Brilio.net - Kebutuhan semakin meningkat membuat setiap orang harus mencari penghasilan demi memenuhinya. Ya, seperti kita tahu bahwa rezeki sudah dijamin oleh Tuhan untuk setiap makhluknya di muka bumi. Tapi, bukan berarti rejeki datang secara tiba-tiba, ya. Melainkan dari usaha yang kita lakukan melalui bekerja.

Namun, ada kalanya mungkin kamu menghadapi tantangan bekerja yang sulit, berat, dan penuh tekanan. Sehingga, terkadang rasa semangat pun menjadi memudar. Selain memasrahkan diri pada Tuhan, kamu juga bisa mencari inspirasi kata-kata yang bisa membuatmu lebih tenang menjalani hidup, seperti kata motivasi kerja Islami.

Kata motivasi kerja Islami dapat dijadikan inspirasi dalam menjalani keseharian. Hal ini bisa membantu kamu dalam melanjutkan kehidupan sesuai dengan ajaran agama Islam. Nasihat dari para sahabat pun bisa menjadikan kamu pribadi yang lebih baik. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (15/10).

Kata-kata motivasi kerja Islami penuh inspirasi.

kata motivasi kerja Islami © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@komunitaspengusahasukses

1. "Semua butuh proses, karena di setiap proses ada pembelajaran. Jika dipercepat, Allah ingin kita bersyukur. Jika diperlambat, Allah ingin kita bersabar."

2. "Hubungkan semua urusan hanya pada Allah agar semua yang susah menjadi mudah; semua urusan berkah, berkah, berkah."

3. "Kewajiban kita hanyalah bekerja. Kewajiban rezeki ialah mengejar kita, bukan kita yang mengejar rezeki."

4. "Barangsiapa melibatkan diri dalam pekerjaan Allah SWT, maka Allah SWT akan terlibat dalam pekerjaannya." – Abu Bakar As-Shiddiq

5. "Jangan pernah mengeluh karena lelah. Lelahnya seorang muslim merupakan kafarat penebus untuk dosa-dosa."

6. "Tahapan untuk meraih kesuksesan itu panjang. Dari persiapan, percobaan, ujian dan kemenangan."

7. "Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan.”

8. "Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu. Tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah." - Ibnu Atha’illah

9. "Kerja ikhlas ialah membersihkan niat semata-mata untuk mencari rida Allah."

10. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

11. "Dari mana datangnya inspirasi, dari visi turun ke kerja keras tanpa henti. Tak sedikit orang bervisi, tapi segelintir yang mampu menggerakkan banyak pribadi." - Najwa Shihab.

12. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini." – Hasan al Bashri.

13. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

14. "Mengapa lelah? Sementara Allah selalu menyemangati dengan hayya ‘alash shalaah & hayya ‘alal falaah; bahwa jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah."

15. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." – Ali bin Abi Thalib.

16. "Jangan mati-matian menghias diri untuk menjadi sesempurna mungkin. Padahal yang kamu harus selalu jaga dan perbaiki adalah kualitas diri bukan kualitas fisik."

17. "Bekerja keraslah. Dunia ini untuk bekerja keras, akhirat adalah tempat istirahat kekal kita kelak."

18. "Bekerja adalah ibadah."

19. "Kerja keras, shalat tepat waktu."

20. "Kamu bekerja begitu keras demi meraih kualifikasi untuk kemajuan hidupmu di dunia, lalu bagaimana dengan meraih kualifikasi untuk kemajuan hidupmu di akhirat?"

21. "Jangan korbankan lautan akhirat hanya demi semangkuk dunia."

22. "Keislamanmu tidak berhenti saat kamu berangkat ke tempat kerja, sekolah, saat menghabiskan waktu bersama teman. Jadilah muslim di mana saja kamu berada."

23. "Pekerjaan yang paling memuaskan adalah membantu orang lain."

24. "Jangan sia-siakan kerja keras dan waktu yang kamu habiskan untuk beribadah kepada Allah dengan tidak memiliki keikhlasan."

25. "Bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati esok hari, dan bekerjalan untuk kehidupan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya." – Ali bin Abi Thalib

26. "Yakinlah kepada Allah, bermimpilah yang besar, kerja keraslah, maka kesuksesan akan datang kepadamu."

27. "Selalu mencoba yang terbaik, meski gagal, teruslah berusaha. Allah melihat kerja keras, semangat, dan kegigihanmu."

27. "Tak peduli seberapa keras kamu bekerja, tidak akan ada yang berhasil tanpa pertolongan Allah. Maka bantulah dirimu dengan meminta pertolongan kepada Allah." – Abdul Bary Yahya

28. "Allah yang pertama, keluarga yang kedua, dan pekerjaan yang ketiga. Jangan sampai terbalik."

