Brilio.net - Menanamkan pengetahuan agama kepada anak sejak kecil memang hal yang sangat penting. Memahami dasar agama sedari kecil terbilang gampang-gampang susah. Namun, saat mengajarkan anak mengenai agama khususnya agama Islam memang harus dengan cara khusus, karena yang namanya anak kadang sering bosan bila terus-terus diberi pelajaran.

Sebagai orangtua harus pintar mencari metode menarik mengajarkan anak, entah itu menceritakan kisah Nabi, sejarah Islam, doa sehari-hari, hingga mengajarkan anak membaca Alquran.

Berikut cara mudah mengajarkan anak memahami pengetahuan agama dengan baik. Orangtua wajib tahu!

1. Dengarkan ayat-ayat Alquran sejak anak dalam kandungan.

Tips belajar agama © 2019 brilio.net

Loading...

Tips belajar agama-© 2019 brilio.net/Syifa

Agar anak terbiasa dengan ayat-ayat di dalam Alquran, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memperdengarkan Alquran setiap hari. Dimulai sejak anak masih berada di dalam rahim. Jika yang paling sering didengar anak adalah Alquran, maka akan lebih mudah baginya untuk mencintai Alquran dan mempelajarinya.

2. Lakukan hal-hal baik di depan anak.

Tips belajar agama © 2019 brilio.net

Tips belajar agama-© 2019 brilio.net/Syifa

Saat memberi pengajaran kepada anak, orangtua juga harus mencontohkannya terlebih dahulu. Misalnya cara simpel ketika sebelum melakukan kegiatan harus berdoa terlebih dahulu. Ajak anak untuk ikut salat dan mengaji bersama anak.

3. Menceritakan kisah-kisah di dalamnya.

Tips belajar agama © 2019 brilio.net

Tips belajar agama-© 2019 brilio.net/Syifa

Untuk membuat si kecil memahami tentang agama, orang tua perlu mengenalkan kisah nabi dan sejarah Islam. Orang tua bisa menceritakan kisah-kisah yang terdapat dalam kitab suci tersebut. Misalnya kisah tentang para Nabi dan Rasul utusan Allah SWT dan juga banyak kisah menarik lainnya yang bisa diambil hikmahnya.

4. Selalu sabar.

Tips belajar agama © 2019 brilio.net

Tips belajar agama-© 2019 brilio.net/Syifa

Salah satu yang terpenting dalam proses mengenalkan anak pada agama adalah sikap selalu sabar dengan proses belajar si kecil. Kamu mesti ingat, kemampuan belajar setiap anak masing-masing berbeda, sehingga hasil yang didapat juga tidak akan sama kecepatannya.

5. Gunakan metode yang menyenangkan.

Tips belajar agama © 2019 brilio.net

Tips belajar agama-© 2019 brilio.net/Syifa

Saat ini, metode belajar agama Islam banyak sekali. Salah satunya adalah dengan menggunakan Salah satunya menggunakan boneka artificial intelligence (AI) yang ada di Super Hafiz.

Super Hafiz merupakan Hafizz Doll atau boneka bermata yang dirancang dengan teknologi Artificial Intelligence. Boneka ini bisa diajak berinteraksi menjadi teman mengobrol, belajar serta bermain.

Super Hafiz bisa diakses secara offline dan menggunakan wifi ini, bisa jadi sumber pengetahuan agama, murotal dan terjemahan Alquran, lagu anak, lagu nasional, lagu islami, sains, matematika, serta bahasa Inggris.

“Konten di dalamnya khusus untuk anak-anak. Konten offline-nya terdiri dari murotal 30 juz, lagi anak, cerita dan magic sound. Sedangkan konten onlinenya, anak bisa explore apapun, konten Islami, murotal, lagu-lagu, berhitung, mengobrol untuk eksplor pengetahuan umum, sains serta agama,” ujar Marketing Communication Al Qolam, Hana kepada brilio.net di Jakarta.

Dengan menggunakan boneka ini, anak yang berusia 2 sampai 7 tahun bisa berinteraksi langsung. Kecanggihan boneka ini bisa diajak berbicara dan ditanyakan semua pertanyaan. Mulai dari perkalian, pengetahuan tentang agama, tentang alam dan masih banyak lagi.

"Dengan boneka ini kita berharap anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas, salih dan salihah," pungkasnya.