Brilio.net - Saat malam tiba terkadang sebagian orang biasanya ada yang menghabiskan waktu untuk merenungkan diri. Ya, menyendiri untuk memikirkan apa yang telah kamu lakukan selama ini apakah berdampak baik atau buruk. Sebab namanya roda kehidupan terkadang bisa naik dan turun.

Dengan merenungkan diri, juga bisa memberikan manfaat bagi kestabilan mental. Serta membebaskan pikiran yang tengah kalut, cemas, maupun sedih menjadi kekuatan untuk memperbaiki diri, bisa bangkit dan tidak mengulangi kesalahan yang sama kedua kalinya.

Begitu pula saat senang dan bahagia, sebagai seorang muslim juga perlu merenungkan diri atas kebahagiaan yang telah di dapat. Terlebih harta yang melimpah, keluarga yang sempurna, fisik yang sehat, dan karier yang melejit juga merupakan titipan Tuhan yang perlu disyukuri. Jangan sampai kamu lupa diri, sebab di dunia ini semuanya tidak ada yang abadi.

Nah, untuk kamu tengah merenungkan diri, mungkin kata-kata bijak Islami tentang renungan diri, ini bisa motivasi kamu. Berikut ulasan brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Rabu (14/10).

Kata-kata bijak Islami tentang renungan, menyentuh hati.

kata bijak Islami tentang renungan berbagai sumber

Loading...

foto: Instagram/@madrasahkehidupan

1. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

2. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati."(Ali bin Husein)

3. "Orang yang hati bersih, melihat orang dengan kebaikan dahulu, orang yang hati kotor, melihat orang dengan keburukan dahulu."

4. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." (Abu Hamid Al Ghazali)

5. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaludin Rumi)

6. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah 216)

7. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

8. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." (Ali bin Abi Thalib)

9. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." (Habib Ali Zainal Abidin)

10. "Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." (Imam Syafii)

11. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." (Aa Gym)

12. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura : 43)

13. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." (Ali bin Husein)

14. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad : 11)

15. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah : 286)

16. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." (Ali bin Abi Thalib)

17. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

18. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." (HR. Ahmad)

19. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." (HR. Ahmad)

20. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

Kata-kata bijak Islami tentang renungan, penuh motivasi.

kata bijak Islami tentang renungan berbagai sumber

foto: Instagram/@nawang.senja

21. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." (Umar bin Khattab)

22. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

23. "Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." (Nourman Ali Khan)

24. "Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." (HR. Tirmidzi)

25. "Segala sesuatu dalam hidupmu adalah cerminan dari pilihan yang telah kamu buat. Jika kamu menginginkan hasil yang berbeda, buatlah pilihan yang berbeda."

26. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." (HR. Muslim)

27. "Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

28. "Hati yang ikhlas menuntun dunia dan akhirat bergerak membantumu."

29. "Ikhlas adalah kunci mendapatkan banyak harta di dunia dan di surga."

30. "Mulai hari ini, tetapkan niat dan fokus tanpa henti untuk menjalani hidupmu sebagai orang terbesar yang kamu bisa, dalam semua situasi."

31. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

32. "Rezeki Allah yang tercurah itu amat banyak dan tak terhitung jumlahnya."

33. "Rezeki Allah datang pada siapa saja yang mencarinya dengan niat mencari rezeki halal."

34. "Pemberian yang tidak diberikan dengan ikhlas hanya akan menyumbat saluran rezeki."

35. "Ingatlah selalu bahwa kamu lebih berani daripada yang kamu yakini, lebih kuat dari yang terlihat dan lebih pintar dari yang kamu kira."

36. "Harta yang tidak berkah ibarat minum air laut, jika diminum takkan pernah mengobati rasa hausmu."

37. "Seseorang takkan pernah kehabisan rezeki asalkan ia mau mencarinya dengan niat baik dan sungguh-sungguh."

38. ""Kecuali kamu belajar menghadapi bayanganmu sendiri, kamu akan terus melihatnya dalam diri orang lain, karena dunia di luar dirimu hanyalah cerminan dari dunia di dalam dirimu."

39. "Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu."

40. "Jangan menghabiskan malam tanpa tidur untuk merenungi semua masalahmu. Percayalah Tuhan sedang menyelesaikannya. Lalu tidur dan bahagialah pada esok hari."

41. "Terlalu banyak dari kita yang tidak mewujudkan impian kita karena kita menjalani ketakutan kita."

42. "Perasaan 'tersinggung' adalah indikator peringatan yang menunjukkan kepadamu ke mana harus mencari ke dalam dirimu untuk masalah yang belum terselesaikan."

43. "Tidak ada cara menjadi ikhlas kecuali dengan selalu mendekatkan diri pada Allah."

44. "Saat malam mulai gelap, biarkan kekhawatiranmu memudar. Tidurlah yang nyenyak, ketahui kamu telah melakukan semua yang dapat kamu lakukan untuk hari ini.

45. "Sepanjang hidup, orang akan membuatmu marah, tidak menghormatimu, dan memperlakukanmu dengan buruk. Biarkan Tuhan berurusan dengan hal-hal yang mereka lakukan, karena kebencian di hatimu akan menghabisimu juga."