinow.in

Ketombe menjadi hal yang sangat mengganggu. Selain mengurangi rasa percaya diri, ketombe juga terasa sangat gatal. Untuk mengatasinya, kamu cukup mencampurkan jus bawang merah dengan perasan lemon, buttermilk, dan madu. Caranya, cukup oleskan campuran bahan-bahan tersebut dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan sampo.