Brilio.net - Sebagai ibu yang baru saja melahirkan, tentu rentan terkena baby blues. Penyebabnya, kadang dipicu oleh hal sepele seperti aturan merawat bayi. Maklum ya, banyak mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat mengenai cara mengasuh anak.

Namun kenyataannya, banyak mitos dan fakta mengenai cara orangtua mengurus bayi baru lahir yang orang belum ketahui. Mitos apa saja yang dimaksud? Berikut deretan mitos soal mengurus bayi yang perlu diketahui oleh masyarakat saat mengurus bayi baru lahir seperti dikutip brilio.net dari buku Parenting Tanpa Galau, Selasa (6/8).

1. Bayi harus pakai gurita karena perutnya buncit.

Mengurus bayi © 2019 brilio.net

Banyak orangtua yang memakaikan gurita pada bayi karena menganggap cara ini bisa mengempiskan perutnya yang buncit. Padahal, perut bayi baru lahir memang buncit. Besar kecilnya perut bayi ditentukan oleh ketebalan kulit, lemak, dan otot. Ketiga hal tersebut memiliki fungsi untuk menahan daya dorong isi perut. Justru bayi akan merasa sesak dan kekurangan oksigen jika memakai gurita terlalu ketat. Ruang untuk pertumbuhan organ pun akan terhambat.

Loading...

2. Bayi harus dibedong biar kakinya lurus.

Mengurus bayi © 2019 brilio.net

Kaki bayi baru lahir memang bengkok, itu karena posisinya di dalam rahim yang meringkuk. Tapi kakinya akan lurus dan normal seiring waktu. Jika dibedong terlalu ketat dan keras akan berisiko menimbulkan kerusakan panggul. Bedong juga dapat menghambat perkembangan motorik bayi karena tangan dan kakinya tidak bisa bergerak.

3. Sebelum 40 hari bayi dan ibunya dilarang keluar rumah.

Mengurus bayi © 2019 brilio.net

Bayi dan ibunya boleh dibawa keluar rumah untuk beraktivitas. Yang salah adalah ketika dibawa ke tempat ramai seperti mal akan berisiko terserang kuman penyakit. Kekebalan bayi masih sangat rentan saat usianya di bawah 40 hari. Jadi kalau hanya berjalan di sekitar rumah tidak ada masalah.

4. Bayi harus dicukur rambutnya biar tebal.

Mengurus bayi © 2019 brilio.net

Ini biasanya dilakukan sebelum atau saat usianya masih 40 hari. Selain karena tradisi, ada juga yang menganggap bahwa ketika membotakkan rambut bayi bisa tumbuh rambut yang tebal. Padahal, tebal tipisnya rambut bayi dipengaruhi faktor genetik orangtuanya.

5. Mandi pakai air dingin membuat bayi kuat.

Mengurus bayi © 2019 brilio.net

Kulit bayi baru lahir masih sangat tipis, sensitif, dan kemampuannya untuk mengatur suhu tubuh belum optimal. Jika dimandikan dengan air dingin, bayu bisa terkena hipotermia dan apnea. Jika ingin dimandikan dengan air dingin, pastikan sudah berusia di atas 2 bulan.