29. "Apapun yang kita nikmati di dunia ini, kita harus selalu mengingat dua hal: 1) Apa yang Allah miliki itu lebih baik; 2) Apa yang Allah miliki itu bertahan lebih lama. Untuk itu, bekerja keraslah dalam hidup ini dan bekerja lebih keras untuk kehidupan selanjutnya." – Nouman Ali Khan

30. "Ada begitu banyak masalah yang kita alami setiap hari, masalah pekerjaan, rumah, hubungan, kehidupan. Tapi kita lupa bahwa masalah terbesar kita adalah permasalah iman."

31. "Jika suatu pekerjaan menjadi alasan sehingga kamu meninggalkan shalat, maka tidak ada keberkahan pada penghasilan yang kamu peroleh, dan pekerjaan tersebut tidak layak untuk dilakukan."

32. "Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringatnya kering." - HR. Ibnu Majah, shahih

33. "Salat itu ibarat kerja full time, karena jika kamu sampai melewatkan meeting dengan atasan, kamu bisa dipecat."

34. "Jangan terlalu fokus untuk meniti karir, karena mata uang yang berlaku pada hari penghakiman (hari kiamat) nanti adalah amal kebaikanmu, bukan kekayaanmu."

35. "Jangan terlalu sibuk mengurusi kehidupan dunia, sehingga membuatmu lupa dengan kehidupan akhirat."

36. "Bukanlah kekayaan itu dengan banyaknya harta dunia, akan tetapi kekayaan yang hakiki itu adalah kaya akan jiwa." - HR. Al-Bukhäri-Muslim

37. "Mengikuti hawa nafsu akan melahirkan cinta kepada dunia, cinta kepada dunia akan melahirkan cinta kepada harta dan kedudukan, cinta kepada harta dan kedudukan akan melahirkan sikap menghalalkan segala yang diharamkan oleh Allah." - Wahab bin Munabbih

38. "Kekayaan adalah apa yang kamu infakkan di jalan Allah, bukan apa yang tersimpan di akun rekening bankmu."

39. "Ketika Allah memberimu nikmat finansial (harta kekayaan), jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standar sedekahmu."

40. "Lebih baik mendapatkan upah sedikit, tapi taat kepada Allah daripada mendapatkan upah besar tapi mempertaruhkan keislaman dan akhiratmu." - Muhammad Abdul jabbar

Kata-kata motivasi kerja Islami penuh makna.

kata motivasi kerja Islami © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@kata2.baper

 

41. "Bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati esok hari, dan bekerjalan untuk kehidupan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya." – Ali bin Abi Thalib.

42. "Yakin kepada Allah, bermimpi yang besar, kerja keras, maka kesuksesan akan datang kepadamu."

43. "Apapun yang kita nikmati di dunia ini, kita harus selalu mengingat dua hal: 1) Apa yang Allah miliki itu lebih baik; 2) Apa yang Allah miliki itu bertahan lebih lama. Untuk itu, bekerja keraslah dalam hidup ini dan bekerja lebih keras untuk kehidupan selanjutnya." – Nouman Ali Khan.

44. "Tak peduli seberapa keras kamu bekerja, tidak akan ada yang berhasil tanpa pertolongan Allah. Maka bantulah dirimu dengan meminta pertolongan kepada Allah." – Abdul Bary Yahya.

45. "Kamu tahu, Tuhan hanya membantu orang yang berusaha keras. Prinsip ini sudah sangat jelas." - A.P.J. Abdul Karim.

46. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - QS. At-Taubah: 40.

47. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." – `Amr ibn Abdullah.

48. "Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan." – Hasan Al-Bashri.

49. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." – Ali bin Abi Thalib.

50. "Siapa pun yang bekerja untuk menghindarkan dirinya dari meminta-minta, maka ia berada di jalan yang diridai oleh Allah."

51. "Jadikan pagi hari sebagai puncak semangat kerjamu. Malam hari sebagai puncak dari doa-doamu."

52. "Jika hati telah diberikan sepenuh pasrah, maka yang tersisa hanya takdir di ujung kisah."

53. "Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja)." - QS. An-Naba: 11.

54. "Apabila niat bekerjamu hanya mencari kemewahan dunia, hatimu tidak mungkin merasakan ketentraman hidup."

55. "Balaslah keburukan dengan kebaikan."

56. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."

57. "Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir." - HR. Muslim

58. "Sesungguhnya setiap umat memiliki ujian, dan ujian umatku adalah harta." - HR. Tirmidzi

59. "Ilmu itu lebih baik daripada harta karena harta itu harus kamu jaga, sementara ilmu akan menjagamu." - Ali bin Abi Thalib

60. "Jangan habiskan seluruh masa sehatmu hanya untuk mencari kekayaan."

61. "Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku dan untukmu juga."

62. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah bisa memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

63. "Kunci hidup bahagia adalah jalani, nikmati dan syukuri."

64. "Apapun profesimu syukuri, nikmati dan jalankan tugasmu dengan ikhlas."

65. "Jangan tunggu kaya untuk bersedekah, sebaliknya bersedekahlah untuk membuka pintu rezeki dan harta."

