Brilio.net - Hari Raya Idul Fitri menjadi puncak setelah umat muslim menjalankan puasa Ramadhan. Mendirikan Sholat Idul Fitri menjadi salah satu ibadah yang dilakukan.

Sholat Ied biasanya dilakukan di sebuah lapangan atau masjid. Melaksanakan Sholat Ied akan menimbulkan perasaan syukur karena bisa mendapat kesempatan untuk bertemu dengan hari yang fitri ini.

Merayakan Idul Fitri juga dimanfaatkan orang untuk melakukan silaturahmi dengan keluarga dan teman terdekat. Saat bersilaturahmi biasanya umat muslim akan meminta maaf untuk kesalahan yang sudah berlalu. Dengan begitu akan membuat hati menjadi lebih tenang dalam menjalankan hari-hari di waktu setelahnya.

Melakukan silaturahmi bisa kamu lakukan dimulai dari orangtua, keluarga terdekat dan dilanjutkan dengan teman-teman. Jangan sampai terlewat juga orang-orang yang mungkin pernah memiliki salah paham denganmu.

Manfaatkan momen baik ini untuk saling memaafkan dan memperbaiki hubungan. Kamu bisa memberikan ucapan untuk silaturahmi dalam momen Lebaran. Bagikan kata-kata indah ke orang terdekatmu untuk menjaga hubungan persaudaraan.

Kamu bisa juga menyampaikan ucapan silaturahmi ini sembari mendoakan kerabatmu. Tentu hal ini jadi cara yang baik untuk meraih berkah Lebaran bukan? Nah untuk kamu yang mencari ucapan silaturahmi, berikut ulasan brilio.net pada Kamis (21/5) dari berbagai sumber.


Ucapan silaturahmi penuh makna.

Ucapan silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Harta yang paling bernilai adalah kesabaran. Rekan yang paling setia adalah amal. Ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Identitas tertinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Semoga kita jadi orang yang terpilih untuk menjalankan pekerjaan mulia ini."

2. "Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran. Selamat hari raya Idul Fitri, semoga kita jadi insan yang saling memaafkan."

3. "Sunset Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin walfaizin."

4. "Jiwa-jiwa kembali putih seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki."

5. "Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan."

6. "Di hari yang penuh kesucian dan kesukacitaan. Hari kemenangan dan hari untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin dan selamat hari raya Idul Fitri."

7. "Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Izinkan diri untuk meminta maaf akan kesalahan di masa lalu. Semoga kita bersama menyambut hari yang baru."

8. "Seiring surya berseri indah dipagi penuh hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati."

9. "Aku memang bukan matahari yang bisa membuatmu membedakan siang dan malam. Tapi setidaknya cahaya kecilku ini bisa berarti di hari raya ini."

10. "Apabila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, mohon maaf lahir dan batin."

11. "Sucikan hati dengan dzikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman. Selamat hari raya Idul Fitri."

12. "Semoga di hari nan fitri ini, kita bisa menjadi orang beruntung yang berani untuk memaafkan dan mengikhlaskan yang terlewatkan."

13. "Silaturahmi itu meluaskan pikiran dan memperkaya sudut pandang. Dan salah satu dari sekian banyak pintu rezeki."

14. "Kita terlahir di keluarga berbeda, tapi ikatan persaudaraan bisa menjadikan kita layaknya keluarga."

15. "Persaudaraan adalah penyatuan. Menjadikan anda menyatu dengan mereka. Layaknya ikatan saudara kandung yang tak mungkin bisa lepas."

16. "Semoga melalui silaturahmi, dapat mendekatkan diri pada kebaikan, dan menjauhkan dari segala beban."

17. "Dua orang tak bisa lagi menjadi teman kalau mereka tak bisa memaafkan kegagalan satu sama lain. Selamat Idul Fitri, semoga persaudaraan ini bisa terus terjalin."

18. "Silaturahmi adalah tentang kebersamaan. Jika rasa bersama telah memudar maka silaturahmi akan terpecah.”

19. "Terkadang kita diberikan rasa kesepian yang mendalam, agar kita lebih menghargai indahnya kebersamaan. Terimakasih sudah hadir dalam hidupku. Semoga silaturahmi ini terus terjalin."

20. "Kebersamaan itu mahal dan tak ternilai harganya. Maka beruntunglah bagi orang-orang yang mampu membelinya. Yaitu orang-orang yang peduli pada kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekatnya"


Ucapan silaturahmi dalam bahasa Inggris.

