Brilio.net - Kebanyakan orang, utamanya wanita ingin punya paras berseri alami dan sehat. Bukan hanya pada bagian wajah dan rambut, bibir juga butuh perawatan intensif untuk membuatnya tetap sehat alami.

Akibat sering memakai lipstik, tak jarang wanita mengalami masalah pada bibirnya. Misalnya bibir kering, mengelupas, kasar, kusam, dan masalah lainnya. Salah satu perawatan mudah yang bisa kamu lakukan kapan saja adalah membuat masker bibir di rumah.

Banyak manfaat yang kamu bisa dapatkan dari masker bibir di antaranya yaitu melembapkan, menghaluskan dan menjadikan warna bibir tampak cerah. Nah, agar bibir terawat lebih baik lagi, pakai bahan alami misalnya lidah buaya.

Jika digunakan dengan benar, lidah buaya kerap dipakai untuk pengobatan herbal mengatasi kondisi kulit. Kamu dapat menggunakan daunnya secara langsung dengan memecahnya dan menekan gel-nya. Komponen di lidah buaya yang mirip gel ini dikenal dapat menyembuhkan kulit dari berbagai penyakit ringan.

Lidah buaya mengandung hormon seperti Gibberellins dan Auxin yang memberikan sifat anti-inflamasi serta penyembuhan. Serta, kandungan vitamin E membantu memulihkan kelembapan bibir dengan baik.

Loading...

Penasaran seperti apa cara membuat masker bibir dari lidah buaya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (14/12).

1. Lidah buaya.

masker bibir lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari vivianewoodard, lidah buaya mengandung pati dengan molekul yang membantu mengikat kelembaban pada kulit dan memiliki hormon yang merangsang produksi sel. Lidah buaya tidak hanya bagus buat kecantikan rambut, melainkan andal dipakai untuk organ sensitif seperti bibir.

Cara membuat masker bibir dari lidah buaya, ambil gel lidah buaya secukupnya, aplikasin ke seluruh bibir sebelum tidur, bilas bibir setelah bangun. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan bibir dengan lidah buaya secara rutin.

2. Lidah buaya dan minyak kelapa.

masker bibir lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline, kamu bisa membuat masker bibir dari campuran lidah buaya dan minyak kelapa. Mengoleskan sedikit lidah buaya pada bibir yang pecah-pecah pada siang hari mungkin lebih efektif.

Caranya, ambil gel lidah buaya secukupnya, campur dengan beberapa tetes minyak kelapa, kemudian oleskan pada seluruh bibir. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas bibir hingga bersih.

3. Lidah buaya dan gula kristal.

masker bibir lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari siobeauty, masker dari lidah buaya dan gula kristal atau raw sugar bisa membantu bibir mengelupas secara alami. Menghilangkan kulit mati dan menyediakan banyak vitamin dan mineral secara bersamaan.

Caranya, ambil 2 sendok teh gel lidah buaya alami, campur dengan 1 sendok teh gula kristal yang sudah dilembutkan, aduk rata hingga sedikit lembut, lalu aplikasikan pada seluruh bibir. Diamkan beberapa menit hingga terasa kering, bilas bibir sampai bersih.

4. Lidah buaya dan minyak zaitun.

masker bibir lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari siobeauty, gel lidah buaya juga bisa dicampur dengan minyak zaitun untuk membuat masker bibir. Caranya campur 2 sendok teh gel lidah buaya alami dengan 1 sendok teh minyak zaitun, oleskan pada seluruh bagian bibir, pijat secara lembut selama tiga menit. Diamkan selama lima menit, setelah itu bilas bibir hingga bersih.

Sedangkan dikutip dari stylecraze, lidah buaya adalah tanaman paling serbaguna terutama sebagai perawatan bibir yang bagus. Jika kamu memiliki luka atau semacamnya di bibir, atau jika membutuhkan lebih banyak hidrasi, maka gel lidah buaya yang dicampur minyak zaitun bekerja dengan sangat baik.

Bahan yang dibutuhkan:

- gel lidah buaya segar

- minyak zaitun

Cara membuat masker bibir:

- Ambil daun lidah buaya segar, iris dari tengah.

- Ambil gel menggunakan sendok dan masukkan ke dalam wadah kaca.

- Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.

- Pakai campuran tersebut seperti saat kamu menggunakan lip balm.

- Simpan sisanya di lemari es.

- Sama seperti lip balm, kamu dapat menggunakan campuran ini beberapa kali sehari.

5. Lidah buaya, minyak kelapa, minyak jojoba, dan teh shea butter.

masker bibir lidah buaya © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline, kamu bisa membuat masker bibir dari beberapa bahan ini untuk dipakai sekali atau dua kali sehari. Masker bibir ini bisa mencegah bibir pecah-pecah, melindungi, dan menyembuhkan bibir dari luka.

Bahan yang dibutuhkan:

- 2 sendok makan minyak kelapa murni

- 1/2 sendok makan lilin lebah

- 1 sendok teh shea butter

- 1 sendok teh lidah buaya

- 8 sampai 10 tetes minyak jojoba dan minyak almond

Cara membuat:

- Lelehkan minyak kelapa dan shea butter dengan api sedang.

- Aduk sesekali dan matikan api segera setelah bahan-bahan tercampur. Sisihkan dan biarkan dingin terlebih dulu.

- Tambahkan lidah buaya secara perlahan ke dalam campuran yang sudah didinginkan.

- Gunakan pipet, tambahkan minyak esensial.

- Biarkan campuran mengeras, masukkan ke toples lalu dinginkan di freezer.

- Oleskan pada seluruh bibir.

- Diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas bibir hingga bersih.