66. "Kamu tahu, Tuhan hanya membantu orang yang berusaha keras. Prinsip ini sudah sangat jelas." - A.P.J. Abdul Karim

67. "Apabila niat bekerjamu hanya mencari kemewahan dunia, hatimu tidak mungkin merasakan ketentraman hidup."

68. "Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja)." - QS. An-Naba: 11

69. "Keadaan yang paling aku senangi setelah berjihad di jalan Allah adalah maut datang menjemputku ketika aku sedang mencari karunia Allah (bekerja)." - HR. Sa’id bin Manshur

70. "Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu. Tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah." - Ibnu Atha’illah

71. "Menjual kayu bakar lebih baik daripada mengemis." - HR. Bukhari

72. "Jangan pernah mengeluh karena lelah. Lelahnya seorang muslim merupakan kafarat penebus untuk dosa-dosa."

73. "Allah akan mencukupi orang yang bertawakal." - QS. At-Thalaq: 3

74. "Jika benar kalian bertawakal pada Allah, Ia akan memberikan kalian rezeki sebagaimana burung yang pergi dalam keadaan lapar dan pulang dengan perut kenyang." - HR. Tirmidzi

75. "Tak peduli seberapa keras kamu bekerja, tidak akan ada yang berhasil tanpa pertolongan Allah. Maka bantulah dirimu dengan meminta pertolongan kepada Allah." - Abdul Bary Yahya

76. "Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik."

77. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

78. "Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan."

79. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." - Q.S. Ar Rad:11

80. "Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan". (HR Tirmidzi) 

Kata-kata motivasi kerja Islami semangat mencari rezeki.

kata motivasi kerja Islami © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@motivas1.kita

 

81. "Jalan untuk mendapatkan kesuksesan memang banyak. Namun untuk mendapatkan harta yang berkah kamu perlu racikan khusus untuk itu yakni doa dan kerja keras."

82. "Manusia sudah diciptakan lengkap dengan rezekinya masing-masing, tidak akan tertukar. Tinggal jemput dengan ikhtiar dan doa. Cari berkah-Nya dengan cara yang halal."

83. "Dan berapa banyak binatang yang tidak dapat membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan juga kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Ankabut: 60)

84. "Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya, dan diakhirkan ajalnya, maka hendaknya dia menyambung tali silaturahmi."

85. "Allah katakan bahwa rezeki, nafkah, dan uang akan datang, dan bahkan yang lebih baik lagi dari itu, jika kepedulianmu tidak hanya tercurah pada diri sendiri. Kepedulianmu harusnya tercurah juga kepada orang lain. Islam tidak menentang kekayaan. Tapi, islam menentang kekayaan yang hanya melayani dan menguntungkan diri sendiri."

86. "Jangan takut tidak punya rezeki. Takutlah kalau tidak berkah, takutlah kalau tidak punya syukur, takutlah tidak punya sabar."

87. "Rezeki yang disyukuri akan terasa lapang, rezeki yang dikufuri akan terasa kurang."

88. "Harta itu ujian, bukan kebanggaan. Maka,belanjakanlah di jalan Allah jika kamu ingin selamat."

89. "Kebahagiaan tidak terletak pada harta, penampilan, maupun keindahan dunia. Kebahagiaan berasal dari keikhlasan dan hati."

90. "Kebahagiaan bisa dicapai dengan tiga hal: 1) sabar saat diuji, 2) bersyukur saat mendapat nikmat, dan 3) bertaubat saat berbuat dosa." – Ibnu Qayyim

91. "Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari, tanpa ada penyesalan diri."

92. "Harus selalu bersyukur dan tidak berkeluh kesah. Dengan demikian perjalanan hidup baru bisa lancar tanpa hambatan."

93. "Jangan takut jika usiamu tua, tapi takutlah jika mada mudamu tak berguna."

94. "Kemakmuran dan kesuksesan datang bagi orang yang menciptakan nilai besar dalam dirinya sendiri."

95. "Jangan iri dengan pencapaian orang lain yang lebih baik dari kita. Jadikan itu motivasi kenapa orang lain bisa dan kita harus juga bisa dan harus lebih baik. Allah telah mengatur kehidupan umatnya sebaik mungkin."

96. "Aku sudah melihat segala bentuk rezeki, tapi tidak aku temukan rezeki yang lebih baik daripada kesabaran." - Umar bin Khattab

97. "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut ditimpa kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya, membunuh mereka adalah suatu perbuatan dosa besar." - QS. AL-Isra': 31

98. "Wahai hamba-Ku, kalian semua adalah orang yang lapar, kecuali orang yang Aku beri makan, maka hendaklah kalian meminta makan kepada-Ku, pasti akan Aku beri."

99. "Rezeki berkah apabila mendatangkan ketenangan, bermanfaat untuk orang banyak, membuatmu ringan untuk bersedekah, membuatmu merasa cukup dan banyak bersyukur."

100. "Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepadamu, maka mintalah rezeki dari Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya kamu akan dikembalikan." - QS. Al-ankabut: 17

101. "Manusia tidak pernah tahu di mana dia harus menjemput rezekinya, tapi rezeki pasti tahu di mana pemiliknya."