Ucapan silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

21. "The most noble man is one who forgives the mistakes of others. On this glorius day, I apologize for any wrong. Eid Mubarak."
(Manusia paling mulia adalah mereka yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

22. "May the magic of this Eid bring lots of happiness in your life and may you celebrate it with all your close friends and may it fill your heart with wonders."
(Semoga keajaiban di hari raya Idul Fitri ini membawa banyak kebahagiaan dalam hidupmu dan semoga kau merayakannya dengan semua teman dekatmu. Dan semoga hatimu senantiasa dipenuhi dengan keajaiban.)

23. "It’s more than a wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because it’s meant for you. Happy Eid!"
(Bukan hanya sekedar harapan, bukan pesan, melainkan dengan segala pikiran dan cinta karena kamu layak mendapatkannya. Selamat Idul Fitri!)

24. "Happy Eid Mubarak. Let’s forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead."
(Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan saling memaafkan dan semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya.)

25. "Sometimes my hands make mistakes and my mouth speaks wrong words, so this time I’m asking for your forgiveness. Happy Eid al-Fitr."
(Terkadang tanganku berbuat salah dan mulutku mengucap kata yang salah, maka kali ini aku meminta maaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

26. "Eid Mubarak. May the guidance and blessing of Allah be with you and your family."
(Selamat Idul Fitri. Semoga hidayah dan berkah Allah senantiasa bersamamu dan keluarga.)

27. "A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you."
(Waktunya berbahagia, waktunya untuk bersama, waktunya untuk mengingat semua anugerah. Semoga Allah memberkahimu.)

28. "Some wrods can be left unsaid, some feeling can be left unexpressed, but peron like you can never be forgotten on this day. Eid Mubarak!"
(Kata-kata dapat dibiarkan agar tak terucap, perasaan dapat tidak terungkapkan, tetapi orang sepertimu tidak akan dapat dilupakan pada hari ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

29. "May every blossom in the garden of life brighten our Eid with joy and fill our days with the sweet fragrance of happiness. Eid Mubarak, everyone!"
(Semoga setiap bunga yang bermekaran di taman kehidupan ini mencerahkan haari raya kita dengan kebahagiaan dan mengisi hari kita dengan harumnya kebahagiaan yang manis. Selamat Hari Raya Idul Fitri, semua!)

30. "In every shared smile and laughter, in every silent prayer answered, in every opportunity that comes your way. May Allah bless you greatly."
(Dalam setiap senyum dan tawa yang terbagi, dalam setiap untaian doa, dalam setiap kesempatan yang datang menyapa. Semoga Allah memberikanmu berkah.)


Ucapan silaturahmi bijak dari para tokoh.

Ucapan silaturahmi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

31. "Kita masih mencintai diri sendiri bahkan setelah kita berbuat begitu banyak kesalahan, lalu apa alasan kita membenci orang lain hanya karena satu atau dua kesalahan yang telah mereka perbuat?" – Mufti Ismail Menk

32. "Kamu menolak untuk memaafkan orang lain, tetapi pada hari kiamat kelak, kamu akan berdiri tegak, memohon kepada Allah untuk memaafkanmu." – Yasmin Mogahed

33. "Memaafkan orang lain bukanlah kelemahan. Hanya orang kuat yang mampu memberikan maaf." – Mufti Ismail Menk

34. "Atribut terbaik yang bisa dimiliki seorang mukmin adalah sifat memaafkan." – Hasan Al-Bashri

35. "Jadilah seperti bunga yang memberikan keharumannya bahkan kepada tangan yang telah menghancurkan keindahannya." – Ali bin Abi Thalib

36. "Orang yang paling bermurah hati adalah dia yang mau memberikan maaf ketika dia mampu membalasnya." – Husein bin Ali

37. "Memaafkan adalah kemenangan terbaik." - Ali bin Abi Thalib.

38. "Tidak ada penghinaan yang akan membuat kita sengsara jika kita jadikan hal itu sebagai ladang amal untuk meningkatkan kemuliaan dengan memaafkan dan sabar." - Aa Gym

39. "Lisan saja tidak cukup untuk memberi maaf. Perlu hati juga untuk memaafkan. Sehingga tulus adanya." - Jefri Al Buchori

40. "Semulia-mulianya manusia ialah siapa yang mempunyai adab, merendahkan diri ketika memiliki kedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat." - Abdul Malik bin Marwan