×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Cara memotong bawang merah tanpa bikin mata menangis

View Image

0

BRILIO » Wow

12 Cara memotong bawang merah tanpa bikin mata menangis

foto: istimewa

Sebagian orang menghindari untuk memotong bawang merah.

(brl/pep)

02 / 03 / 2019 00:11

Brilio.net - Bawang merah seolah tak pernah lepas dari kehidupan kita. Biasanya bawang merah digunakan sebagai bahan pelengkap makanan bahkan tak jarang yang menjadikannya sebagai obat. Namun sebagian orang menghindari mengolah bawang merah dengan cara memotong. Mengapa?

Pernahkah kamu merasakan perih di mata saat memotong bawang merah? saat kita mengiris bawang, senyawa yang terdapat di dalam bawang merah akan bereaksi dengan suatu enzim tertentu sehingga menghasilkan asam sulfenat.

Karena asam sulfenat bersifat tidak stabil, hal ini akan mendorong senyawa lain yakni propanetiol S-oksida menguap lebih cepat dan mudah. Uap dari propanetiol S-oksida inilah yang nantinya akan membuat mata pedih hingga seseorang menangis.

Untuk mengatasinya, simak yuk cara-cara berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (1/3).

1. Menggunakan alat potong yang tajam. Karena jika alat potong seperti pisau yang kamu gunakan itu tumpul, menurut penelitian dapat merusak sel-sel yang ada di dalam bawang merah sehingga bisa memercikkan suatu senyawa hingga membuat perih mata kamu

Loading...

2. Setelah kamu memisahkan bawang merah dari kulitnya, rendam bawang tersebut ke dalam air es. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan irislah seperti biasa.

3. Selain dengan cara merendam bawang merah, kamu dapat menyimpannya di dalam lemari es sampai beberapa saat. Setelah bawang dingin, kupaslah seperti biasa. Proses pendinginan ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang merah terpotong.

4. Salah satu cara unik mencegah keluarnya air mata saat memotong bawnag merah ialah menggigit korek api. Ambil beberapa batang saja, gigit dan potonglah seperti biasa.

5. Cara yang paling enak saat memotong bawang merah sembari menikmati permen ialah mengunyah permen karet. Hal ini dikarenakan pada saat kita mengunyah permen karet, otot wajah akan bergerak hingga dapat menangkis sel yang terpercik dari bawang ke mata.

6. Jika tidak sempat merendam atau menyimapnnya dalam lemari es, kamu bisa memanfaatkan air mengalir saat memotong. Air mengalir diklaim sebagai 'pahlawan' yang mampu membawa sel-sel pemerih mata jatuh ketempat lain

7. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The National Onion Association mengungkapkan, produksi air mata ketika memotong bawang akan berkurang jika kamu memotong bagian atasnya lebih dulu baru mengupas kulit luar.

8. Membiarkan bagian akar bawang merah tetap utuh tak terpotong. Hal ini dikarenakan ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

9. Semprotkan sedikit larutan cuka ke talenan. Larutan cuka akan menghentikan reaksi kimia yang ada dalam bawang.

10. Dengan bantuan kipas angin, matamu dapat dijauhi dari sel-sel rusak yang kepercik dari bawang merah. Tapi hati-hati ya, jangan terlalu kencang mengatur anginnya.

11. Mengoleskan jus lemon di sepanjang pisau saat akan memotongnya. Kandungan yang ada dalam lemon akan memerangi sel yang akan memerihkan mata kamu. Namun cara ini sedikit repot karena kamu harus berkali-kali mengolesnya.

12. Pilih tempat yang strategis. Strategis disini ialah tempat dengan ventilasi terbuka agar sel yang akan memerihkan matamu bisa terbawa angina sepoi-sepoi.

(mgg/chatarina lia)







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more